Bulan Mei Mendatang, Wisman Mulai Ramai Kunjungi Ketambe

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 05 Februari 2018 - 11:30 WIB

Wisata Alam Ketambe, Aceh (Foto: facebook.com/ketambe.org)
Wisata Alam Ketambe, Aceh (Foto: facebook.com/ketambe.org)

INDUSTRY.co.id, Aceh - Selain terkenal dengan wisata religinya, Aceh juga terkenal akan wisata alamnya yang populer dikalangan wisatawan mancanegara. Seperti, wisata alam Katambe, dimana menurut Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Dispapora) Aceh Tenggara mengklaim, wisatawan mancanegara (wisman) ramai mengunjungi objek wisata alam tersebut mulai Mei.

"Jadi setiap tahunnya itu, wisman baru ramai kunjungi ke Ketambe biasanya di atas bulan Mei," terang Kepala Disparpora Aceh Tenggara, Bahagia Wati di Kutacane, Senin, (5/2/2018).

Menurutnya, sama halnya dengan kunjungan wisman berbagai ojek wisata di Tanah Air seperti Bali baru meningkat memasuki bulan kelima setiap tahun.

Pihaknya mengaku, hingga kini berupaya mendatangkan sebanyak mungkin wisatawan tidak cuma mancanegara, tetapi juga domestik untuk mengunjungi objek wisata lingkungan tersebut.

Seperti diketahui, Ketambe berada pada kaki Gunung Leuser di Kabupaten Aceh Tenggara yang merupakan taman nasional karena mempunyai hutan tropis dan kaya akan cagar alam hayati.

"Kendala kita cuma satu, yakni akses transportasi menuju ke Ketambe. Turis lazimnya harus tempuh perjalanan darat sekitar delapan jam dari Kualanamu, Medan," terang dia.

Hingga saat ini jarak terdekat ke objek wisata Ketambe berbatasan dengan Kabupaten Langkat di Provinsi Sumatera Utara baru melalui Bandara Kualanamu, Deli Serdang sekitar 245 kilometer.

Bila melalui transportasi darat dari ibu kota Provinsi Aceh yakni Banda Aceh, maka akan terasa jauh lagi menuju Ketambe yaitu lebih dari 550 kilometer.

"Memang pesawat ada, tapi baru penerbangan perintis mendarat di Bandara Alas Leuser. Itu pun, cuma beberapa kali dalam sepekan," kata Bahagia.

Ismail (37), penduduk di Ketambe, Aceh Tenggara berprofesi sebagai pemandu wisata berucap, turis asing yang berkunjung ke objek wisata tersebut sepi memasuki awal tahun.

Ketambe merupakan nama kecamatan di kabupaten ini yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Leuser dengan hutan yang masih alami.

Berbagai flora dan fauna hidup damai di Ketambe seperti burung, monyet, dan orangutan bebas bergelantungan di pohon dan dilintasi Sungai Alas yang sangat cocok bagi pecinta arung jeram.

"Mereka kan (wisman) punya waktu tertentu untuk belibur. Biasanya mulai pertengahan tahun, dan turis menginap beberapa hari di Ketambe menikmati langsung surga dunia ini," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid (ketiga dari kiri), Wakil Ketua Umum Agung Sudjatmiko (paling kiri), Plt Sekjen Dekopin Moh. Sukri (kedua dari kiri) mendampingi Deputi Perkoperasian Kementerian Koperasi Ahmad Zabadi (keempat dari kiri) dan Deputi IV Kementerian Koordinator Perekonomian RI Rudy Salahuddin (kedua dari kanan) saat membuka secara resmi Rapimnas Dekopin tahun 2022 di Jakarta, Jumat (25/11/2022). Foto: Dokumen PIP Dekopin. 

Selasa, 06 Desember 2022 - 06:51 WIB

Kementerian Koperasi Minta Nurdin Halid Kawal Agenda-Agenda Strategis Gerakan Koperasi

Jakarta – Pemerintah meminta Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Nurdin Halid untuk mengawal agenda-agenda strategis Gerakan Koperasi Indonesia, khususnya RUU Perkoperasian dan RUU Pengembangan…

Ketua PWI Pusat Atal S Depari dan Ketua HPN 2023, H Mirza Zulhadi

Selasa, 06 Desember 2022 - 06:20 WIB

Ketua PWI Pusat Hadiri Rapat Jelang HPN di Medan

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 mendatang, Kota Medan, Sumatera Utara telah ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggara oleh Panitia Pusat HPN 2023. Ketua HPN 2023, H Mirza Zulhadi…

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Selasa, 06 Desember 2022 - 06:02 WIB

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Tinjau Latihan Puncak Ancab YTP 611/Awl

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman mengungkapkan rasa bangganya saat memberikan pengarahan usai meninjau langsung latihan puncak Antar Kecabangan Batalyon…

Satgas Yonif Mekanis 203 AK Jalin Keceriaan Beersama Anak Anak

Selasa, 06 Desember 2022 - 05:00 WIB

Satgas Yonif Mekanis 203 AK Jalin Keceriaan Beersama Anak Anak

Keceriaan dan senyum anak-anak Pegunungan Tengah terpancar bersama personel Satgas Yonif Mekanis 203/AK dalam kegiatan lomba mewarnai di Desa Lowanom, Distrik Malagayneri, Kabupaten Lanny Jaya,…

Prajurit Korem 174 ATW Terima Penyuluhan Hukum

Selasa, 06 Desember 2022 - 04:30 WIB

Prajurit Korem 174 ATW Terima Penyuluhan Hukum

Personel Korem 174/ATWyang dipimpin oleh Kasrem 174/ATW Kolonel Inf Frits Wilem Rizard Pelamonia menerima penyuluhan hukum dari Tim Penyuluh Hukum Kumdam XVII/Cenderawasih TA. 2022 oleh Kakumdam…