PT Inka Sebut LRT Jabodebek Paling Modern

Oleh : Ridwan | Jumat, 19 Januari 2018 - 06:15 WIB

PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) (Madiunpos)
PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) (Madiunpos)

INDUSTRY.co.id - Madiun, PT Industri Kereta Api (Inka) (Persero) telah menandatangani kontrak kerja proyek pengadaan Light Rail Transit (LRT) sebesar Rp3,9 triliun.

Adapun kontrak tersebut untuk 31 rangkaian kereta (train set) LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek).

"Untuk pengadaan LRT Jebodebek 31 train set. Mungkin 4 train set akan jalan pada Maret 2019, itu yang pertama. Dan akan terus sampai 31 train set," ujar Direktur Utama PT Inka Budi Noviantoro saat acara MoU Kontrak Pengadaan Sarana LRT Jabodebek di Kantor Inka, Madiun, Kamis (18/1/2018).

Ia menambahkan, untuk desain semua kami (PT Inka) yang kerjakan. "Semua kami yang desain, untuk kecepatan bisa sampai 100 km per jam, tapi jarak stasiun kan pendek2, jadi paling 70 km per jam lah. Kalau mau lari jarak jauh 120 bisa, " terangnya.

Lebih lanjut, Budi mengungkapkan, Tingkat komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk LRT saat ini masih 45%. "Kedepan kami targetkan TKDN-nya mencapai 60%. Namun, semua itu mesti bertahap," kata Budi.

Menurut Budi, LRT Jabodebek memakai sistem terbaru dan modern. Karena nantinya akan memakai moving block, sehingga automatic semuanya.

Nantinya, lanjit Budi, LRT Jabodebek tidak akan memakai masinis, karena Head Way-nya hanya 1,5 menit. Jadi tidak boleh ada human eror.

"Karena kalau Head way-nya lebih kecil, kapasitasnya lebih besar. Ini paling modern untuk kelas LRT, Indonesia mungkin menggunakan kelas yang terbaru," tutup Budi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:40 WIB

Ekspor Produk Manufaktur Masih Tertinggi

Industri pengolahan nonmigas konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap nilai ekspor nasional.

Industri Tekstil

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:01 WIB

Upaya Pemerintah Dongkrak Produktivitas Industri Tekstil dan Pakaian Menuju Lima Besar Dunia

Berdasarkan Making Indonesia 4.0, industri TPT merupakan satu dari lima sektor manufaktur yang tengah diprioritaskan pengembangannya sebagai pionir dalam peta jalan penerapan revolusi industri…

Batik Air (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:00 WIB

Batik Air Mengantarkan Travelers Menuju Destinasi Luwuk Banggai

Sulawesi Tengah berkontur geografis khas menyerupai lekukan yang begitu menggoda wisatawan dan pebisnis (travelers) untuk berkunjung. Salah satunya ke bagian timur provinsi ini yaitu Kabupaten…