Djakarta Lloyd Jajaki Kontrak Angkut Minyak Pertamina

Oleh : Herry Barus | Kamis, 12 April 2018 - 15:02 WIB

Menteri Rini Resmikan MV Dharma Lautan Intan Milik Djakarta Lloyd (Foto Dok. Djakarta Lloyd)
Menteri Rini Resmikan MV Dharma Lautan Intan Milik Djakarta Lloyd (Foto Dok. Djakarta Lloyd)

INDUSTRY.co.id - Batam- PT Djakarta Lloyd (Persero) SEDANG menjajaki kontrak pengangkutan minyak dengan PT Pertamina (Persero) dengan jangka waktu maksimal 10 tahun.

Direktur Utama PT Djakarta Lloyd (Persero) Suyoto di Batam, Kepulauan Riau, Rabu, mengatakan sebagai persiapan kerja sama dengan Pertamina, pihaknya sudah menandatangani kontrak pembangunan kapal tanker dengan PT Dok Perkapalan Surabaya (Persero) sejak Oktober 2017 lalu.

Nilai kontrak pembangunan kapal tanker berukuran 6.500 DWT tersebut mencapai Rp170 milliar.

Ia berharap, kontrak kerja sama pengangkutan BBM dengan Pertamina bisa meningkatkan pendapatan perseroan, yang sempat melemah.

Kerja sama dengan Pertamina untuk pengangkutan minyak itu merupakan bentuk perluasan segmen jasa angkutan, setelah sebelumnya sukses mengantarkan batu bara untuk PT PLN Persero.

Djakarta Lloyd sudah menyiapkan satu kapal, MV Dharma Lautan Intan, untuk mengangkut batu bara milik PT PLN Persero, menambah armada perseroan dalam menggarap kontrak pengangkutan batu bara.

Djakarta Lloyd dan PT PLN melakukan kontrak kerja pengangkutan 3,7 ton batu bara. Volume tersebut naik tiga kali lipat dibandingkan dengan kontrak yang diperoleh pada 2017.

MV Dharma Lautan Intan memiliki bobot sebesar 50.000 DWT - 60.000 DWT atau masuk dalam kelas supramax.

Suyoto menyatakan kapal tersebut dibeli seharga 12 juta dolar AS, atau sekitar Rp164 miliar lewat proses lelang.

"Dana pembelian kapal bersumber dari kas internal dan pinjaman perbankan," kata dia.

Sementara itu, Kementerian BUMN menyambut baik langkah perusahaan pelayaran milik negara PT Djakarta Lloyd (Persero), yang melakukan pengadaan kapal curah.

"Ini adalah momen yang baik, sebagai bagian sinergi BUMN, antara Djakarta Lloyd dan PLN," kata Menteri BUMN Rini M Soemarno.

Rini berharap kapal MV Dharma Lautan Intan bisa memenuhi kebutuhan jasa pengangkutan batubara PT PLN yang meningkat tahun ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

WIR Group Hadir di ASEAN+ Youth Summit 2023

Kamis, 02 Mei 2024 - 17:36 WIB

Laba Bersih WIR Group Naik Sebesar 11,1% di Kuartal Pertama 2024

Pada kuartal pertama tahun 2024, WIR Group (PT WIR Asia Tbk) mencatat pertumbuhan yang signifikan atas pendapatannya yang mencapai Rp672,6 miliar, meningkat 8,1% dari kuartal pertama tahun sebelumnya.…

Bank BTPN

Kamis, 02 Mei 2024 - 17:18 WIB

Triwulan I-2024, Bank BTPN Catat Peningkatan Penyaluran Kredit Sebesar 24% YoY

PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) mencetak kinerja positif pada Triwulan I-2024 dengan mencatat peningkatan total penyaluran kredit sebesar 24% year-on-year (yoy) menjadi Rp186,56 triliun pada…

Living World Kota Wisata Cibubur

Kamis, 02 Mei 2024 - 16:59 WIB

Living World Kota Wisata Cibubur Berkolaborasi dengan Pemkab Bogor dan Pendopo Hadirkan UMKM Lokal

Living World, pusat perbelanjaan yang dikembangkan oleh PT Sahabat Kota Wisata yang merupakan perusahaan joint venture antara Kawan Lama Group dan Sinar Mas Land, berkolaborasi dengan Pemerintah…

Ilustrasi kelapa sawit

Kamis, 02 Mei 2024 - 16:40 WIB

GAPKI Kutuk Keras Tindakan Pencurian TBS Kelapa Sawit, Ganggu Iklim Investasi di Kalteng

Terbongkarnya aksi pencurian TBS perkebunan kelapa sawit yang marak terjadi di Kalimantan Tengah. Pencurian dilakukan dengan dalih Fasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat (FPKM) serta klaim…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 02 Mei 2024 - 16:27 WIB

Kemenperin - Hippindo Jalin Kolaborasi Jodohkan 65 IKM Pangan dan Furnitur dengan 23 Peritel Besar

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggelar Business Matching antara industri kecil dan menengah (IKM) pangan dan furnitur bersama ekosistem peritel dan distributor yang tergabung dalam…