Investor Brunei Tertarik Berinvestasi Sektor Perikanan di Tidore Kepulauan

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 31 Maret 2018 - 11:21 WIB

Ekspor Ikan Tuna (Foto IST)
Ekspor Ikan Tuna (Foto IST)

INDUSTRY.co.id - Ternate- Investor dari Brunei Darusalam tertarik menanamkan modalnya pada berbagai sektor di Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara (Malut), di antaranya sektor pertanian, perternakan dan perikanan.

Kepala Dinas Pertanian Tidore Kepulauan, Imran Jasin di Tidore, Jumat (30/3/2018) mengatakan investor dari Brunei Darusallam itu akan bekerja sama dengan PT Halmahera Jaya Gemilang, salah satu perusahaan dalam negeri untuk merealisasikan investasinya di Tidore Kepulauan.

Nota kesapahaman (MoU) antara Pemkot Tidore Kepulauan dengan investor dari Brunei Darusallam dan PT Halmahera Jaya Gemilang sudah ditandatangani di Brunei Darusallam beberapa waktu lalu, khusus untuk Pemkot Tidore Kepulauan dilakukan oleh Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim.

Menurut dia, pada sektor pertanian, investor dari Brunei Darusallam tersebut akan mengembangkan usaha penanaman jagung seluas 25 ribu hektare, pada sektor perternakan akan mengembangkan sapi dan kambing di areal seluas 250 hektare dan pada sektor perikanan akan mengembangkan usaha tambak udang seluas 500 hektare.

Hasil dari usaha tersebut akan ditujukan untuk ekspor, khususnya ke negara-negara Timur Tengah, sehingga sejalan dengan program pemerintah pusat yang terus mendorong pengembangan investasi untuk meningkatkan ekspor.

Pemkot Tidore Kepulauan, kata Imran Jasin, sudah menyediakan lahan untuk lokasi pengembangan usaha investor dari Brunei Darusallam tersebut, yakni di wilayah Oba, Oba Tengah dan Oba Selatan, yang selama ini dikenal sebagai wilayah potensial untuk pengembangan pertanian, perternakan dan perikanan.

Adanya investasi dari investor Brunei Darusallam tersebut, selain akan mendorong aktivitas ekonomi di Tidore Kepulauan, juga akan meningkatkan pendapatan daerah, membuka lapangan kerja serta merangsang tumbuhnya berbagai usaha lainnya, seperti perdagangan dan transportasi.

Ia menambahkan tenaga kerja yang akan terserap oleh usaha yang akan dikembangkan investor dari Brunei Darusallam tersebut diperkirakan mencapai 2.000 orang, di mana 80 persen di antaranya diperuntukkan bagi pencari kerja dari daerah setempat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI sebagai sponsor utama, siap mendukung gelaran BNI Java Jazz Festival pada 24 - 26 Mei 2024 di JIEXPO Kemayoran yang diselenggarakan oleh Java Festival Production.

Minggu, 05 Mei 2024 - 16:48 WIB

BNI Java Jazz on The Move Special Edition Kembali Hadir!

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI sebagai sponsor utama, siap mendukung gelaran Jakarta International BNI Java Jazz Festival pada 24-26 Mei 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta, yang…

Salah satu lini bisnis MPMX

Minggu, 05 Mei 2024 - 15:40 WIB

MPMX Catat Pendapatan Bersih Capai Rp3,9 Triliun di Kuartal I-2024

PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) sukses mencatat pertumbuhan pendapatan bersih mencapai Rp3,9 triliun di kuartal I-2024, atau naik 3% year-on-year (yoy) dibandingkan periode yang sama…

Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the Pacific saat belajar budaya Bali

Minggu, 05 Mei 2024 - 15:30 WIB

Kemenparekraf Ajak Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference Belajar Budaya Bali

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak para delegasi Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the Pacific…

KOBEX: Penjualan Alat Berat Non-Tambang Meningkat, KOBEX Bukukan Pendapatan Rp531,94 Miliar Di Triwulan I-2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 13:20 WIB

Top! Strategi Apik Membuahkan Hasil, Penjualan Alat Berat Non-Tambang Meningkat, KOBEX Bukukan Pendapatan Rp531,94 Miliar di Triwulan I-2024

Jakarta– PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) penyedia alat berat terintegrasi telah merilis Laporan Keuangan (Unaudited) triwulan I tahun 2024. Perseroan melaporkan pertumbuhan pendapatan sebesar…

PT BRI Asuransi Indonesia saat RUPS

Minggu, 05 Mei 2024 - 13:02 WIB

BRI Insurance Tebar Dividen 25 Persen

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2024 (RUPST) PT. BRI Asuransi Indonesia telah digelar pada hari Senin, tanggal 29 April 2024 di Menara Brilian. Jakarta.