Bulan Mei Mendatang, Wisman Mulai Ramai Kunjungi Ketambe

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 05 Februari 2018 - 11:30 WIB

Wisata Alam Ketambe, Aceh (Foto: facebook.com/ketambe.org)
Wisata Alam Ketambe, Aceh (Foto: facebook.com/ketambe.org)

INDUSTRY.co.id, Aceh - Selain terkenal dengan wisata religinya, Aceh juga terkenal akan wisata alamnya yang populer dikalangan wisatawan mancanegara. Seperti, wisata alam Katambe, dimana menurut Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Dispapora) Aceh Tenggara mengklaim, wisatawan mancanegara (wisman) ramai mengunjungi objek wisata alam tersebut mulai Mei.

"Jadi setiap tahunnya itu, wisman baru ramai kunjungi ke Ketambe biasanya di atas bulan Mei," terang Kepala Disparpora Aceh Tenggara, Bahagia Wati di Kutacane, Senin, (5/2/2018).

Menurutnya, sama halnya dengan kunjungan wisman berbagai ojek wisata di Tanah Air seperti Bali baru meningkat memasuki bulan kelima setiap tahun.

Pihaknya mengaku, hingga kini berupaya mendatangkan sebanyak mungkin wisatawan tidak cuma mancanegara, tetapi juga domestik untuk mengunjungi objek wisata lingkungan tersebut.

Seperti diketahui, Ketambe berada pada kaki Gunung Leuser di Kabupaten Aceh Tenggara yang merupakan taman nasional karena mempunyai hutan tropis dan kaya akan cagar alam hayati.

"Kendala kita cuma satu, yakni akses transportasi menuju ke Ketambe. Turis lazimnya harus tempuh perjalanan darat sekitar delapan jam dari Kualanamu, Medan," terang dia.

Hingga saat ini jarak terdekat ke objek wisata Ketambe berbatasan dengan Kabupaten Langkat di Provinsi Sumatera Utara baru melalui Bandara Kualanamu, Deli Serdang sekitar 245 kilometer.

Bila melalui transportasi darat dari ibu kota Provinsi Aceh yakni Banda Aceh, maka akan terasa jauh lagi menuju Ketambe yaitu lebih dari 550 kilometer.

"Memang pesawat ada, tapi baru penerbangan perintis mendarat di Bandara Alas Leuser. Itu pun, cuma beberapa kali dalam sepekan," kata Bahagia.

Ismail (37), penduduk di Ketambe, Aceh Tenggara berprofesi sebagai pemandu wisata berucap, turis asing yang berkunjung ke objek wisata tersebut sepi memasuki awal tahun.

Ketambe merupakan nama kecamatan di kabupaten ini yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Leuser dengan hutan yang masih alami.

Berbagai flora dan fauna hidup damai di Ketambe seperti burung, monyet, dan orangutan bebas bergelantungan di pohon dan dilintasi Sungai Alas yang sangat cocok bagi pecinta arung jeram.

"Mereka kan (wisman) punya waktu tertentu untuk belibur. Biasanya mulai pertengahan tahun, dan turis menginap beberapa hari di Ketambe menikmati langsung surga dunia ini," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono

Rabu, 22 September 2021 - 05:30 WIB

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono Tegaskan Calon Komandan Harus Berani Ambil Resiko

Dikatakan Kasal bahwa keberanian memang tidak muncul dengan sendirinya tetapi harus banyak dilatih, termasuk keberanian untuk dekat dengan media sehingga peran TNI AL dalam memberikan bantuan…

Prajurit Batalyon Kesehatan 1 Marinir Laksanakan Menembak Senapan SS1

Rabu, 22 September 2021 - 05:15 WIB

Prajurit Batalyon Kesehatan 1 Marinir Laksanakan Menembak Senapan SS1

Dalam upaya meningkatkan kemampuan prajuritnya, Batalyon Kesehatan 1 Marinir (Yonkesh 1 Mar) melaksanakan kegiatan menembak Senapan Serbu 1 (SS1) di lapangan tembak Jusman Puger, Kesatrian Marinir…

Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman

Rabu, 22 September 2021 - 05:00 WIB

Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman Terima Kunjungan Panglima Divisi 1 AD Australia

Panglima Kostrad (Pangkostrad), Letjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., menerima kunjungan kehormatan Panglima Divisi 1 Angkatan Darat Australia Major General Justin (Jake) Ellwood, bertempat…

Wakasad Letjen TNI Bakti Agus Fadjari Terima Kunjungan Panglima Divisi I AD Australia

Rabu, 22 September 2021 - 04:30 WIB

Wakasad Letjen TNI Bakti Agus Fadjari Terima Kunjungan Panglima Divisi I AD Australia

Panglima Divisi I AD Australia Major General Justin Ellwood, DSC, AM, beserta delegasi melakukan kunjungan kehormatan ke Mabesad di Jakarta Pusat, yang disambut langsung oleh Wakil Kepala Staf…

Prajurit TNI Gugur

Rabu, 22 September 2021 - 04:00 WIB

Kejamnya KST, Tembak Satu Prajurit TNI Hingga Tewas saat Mengamankan Evakuasi Nakes

Kontak tembak kembali terjadi di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang saat helikopter milik TNI akan melaksanakan evakuasi jenazah Suster Gabriella Meilani yang meninggal akibat kekejaman,…