Sambut Reformasi Industri 4.0, Industri Petrokimia Disiapkan Secara Bertahap

Oleh : Hariyanto | Kamis, 05 April 2018 - 17:18 WIB

DirjenIndustri Kimia, Tekstil, dan Aneka (IKTA), Achmad Sigit Dwiwahjono
DirjenIndustri Kimia, Tekstil, dan Aneka (IKTA), Achmad Sigit Dwiwahjono

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dirjen Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka (IKTA) Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan dalam menyambut revolusi industri 4.0, industri petrokimia nasional akan disiapkan secara perlahan. Pasalnya, Indonesia membutuhkan industri petrokimia berkapasitas besar.

"Industri petrokimia ini kan industri yang padat teknologi, padat modal. Jadi karna padat modal, investasi di industri petrokimia ini cukup besar, dan dari tahun 1995 kita tidak punya industri petrokimia yang berkapasitas besar, jadi hampir 15 tahun lebih kita tidak ada investasi baru dibidang industri petrokimia," kata Sigit pada gelaran Industrial Summit 2018, di Jakrta Convention Center, Kamis (4/4/2018).

Sehingga, kata Sigit, khusus untuk petrocemichal yang hulu kesiapanya dilakukan secara bertahap. "Karena kalau kita paksakan industri 4.0 disektor hulu yang investasinya sudah 20 tahun yang lalu, ini sedikit mengalami hambatan hambatan yang nantinya bisa merugikan sektor industrinya," lanjut Sigit.

Ia mengatakan, hal tersebut bisa saja dilakukan pada sektor-sektor yang mempunyai resiko kecil. Namun, jika untuk investasi baru pihaknya akan mendorong untuk melakukan optimasi dan efisiensi melalui Infrastruktur yang telah disiapkan.

"Sehingga kalau bisa itu kita lakukan kepada sektor sektor yang tingkat resikonya kecil, tapi kalau untuk sektor sektor industri kimia yang hilir dan itu investasi baru itu kita dorong untuk melakukan optimasi dan efisiensi melalui pemakaian Infrastruktur yang sudah kita lakukan khususnya di sektor industri 4.0," kata Sigit.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mobil listrik

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:57 WIB

Strategi Marketing Dalam Penjualan Kendaraan Listrik atau EV

Dunia transportasi tengah mengalami transformasi besar dengan kemunculan kendaraan listrik (EV) sebagai pemain utama. Hal ini menandakan pergeseran menuju era baru dalam mobilitas manusia, di…

Prescon HI Drone Dragrace 2 di PIK 2

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:27 WIB

HOGERS Indonesia Gelar Balapan Motor Besar Harley Davidson

HOGERS Indonesia menggelar lomba balapan dan ketangkasan motor Harley terbesar di Indonesia. Event berskala Nasional buatan HOGERS Indonesia Drag Race of National Event 2 (HIDRONE2) ini dilaksanakan…

Implementasi IoT untuk pertanian

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:02 WIB

Jadi Mitra Kemkominfo, MSMB Implementasi Sistem Pintar Berbasis IoT untuk 7 Green House di Temanggung

PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), start up agritech dari Sleman, Yogyakarta, baru-baru ini menjadi mitra layanan implementasi teknologi berbasis IoT (Internet of Things) Kementerian…

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:37 WIB

Telkomsat dan Starlink Tandatangani Kerja Sama Layanan Segmen Enterprise di Indonesia

Telkomsat dan Starlink melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) untuk layanan segmen enterprise berbagai wilayah di Indonesia.

SUPER AIR JET Buka Rute Baru

Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:39 WIB

Dukung IKN, SUPER AIR JET Buka Rute Baru!

SUPER AIR JET mulai 6 Juni 2024 perkenalkan penerbangan non-stop pertama dari Bandar Udara Dhoho, Kediri, Jawa Timur ke Bandar Udara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur,…