Bulan Mei Mendatang, Wisman Mulai Ramai Kunjungi Ketambe

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 05 Februari 2018 - 11:30 WIB

Wisata Alam Ketambe, Aceh (Foto: facebook.com/ketambe.org)
Wisata Alam Ketambe, Aceh (Foto: facebook.com/ketambe.org)

INDUSTRY.co.id, Aceh - Selain terkenal dengan wisata religinya, Aceh juga terkenal akan wisata alamnya yang populer dikalangan wisatawan mancanegara. Seperti, wisata alam Katambe, dimana menurut Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Dispapora) Aceh Tenggara mengklaim, wisatawan mancanegara (wisman) ramai mengunjungi objek wisata alam tersebut mulai Mei.

"Jadi setiap tahunnya itu, wisman baru ramai kunjungi ke Ketambe biasanya di atas bulan Mei," terang Kepala Disparpora Aceh Tenggara, Bahagia Wati di Kutacane, Senin, (5/2/2018).

Menurutnya, sama halnya dengan kunjungan wisman berbagai ojek wisata di Tanah Air seperti Bali baru meningkat memasuki bulan kelima setiap tahun.

Pihaknya mengaku, hingga kini berupaya mendatangkan sebanyak mungkin wisatawan tidak cuma mancanegara, tetapi juga domestik untuk mengunjungi objek wisata lingkungan tersebut.

Seperti diketahui, Ketambe berada pada kaki Gunung Leuser di Kabupaten Aceh Tenggara yang merupakan taman nasional karena mempunyai hutan tropis dan kaya akan cagar alam hayati.

"Kendala kita cuma satu, yakni akses transportasi menuju ke Ketambe. Turis lazimnya harus tempuh perjalanan darat sekitar delapan jam dari Kualanamu, Medan," terang dia.

Hingga saat ini jarak terdekat ke objek wisata Ketambe berbatasan dengan Kabupaten Langkat di Provinsi Sumatera Utara baru melalui Bandara Kualanamu, Deli Serdang sekitar 245 kilometer.

Bila melalui transportasi darat dari ibu kota Provinsi Aceh yakni Banda Aceh, maka akan terasa jauh lagi menuju Ketambe yaitu lebih dari 550 kilometer.

"Memang pesawat ada, tapi baru penerbangan perintis mendarat di Bandara Alas Leuser. Itu pun, cuma beberapa kali dalam sepekan," kata Bahagia.

Ismail (37), penduduk di Ketambe, Aceh Tenggara berprofesi sebagai pemandu wisata berucap, turis asing yang berkunjung ke objek wisata tersebut sepi memasuki awal tahun.

Ketambe merupakan nama kecamatan di kabupaten ini yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Leuser dengan hutan yang masih alami.

Berbagai flora dan fauna hidup damai di Ketambe seperti burung, monyet, dan orangutan bebas bergelantungan di pohon dan dilintasi Sungai Alas yang sangat cocok bagi pecinta arung jeram.

"Mereka kan (wisman) punya waktu tertentu untuk belibur. Biasanya mulai pertengahan tahun, dan turis menginap beberapa hari di Ketambe menikmati langsung surga dunia ini," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Komisaris Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Arcandra Tahar

Rabu, 21 April 2021 - 17:15 WIB

Archandra Tahar Sebut PGN Punya Peran Penting Ambil Peluang Optimalkan Kebutuhan LNG Dunia yang Semakin Membesar

Komisaris Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Arcandra Tahar mengungkapkan, PGN memiliki posisi strategis dalam penyediaan energi yang ramah lingkungan dan efisien di dalam negeri. Dijelaskan…

KSPI

Rabu, 21 April 2021 - 17:00 WIB

Buruh Desak MK Batalkan UU Cipta Kerja

Mahkamah Konstitusi menggelar sidang pendahuluan uji formil judicial review UU Cipta Kerja, Rabu (21/4/2021). Uji formil ini dimohonkan oleh Riden Hatam Aziz dan kawan-kawan, yang merupakan…

Pelayanan Rapid Antigen di Rest GT Gunung Sugih, Ruas Bakauheni - Terbanggi Besar

Rabu, 21 April 2021 - 17:00 WIB

Hutama Karya Tingkatkan Pelayanan Test Rapid Antigen Sepanjang Masa Pamdemi

Dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19 di tengah momen Ramadhan tahun 2021 ini, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) tetap melakukan…

Presiden Joko Widodo saat meninjau kawasan industri terpadu Batang

Rabu, 21 April 2021 - 16:45 WIB

Goks! Presiden Jokowi Sebut Pabrik Kaca Terbesar di Asia Tenggara Bakal Segera Dibangun di KIT Batang

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa sebanyak 450 dari 4.300 hektare lahan di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah, telah siap dipakai. Sehingga para investor dapat…

General Manager Corporate Marketing Jababeka Residence, Eric Limansantoso saat menandatangani perjanjian kerja sama dengan CIMB Niaga

Rabu, 21 April 2021 - 16:15 WIB

Gandeng CIMB Niaga, Jababeka Residence Hadirkan Pembiayaan Bunga Rendah

Jababeka Residence bersama CIMB Niaga menyepakati kerja sama dalam pemasaran sejumlah properti di Kota Jababeka. Bentuk kerja sama ini diyakini dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan, baik…