Hilirasi Industri Sawit Perlu Ditingkatkan Agar Ekonomi Terus Meningkat

Oleh : Hariyanto | Rabu, 28 Februari 2018 - 12:51 WIB

kelapa sawit
kelapa sawit

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Peneliti dari Center for Southeast Asian Studies Kyoto University Jepang, Kosuke Mizuno mengatakan, hilirisasi industri sawit perlu ditingkatkan sehingga ekonomi terus meningkat.

"Indonesia sebenarnya bisa mengusai CPO dunia, bahannya ada, sumberdaya manusianya ada. Jadi arah pemikiran jelas sekali hilirisasi," kata Prof Mizuno di Jakarta, Selasa (27/2/2018).

Prof Mizuno sebagai pembicara utama pada diskusi Kebijakan Pengelolaan Gambut di Indonesia ditinjau dari Aspek Ekologi, Ekonomi dan Sosial yang digelar di Kampus UI Salemba di Jakarta.

Dia mengatakan, industri sawit sangat berkembang begitu juga dengan lahan perkebunan sawit yang semakin luas. "Tapi Indonesia hanya sebagai pengekspor CPO, sementara industri produk sawit sangat kurang, apakah sabun, kosmetik, margarin," tambah dia.

Peningkatan penanaman sawit sangat meningkat, begitu juga dengan permintaan CPO yang semakin besar. Karena itu CPO sangat berperan bagi ekonomi nasional.

Tapi pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak bisa hanya bersumber dari ekspor bahan mentah saja, tapi perlu diolah sehingga nilai jualnya juga bertambah.

Di sisi lain, semakin berkembangnya lahan sawit juga berdampak pada risiko kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan kerugian besar bagi masyarakat terutama yang ada disekitar lahan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jalan Tol Trans Sumatera

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:00 WIB

Hingga Juli 2020JTTS Telah Beroperasi 393 Km

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membangun jalan tol Trans Sumatra sepanjang 393 kilometer (km) dari total 2.887 km yang ditargetkan selesai tahun…

Vaksin Septivet ini digunakan untuk mengatasi penyakit ngorok (Doc: Kementan)

Kamis, 09 Juli 2020 - 14:46 WIB

Obat Penyakit Ngorok Hewan di Ekspor ke Timor Leste

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Pusat Veteriner Farma (Pusvetma) yang merupakan UPT Bidang Kesehatan Hewan melakukan…

Yanmar kembali dukung AFF Suzuki Cup 2020

Kamis, 09 Juli 2020 - 14:34 WIB

Untuk Ketiga Kali Berturut-turut, Yanmar Kembali Dukung Perhelatan AFF Suzuki Cup 2020

Yanmar Co., Ltd. telah memperbarui masa sponsornya untuk AFF Suzuki Cup dalam turnamen edisi 2020.

CEO Indodax, Oscar Darmawan

Kamis, 09 Juli 2020 - 14:30 WIB

Viral di TikTok, Aset Kripto Dogecoin Naik 100 Persen Dalam Sehari

Tren kenaikan harga DOGE karena viral di Tiktok juga menjadi sorotan media di Amerika Serikat dan negara lainnya. Di Indonesia, Dogecoin (DOGE) diperdagangkan di INDODAX, Indonesia startup bitcoin…

Menteri BUMN Erick Thohir

Kamis, 09 Juli 2020 - 14:15 WIB

Erick Thohir Sebut Ekonomi Nasional Baru Akan Pulih 100% di 2022

Ekonomi nasional diperkirakan baru akan pulih 100 persen pada tahun 2022 mendatang. Pasalnya, sektor dunia usaha baru akan pulih pada kuartal I/2020. Namun, itu tergantung dengan jenis bisnisnya.