Kemenperin Ingin Kinerja Industri Pengelolaan Ikan Ditingkatkan

Oleh : Ridwan | Sabtu, 20 Januari 2018 - 08:48 WIB

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto didampingi Dirjen Industri Agro Kemenperin, Panggah Susanto saat acara peringatan Hari Kakao Indonesia ke-6 (Foto; Humas)
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto didampingi Dirjen Industri Agro Kemenperin, Panggah Susanto saat acara peringatan Hari Kakao Indonesia ke-6 (Foto; Humas)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian Panggah Susanto menginginkan kinerja industri pengolahan ikan di berbagai daerah dapat terus ditingkatkan sebagai upaya melesatkan nilai tambah produk kelautan dan perikanan nasional.

"Untuk ikan beku, ikan 'filet', udang beku serta industri pengolahan ikan lainnya harus ditingkatkan lagi," kata Panggah Susanto di Jakarta, Jumat (19/1/2018)

Panggah menginginkan untuk industri pengolahan ikan seperti yang terkait dengan tuna dan sarden kaleng dapat terus meningkat di atas 13 persen pertumbuhannya.

Hal tersebut, lanjutnya, agar pengolahan komoditas sektor perikanan juga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional yang ditargetkan lebih dari 5,5 persen.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk meningkatkan produksi industri perikanan.

"Sekarang konsentrasinya agar ke industri pengolahan ikan, terutama yang mendorong untuk ekspor ikan, karena ekspornya kita turun," kata Presiden ditemui di Jakarta, Rabu (10/1).

Dia menjelaskan arahannya tersebut telah disampaikan kepada Menteri KKP Susi Pudjiastuti.

Menurut Presiden, dirinya mendukung seluruh upaya untuk meningkatkan produksi perikanan di Indonesia, baik tangkap maupun budi daya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pabrik Petrokimia

Sabtu, 20 April 2019 - 13:05 WIB

Arab Saudi Bakal Bangun Pabrik Petrokimia Senilai Rp84,31 Triliun di Indonesia

Pemerintah Arab Saudi siap menambah investasinya di Indonesia dengan mendirikan pabrik petrokimia senilai USD6 miliar atau setara Rp84,31 triliun.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto:Ridwan)

Sabtu, 20 April 2019 - 12:05 WIB

Usai Pemilu, Menperin Optimis Investasi Industri Kian Agresif

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengaku optimistis akan terjadi peningkatan investasi dan ekspansi di sekkor industri manufaktur seusai penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun…

Fintech (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 11:17 WIB

Koku Raih Pendanaan Pra-Seri A Sebesar US$2 Juta Dari Co-Founder Tencent

Pendanaan Pra-Seri A ini dipimpin oleh Jason Zeng, Co-founder Tencent Holdings dan pendiri perusahaan angel investment asal China, Decent Capital.

Perkebunan kelapa

Sabtu, 20 April 2019 - 11:05 WIB

Kemenperin Pastikan Bisnis Industri Olahan Kelapa di Indonesia Masih Sangat Prospektif

Bisnis industri pengolahan kelapa di Indonesia masih prospektif dan terus berkembang di beberapa wilayah seperti Riau, Sulawesi Utara, Gorontalo, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, dan…

Oppo F11 Pro (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 10:59 WIB

Masa Pre-order Selesai, Smartphone Oppo F11 Sudah Tersedia di Pasar Indonesia

Perangkat Oppo F11 menjadi favorit karena kemampuan kamera belakangnya untuk mengambil foto portrait memukau dalam gelap, memori besar, pengisian daya cepat, serta harganya yang cukup terjangkau,…