Bulan Mei Mendatang, Wisman Mulai Ramai Kunjungi Ketambe

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 05 Februari 2018 - 11:30 WIB

Wisata Alam Ketambe, Aceh (Foto: facebook.com/ketambe.org)
Wisata Alam Ketambe, Aceh (Foto: facebook.com/ketambe.org)

INDUSTRY.co.id, Aceh - Selain terkenal dengan wisata religinya, Aceh juga terkenal akan wisata alamnya yang populer dikalangan wisatawan mancanegara. Seperti, wisata alam Katambe, dimana menurut Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Dispapora) Aceh Tenggara mengklaim, wisatawan mancanegara (wisman) ramai mengunjungi objek wisata alam tersebut mulai Mei.

"Jadi setiap tahunnya itu, wisman baru ramai kunjungi ke Ketambe biasanya di atas bulan Mei," terang Kepala Disparpora Aceh Tenggara, Bahagia Wati di Kutacane, Senin, (5/2/2018).

Menurutnya, sama halnya dengan kunjungan wisman berbagai ojek wisata di Tanah Air seperti Bali baru meningkat memasuki bulan kelima setiap tahun.

Pihaknya mengaku, hingga kini berupaya mendatangkan sebanyak mungkin wisatawan tidak cuma mancanegara, tetapi juga domestik untuk mengunjungi objek wisata lingkungan tersebut.

Seperti diketahui, Ketambe berada pada kaki Gunung Leuser di Kabupaten Aceh Tenggara yang merupakan taman nasional karena mempunyai hutan tropis dan kaya akan cagar alam hayati.

"Kendala kita cuma satu, yakni akses transportasi menuju ke Ketambe. Turis lazimnya harus tempuh perjalanan darat sekitar delapan jam dari Kualanamu, Medan," terang dia.

Hingga saat ini jarak terdekat ke objek wisata Ketambe berbatasan dengan Kabupaten Langkat di Provinsi Sumatera Utara baru melalui Bandara Kualanamu, Deli Serdang sekitar 245 kilometer.

Bila melalui transportasi darat dari ibu kota Provinsi Aceh yakni Banda Aceh, maka akan terasa jauh lagi menuju Ketambe yaitu lebih dari 550 kilometer.

"Memang pesawat ada, tapi baru penerbangan perintis mendarat di Bandara Alas Leuser. Itu pun, cuma beberapa kali dalam sepekan," kata Bahagia.

Ismail (37), penduduk di Ketambe, Aceh Tenggara berprofesi sebagai pemandu wisata berucap, turis asing yang berkunjung ke objek wisata tersebut sepi memasuki awal tahun.

Ketambe merupakan nama kecamatan di kabupaten ini yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Leuser dengan hutan yang masih alami.

Berbagai flora dan fauna hidup damai di Ketambe seperti burung, monyet, dan orangutan bebas bergelantungan di pohon dan dilintasi Sungai Alas yang sangat cocok bagi pecinta arung jeram.

"Mereka kan (wisman) punya waktu tertentu untuk belibur. Biasanya mulai pertengahan tahun, dan turis menginap beberapa hari di Ketambe menikmati langsung surga dunia ini," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…