Kebijakan Impor Dapat Berdampak Anjloknya Harga Garam

Oleh : Herry Barus | Kamis, 12 April 2018 - 14:38 WIB

Garam Nasional (Foto Dok Industry.co.id)
Garam Nasional (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Probolinggo- Ketua Himpunan Masyarakat Petambak Garam (HMPG) Kabupaten Probolinggo Buhar mengatakan kebijakan pemerintah melakukan impor garam dapat berdampak pada anjloknya harga garam di daerah.

"Kami khawatir garam impor untuk industri itu bocor dan terserap ke sektor konsumsi, sehingga berdampak pada serapan garam petani akan berkurang dan harga jualnya bisa anjlok," katanya di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (11/4/2018)

HMPG Probolinggo juga sudah diundang bersama petani garam lainnya se-Jawa Timur pada rapat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jatim beberapa waktu lalu untuk membahas tentang pergaraman di provinsi setempat.

"Saat rapat di Pemprov Jatim, para petani garam sepakat untuk menolak impor karena khawatir garam impor itu juga terserap ke sektor konsumsi karena biasanya dipasok oleh produsen garam lokal. Apalagi tidak ada jaminan garam impor tersebut tidak akan merembes ke sektor konsumsi," tuturnya.

Berdasarkan pengalaman impor sebelumnya, lanjut dia, kebijakan impor cukup berpengaruh pada harga jual garam lokal milik petani dan hal itu dikhawatirkan terjadi lagi usai impor garam sebanyak 3,7 ton yang terealisasi tahun 2018.

"Sebenarnya tidak apa-apa melakukan impor garam, namun harus didata dengan benar kebutuhan industrinya karena informasi terakhir yang saya dapat, data dari Kemendag dan KKP saja masih berbeda, sehingga hal itu yang membuat petani garam resah," katanya.

Pihaknya juga mendapatkan informasi, ada importir garam yang juga menggunakan garam industri menjadi garam konsumsi dan jika hal itu terjadi, maka garam krosok dari petani bisa sulit terserap dan di sisi lain, petani berharap agar penyerapan garam petani bisa maksimal.

"Kalau nanti panen raya dan jumlah garam petani melimpah, maka bisa saja harga jualnya anjlok. Kami harapkan harga jual garam krosok petani nantinya bisa stabil kisaran Rp1.500-Rp2.000 per kilogram," ujarnya.

Berdasar data DKP Provinsi Jawa Timur, produksi garam di Jawa Timur tahun 2017 sebanyak 436.929 ton dan jumlah itu didapat dari 12 daerah penghasil garam dengan produksi terbesar yakni dari Kabupaten Sumenep, Madura sebanyak 232.292 ton dari lahan seluas 2.278 hektare yang dikelola oleh 114 kelompok petani garam.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan kepada sejumlah media di Jakarta mengatakan aturan impor garam sudah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo dan pemerintah berencana melakukan impor garam sebanyak 3,7 ton, namun di sisi lain Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengeluarkan rekomendasi impor garam industri hanya sebanyak 1,8 juta ton.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI Syariah Salurkan Pembiayaan Sindikasi Cimanggis Cibitung Tollways Rp 400 Miliar

Rabu, 24 April 2019 - 23:26 WIB

BNI Syariah Salurkan Pembiayaan Sindikasi Cimanggis Cibitung Tollways Rp 400 Miliar

BNI Syariah turut berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur. Salah satunya adalah dengan berpartisipasi dalam pembiayaan sindikasi pembangunan proyek jalan tol.Terbaru, BNI Syariah ikut…

Iffan Suryanto-President Director Electrolux Indonesia, bersama Barli Asmara-Indonesia Fashion Designer dan Chandra Yudasswara-Electrolux Chef.

Rabu, 24 April 2019 - 23:18 WIB

Electrolux100YearsOfBetterLiving Wujudkan Hidup Lebih Baik bersama Electrolux

Tepat satu abad sudah Electrolux mendampingi pelanggan di seluruh dunia dengan berbagai inovasinya, membantu membentuk kehidupan yang lebih membahagiakan dan berkelanjutan bagi ratusan juta…

Direktur Utama Bank, BTN, Maryono, sedang memberikan kuliah umum di kampus Universitas Andalas di Padang, Sumatera Barat, Rabu (24/04/2019)

Rabu, 24 April 2019 - 22:38 WIB

Bank BTN Berharap Dunia Kampus dapat Beradaptasi dengan Teknologi Digital

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menilai dunia pendidikan perlu dibekali pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan zaman sehingga lulusannya mampu beradaptasi dengan kemajuan…

Sriyono pengrajin kain pantai Sukoharjo yang mendunia

Rabu, 24 April 2019 - 22:09 WIB

Kisah Sukses Sriyono Pengrajin Kain Pantai Sukoharjo yang Mendunia

Di Kabupaten Sukoharjo banyak pelaku UMKM yang sukses membangun usahanya setelah mendapat pinjaman bunga lunak dari LPDB melalui BPR Kartarsura Makmur.

Hoshino Resorts Aomoriya

Rabu, 24 April 2019 - 22:00 WIB

Hoshino Resorts Aomoriya Terpilih Jadi Salah Satu dari 20 Ryokan Terbaik di Jepang

Perusahaan Manajemen Hotel, Hoshino Resorts melalui salah satu cabangnya, Hoshino Resorts Aomoriya, dinobatkan untuk pertama kalinya dalam "Top20 Ryokans in Japan by International Travelers…