Menteri Jonan Resmikan 24 Unit Sarana Penyediaan Air Bersih Melalui Sumur Bor

Oleh : Hariyanto | Jumat, 06 April 2018 - 13:45 WIB

Menteri Jonan resmikan sumur bor
Menteri Jonan resmikan sumur bor

INDUSTRY.co.id - Tasikmalaya - Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan meresmikan Penyediaan Air Bersih Melalui Sumur Bor sebanyak 24 lokasi di Jawa Barat yangbditandai dengan penandatanganan prasasti.

Pemerintah akan terus memberikan kemudahan akses air bersih bagi masyarakat di wilayah-wilayah sulit air dan terpencil termasuk di Jawa Barat. Tahun 2017 terbangun sebanyak 24 unit sumur yang tersebar di 10 (sepuluh) Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat. 

"Jangan punya kesan Pemerintah atau Presiden Republik Indonesia itu tidak memperhatikan Jawa Barat, tahun lalu dari 200 sumur bor yang dibangun di seluruh Indonesia, 24 untuk Jawa Barat, 10% national ada di Jawa Barat", ujar Jonan di Tasikmalaya, Kamis (5/4/2018).

Jonan menambahkan, sesuai arahan Presiden bahwa pembangunan tetap fokus juga pada keadilan sosial. "Jadi pemerataan pembangunan itu harus diutamakan untuk saudara-saudara kita yang didalam memerlukan kebutuhan infrastruktur atau kebutuhan dasar untuk menjalankan kegiatan sehari-hari itu masih kurang," tambahnya.

"Kami akan membangun diseluruh wilayah nusantara yang memang kekurangan dan kesulitan mendapatkan air bersih", tegas Jonan.

Kepala Badan Geologi, Kementerian ESDM, Rudy Suhendar mengatakan, sejak 2005 - 2017 Badan Geologi, Kementerian ESDM telah membangun sarana air bersih melalui sumur bor di daerah sulit air di Jawa Barat sebanyak 183 unit sumur dari 1.782 sumur bor yang dibangun di seluruh wilayah Indonesia.

"Sumur bor yang dibangun di Provinsi Jawa Barat pada tahun 2017 sebanyak 24 unit sumur yang tersebar di 10 (sepuluh) Kabupaten/Kota dengan kapasitas produksi air bersih sekitar 3.551 m3/hari yaitu yang berpotensi mampu melayani untuk kebutuhan sekitar 4.932 jiwa penduduk", ujar Rudy.

Spesifikasi sumur bor yang dibangun Badan Geologi rata-rata berkedalaman Kedalaman 125 meter, dengan menggunakan pompa tanam 3 PK, penggerak listrik melalui genset 15 KVa dan reservoirnya adalah 5.000 liter dan debit rata-rata 24 sumur tersebut antara 2 hingga 3 liter per detik, dengan kapasitas per sumur dapat memenuhi rata-rata kebutuhan 1.800 jiwa. Anggaran yang dikeluarkan untuk pembangunan sumur bor di Jawa Barat ditahun 2017 itu mencapai Rp. 9.165.851.232.

Badan Geologi, Kementerian ESDM tahun 2017 yang lalu telah membangun penyediaan sarana air bersih melalui sumur bor di Jawa Barat sebanyak 24 unit, yang terbagi di Kabupaten Bandung Barat, 1 , Kabupaten Bogor, 7, Kotamadya Bogor, 2, Kabupaten Cianjur, 2, Kabupaten Cirebon, 3, Kabupaten Garut, 2, Kabupaten Purwakarta, 2 , Kabupaten Sukabumi, 1, Kabupaten Sumedang, 1 dan Kabupaten Tasikmalaya, 3 sumur bor. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Foto kiri-kanan (Markus Rozano Antar Prasetyo - Bung Kepra selaku Ketua Koordinator Pergelaran; Dirjen Bimas Budha Supriyadi; Ketua Umum Panitia Acara Siddhartha The Musical, Sutina Irsan)

Sabtu, 25 Mei 2024 - 02:40 WIB

Keren! Hadir Kembali Setelah 17 Tahun, Siddhartha The Musical Sukses Hipnotis Warga Jakarta

Jakarta- Kerinduan warga Jakarta, khususnya umat Budha akan Siddhartha The Musical akhirnya terobati. Penampilan para seniman panggung Siddharta The Musical sukses menghipnotis warga yang memadati…

[Ki-Ka] M. Ade Kurniawan - CEO of ACSI, Jaja Ahmad Subarja - President Director of ACSI Corp, Yusup

Jumat, 24 Mei 2024 - 21:22 WIB

Kukuhkan Kepemimpinan Teknologi Lingkungan, Cetta Akuisisi EAS.ai

Akuisisi EAS.ai akan memperkuat posisi Cetta sebagai pemimpin dalam industri teknologi lingkungan di Indonesia dengan mengembangkan kemampuan teknologi AI-nya serta membuka peluang pasar baru.

Kegiatan CSR PT Krakatau Sarana Properti

Jumat, 24 Mei 2024 - 16:48 WIB

PT. Krakatau Sarana Properti Gelar Kegiatan CSR Bidang Pendidikan dan Lingkungan di Provinsi Banten

PT. Krakatau Sarana Properti (KSP) baru saja menggelar aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) yang rutin dilaksanakan di wilayah Cilegon maupun juga disekitar daerah Provinsi Banten.…

Apartemen

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:42 WIB

Sentimen Positif Dorong Permintaan Apartemen di Jakarta Selama Paruh Kedua Tahun 2024

Colliers memperkirakan permintaan apartemen di Jakarta akan mengalami peningkatan sepanjang sisa semester tahun ini, terutama pada paruh kedua dengan penetapan pemerintahan baru dan kondisi…

PT Charoen Pokphand Indonesia

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:18 WIB

Citi Indonesia Rampungkan Kesepakatan Fasilitas Kredit Sindikasi Bergulir untuk Charoen Pokphand

Citibank Indonesia (Citi Indonesia), bertindak sebagai Bank Koordinator Tunggal, telah sukses menyelesaikan kesepakatan fasilitas kredit sindikasi bergulir (syndicated revolving credit facilities)…