Hari Pers Nasional 2018 Dimeriahkan dengan Pesta Makan Bajamba

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 08 Februari 2018 - 19:00 WIB

Pesta Makan Bajamba (Foto: Ist)
Pesta Makan Bajamba (Foto: Ist)

INDUSTRY.co.id, Padang - Penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang berlangung di Kota Padang tersebut, akan dimeriahkan oleh pesta adat Makan Bajamba pada Kamis Malam (8/2/2018). Tidak kurang dari 300 Jamba telah disiapkan dalam kegiatan yang rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Pesta adat Makan Bajamba merupakan tradisi unik Tanah Minang yang bisa diikuti puluhan hingga ribuan orang sekaligus. Mereka nantinya dibagi dalam beberapa kelompok. Satu kelompok biasanya terdiri dari 5-7 orang yang duduk melingkar.

Tradisi ini juga dikenal dengan nama Makan Barapak dan dilakukan masyarakat Minangkabau pada hari-hari besar keagamaan, pesta atau upacara adat, dan hal penting lainnya.

“Makan Bajamba merupakan sebuah prosesi makan tradisional. Makan kebesaran dari prosesi adat untuk acara-acara penting. Maka dari itu kita hadirkan untuk memeriahkan HPN. Proses makannya adalah makan bersama dengan hidangan makanan tradisional Minangkabau,” ujar kata Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, dikutip dari berbagai sumber.

Uniknya dalam prosesi tersebut, ada satu orang yang bertugas sebagai janang atau orang yang ditunjuk tuan rumah untuk menemani tamu. Bukan hanya ikut makan, orang tersebut juga bertugas untuk menambah nasi atau lauk pauk.

“Nqaasi dan lauk pauk ini disajikan dalam satu nampan besar yang disebut talam. Untuk hidangan tidak usah ragu, Minangkabau itu rajanya masakan tradisional,” ujarnya.

Namun, dalam Makan Bajamba banyak aturan yang harus dipatuhi. Tujuannya agar tidak ada yang saling mengganggu. Orang yang lebih tua juga harus didahulukan untuk menyuap nasi. Tidak hanya itu, setiap orang hanya boleh mengambil nasi yang berada di depannya saja. Nasi pun harus dihabiskan.

Yang menarik adalah proses makannya, dimana tangan tidak boleh masuk ke mulut. Nasi yang akan dimakan harus dilontarkan ke mulut. Biasanya, tangan kiri berada di bawah tangan kanan agar bisa menampung nasi yang berjatuhan. Mereka yang sudah selesai makan tidak boleh langsung mencuci tangan, melainkan harus menunggu yang lainnya selesai makan.

“Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari Makan Bajamba. Seperti nilai-nilai kebersamaan, di mana saat Makan Bajamba tidak ada perbedaan status sosial yang terlihat. Semuanya makan bersama-sama dan secara tidak langsung akan mempererat tali silaturrahmi antara sesama, menanamkan nilai sopan santun, saling menghargai dan menghormati orang lain,“ pungkas Nasrul.

Sementara, menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi wisata kuliner yang dikemas pada pesta adat Makan Bajamba. Selama ini, kuliner mempunyai peran strategis dalam memperkuat identitas bangsa Indonesia di forum internasional. Kuliner juga menjadi identitas kota atau daerah yang sekaligus mempromosikan pariwisata kota tersebut.

“Indonesia mengenal banyak tradisi makan bersama. Jika di Bali ada Megibung, di Jakarta ada Ngeriung, di Minang ada Makan Bajamba. Ini kekayaan budaya kita. Wisatawan senang dengan budaya unik seperti ini. Saya yakin dampaknya pasti akan baik untuk pariwisata Sumbar,” kata Menpar Arief Yahya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Atal S Depari Ketua PWI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 April 2019 - 07:00 WIB

Ketum PWI: Secara Konstitusional Belum Ada yang Terpilih Sebagai Presiden

Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal Sembiring Depari menegaskan, sebenarnya sebelum perhitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) selesai, belum ada yang terpilih sebagai Presiden…

Pemilu 2019(Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 April 2019 - 06:26 WIB

Pemblokiran Jurdil2019.org Ciderai Demokrasi

Pemblokiran situs Jurdil2019.org oleh Kemenkominfo dan Bawaslu dinilai telah menciderai demokrasi, karena prosesnya tanpa peringatan terlebih dahulu. Telebih lagi, amanah UU mewajibkan pemerintah…

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Selasa, 23 April 2019 - 06:12 WIB

Kebijakan Fiskal Pemerintah yang Pruden Mendukung Pencapaian Target Pembangunan APBN 2019

Jakarta - Pelaksanaan APBN 2019 sampai dengan 31 Maret berjalan aman sesuai dengan kebijakan fiskal Pemerintah yang akan mendukung pencapaian target pembangunan APBN 2019. Hal ini disampaikan…

Diskusi hari bumi bersama BNI Syariah

Selasa, 23 April 2019 - 05:54 WIB

BNI Syariah Dukung UMKM Lakukan Green Activity

Jakarta - Dalam mendukung program Pemerintah yaitu SDG’s (Sustainable Development Goals) dan Green Banking, BNI Syariah berupaya untuk mendorong pengusaha UMKM dalam menerapkan green activity.…

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

Selasa, 23 April 2019 - 01:35 WIB

Bank BTN Gelar Akad Kredit Massal untuk 8.500 Unit Rumah Bernilai Rp1 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menggelar akad massal untuk 8.500 unit rumah yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan dengan total nilai mencapai lebih…