Uji Coba Interkoneksi Dengan Jaringan PLN, PLTB Sidrap I Siap Beroperasi

Oleh : Hariyanto | Senin, 08 Januari 2018 - 08:05 WIB

Ilustrasi PLTB (ist)
Ilustrasi PLTB (ist)

INDUSTRY co.idJakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memastikan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap I akan segera beroperasi setelah dilakukannya uji coba interkoneksi dengan jaringan PT PLN (Persero), yang berlangsung akhir pekan ini (7/1/2018). 

Menurut informasi dari laman Kementerian ESDM, Senin (8/1/2018), sebanyak 20 turbin dari 30 turbin tenaga angin yang direncanakan dan Gardu Induk (GI) telah siap untuk koneksi dengan jaringan PLN sejak minggu lalu. Masing-masing turbin yang telah terbangun dan siap terkoneksi berkapasitas 2,5 Mega Watt (MW) atau 50 MW secara total.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, mendukung penuh beroperasinya PLTB Sidrap ini, bahkan dalam kunjungan ke PLTB Sidrap akhir September 2017 lalu Jonan menyampaikan dukungan terhadap rencana pengembangan PLTB Sidrap tahap II.

"(PLTB) Tahap 1 tarifnya USD 11 sen per kWh flat, (tahap) kedua bagaimana? Kita nego lagi, kita akan akomodir, saya minta harganya bisa lebih rendah," ujar Jonan di Sidrap (30/9/2017).

Dengan beroperasinya PLTB Sidrap I nanti, pembangkit tersebut menjadi pembangkit komersial pertama di Indonesia yang memanfaatkan energi angin. Proyek dengan investasi US$ 150 juta atau sekitar Rp 2 triliun yang dioperasikan PT UPC Sidrap Bayu Energi ini bila sudah beroperasi semuanya (30 turbin), mampu melistriki sekitar 70.000 pelanggan rumah tangga di Sulawesi Selatan.

PLTB Sidrap berlokasi di area perbukitan Desa Mattirosari dan Lainungan, Kecamatan Watangpulu, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan, yang menghasilkan kecepatan angin sebesar 7 m/s dari ketinggian 80 meter. 

Jumlah turbin yang akan dibangun total sejumlah 30 turbin, dimana masing plat berkapasitas 2.5 MW WTG pada menara baja setinggi 80 meter. Turbin yang digunakan adalah turbin angin Kelas IIA dengan panjang (jari-jari) baling-baling 57 meter, sehingga total tinggi pembangkit mencapai 137 meter.

Setelah PLTB Sidrap I beroperasi, maka kapasitas terpasang PLTB secara nasional bertambah menjadi 76,1 MW dari tahun lalu yang baru teroptimalkan sebesar 1,1 MW.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sriwijaya Air (Foto Ist)

Selasa, 21 Mei 2019 - 12:00 WIB

Jelang Momen Mudik Lebaran, Sriwijaya Air Buka Tiga Rute Baru

Sriwijaya Air, maskapai penerbangan nasional yang merupakan bagian dari Garuda Indonesia Group siap menyambut datangnya momen mudik Lebaran Idul Fitri 1440 H dengan menyiapkan tiga rute penerbangan…

Budi Hikmat, Kepala Makro Ekonomi dan Direktur Strategi Investasi PT Bahana TCW Investment Management,

Selasa, 21 Mei 2019 - 11:00 WIB

Lonjakan Defisit Neraca Dagang Tuntut Reformasi Struktural

Kabar kurang menggembirakan kembali mengejutkan pasar finansial Indonesia pada pertengahan Mei ini. Tak hanya polemik perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok semakin panas, investor…

Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil, PhD dan Kepala Karantina dan Keamanan Pangan Sarawak, Gasing Anak Nyalu

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:53 WIB

Kementan Capai Kesepakatan bersama Otoritas Serawak Terkait Ekspor

Kuching - Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) jajaki harmonisasi aturan perkarantinaan Indonesia - Sarawak, Malaysia terkait lalu lintas komoditas pertanian di…

Perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIFGROUP) meresmikan Reading Corner di 5 SMK unggulan di 5 kota di Indonesia, Senin (20/5/2019)

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:39 WIB

Tingkatkan Kualitas SDM, FIF Group Resmikan Reading Corner di Lima Kota

Perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIFGROUP) meresmikan Reading Corner di 5 SMK unggulan di 5 kota di Indonesia, Senin (20/5/2019) kemarin.

Perakitan perangkat Xiaomi

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:34 WIB

Xiaomi Pastikan Produksi Lancar Menjelang Momentum Lebaran

Berkomitmen untuk memenuhi tingginya permintaan konsumen di bulan Ramadan, Xiaomi berfokus pada kelancaran proses produksi dan distribusi.