Pembangunan Bandara Kertajati Majalengka Capai 76,6 Persen

Oleh : Herry Barus | Selasa, 19 Desember 2017 - 12:43 WIB

Menhub Optimis Bandara Kertajati Majalengka Operasi 2018 (Foto Ist)
Menhub Optimis Bandara Kertajati Majalengka Operasi 2018 (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pembangunan Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, mencapai 76,6 persen per 10 Desember 2017.

Direktur Utama PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Virda Dimas Ekaputra seusai rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Jakarta, Senin (18/12/2017) mengatakan progres tersebut merupakan capaian sisi darat yang dikerjakan badan usaha milik daerah (BUMD) Jabar itu.

"Sisanya tinggal atap dan terminal saja," katanya.

Virda menuturkan, pembangunan bandara seluas 1.800 hektare itu masih berjalan sesuai target. Dari sisi udara yang jadi tanggung jawab Kementerian Perhubungan, ia menyebut progresnya bahkan telah mencapai 92 persen karena sedianya ditargetkan rampung akhir tahun ini.

"Sekarang baru tahap satu perpanjangan 'runway' 60 m x 2.500 meter. Tahun depan bakal diperpanjang lagi jadi 3.500 meter," ujarnya.

Ada pun pembebasan lahan, menurut dia masih menyisakan kendala meski tidak signifikan.

Virda menjelaskan, salah satu masalah yang masih mengganjal adalah keberadaan "rumah hantu" yang didirikan belum lama oleh masyarakat agar bisa mendapatkan ganti rugi yang lebih besar.

"'Rumah hantu' itu kan didirikan baru-baru saja, itu disepakati tidak diganti. Tapi dalam proses verifikasi di lapangan kan tidak mudah. Ada beberapa yang sebenarnya sudah lama tinggal di situ dan sebagainya jadi ada yang protes. Tapi tidak banyak dan tidak mendominasi," ujarnya seperti dilansir Antara.

Virda berharap, operasional bandara yang kini sudah memiliki 3-Letter Airport Code "KJT" dari IATA tersebut bisa selesai sesuai target pada kuartal pertama 2018.

"Dari sisi kesiapan, kita harap mudah-mudahan April bisa (beroperasi). Pak Menteri kan mengharapkan kuartal pertama. April bisa 'soft launching' dan 'grand launching' Juli untuk haji," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelita Air

Minggu, 28 April 2024 - 15:28 WIB

Pelita Air Tambah Rute Baru Penerbangan Langsung Jakarta-Kendari-Jakarta

Pelita Air (kode penerbangan IP), membuka rute penerbangan baru Jakarta-Kendari-Jakarta (langsung) dengan melakukan penerbangan perdana dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Jakarta (CGK) ke…

Pegadaian Berangkatkan Peserta Program Umrah Akbar

Minggu, 28 April 2024 - 14:54 WIB

Pegadaian Berangkatkan Peserta Program Umrah Akbar

PT Pegadaian memberangkatkan peserta program Umrah Akbar dari beberapa wilayah di Indonesia pada 22, 23 dan 24 April 2024. Khusus untuk Jakarta, para peserta berangkat melalui Bandara Soekarno…

Pakar komunikasi, Anthony Leong

Minggu, 28 April 2024 - 11:34 WIB

Pakar: Sinyal Ahok Maju Pilkada Jakarta Sudah Disiapkan Sebelum Pilpres 2024

Pakar komunikasi, Anthony Leong mengatakan bahwa ada sinyalemen kuat bagi mantan Gubernur Daerah Khusus Jakarta Basuki Tjahaja Purnama untuk kembali maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)…

Wali Kota Solo Gibran dan Pengacara Yusril Kompak Nonton Wayang di Loji Gandrung Solo

Minggu, 28 April 2024 - 11:14 WIB

Wali Kota Solo Gibran dan Pengacara Yusril Kompak Nonton Wayang di Loji Gandrung Solo

Wali Kota Solo dan sekaligus Wakil Presiden RI terpilih, Gibran Rakabuming Raka, hadir dalam acara budaya Pagelaran Wayang Kulit dengan Lakon Semar Kembar Sembrodo Larung di rumah dinas Wali…

Babak Baru MGallery dengan Peluncuran Kampanye Globalnya

Minggu, 28 April 2024 - 10:24 WIB

Babak Baru MGallery dengan Peluncuran Kampanye Globalnya

Para tamu yang mencari pengalaman baru, kini dapat menciptakan "Momen Berkesan dan Bermakna" dengan MGallery, seperti makan malam yang mempesona di landmark Paris yang mempesona atau acara minum…