Terminal Gresik Dapat Konsensi Kepelabuhanan 76 Tahun

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 16 Desember 2017 - 10:45 WIB

Ilustrasi Pelabuhan (Ist)
Ilustrasi Pelabuhan (Ist)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- PT Berlian Manyar Sejahtera (BMS) mendapatkan konsesi untuk melaksanakan pengusahaan jasa kepelabuhanan Terminal Manyar di Pelabuhan Gresik, Jawa Timur, selama 76 tahun.

"Konsesi ini bisa diperpanjang," kata Direktur Kepelabuhanan pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, Chandra Irawan, di Kantor Pemasaran Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik, Jumat. (15/12/2017)

PT BMS merupakan salah satu perusahaan yang dibentuk PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) melalui anak usahanya, yakni PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI) dengan swasta, yakni PT Usaha Era Pratama Nusantara yang merupakan anak usaha PT AKR Corporindo Tbk.

Chandra di sela penandatangan perjanjian konsesi Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Gresik dengan Berlian Manyar Sejahtera tentang Kegiatan Pengusahaan Jasa Kepelabuhanan Terminal Manyar Pelabuhan Gresik berharap konsesi tersebut dapat mendukung kelancaran arus barang dan menekan biaya logistik.

Pelabuhan Gresik yang berada di dekat Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya lokasinya sangat strategis untuk dapat menjadi penghubung kawasan barat dan timur Indonesia.

Oleh karena itu, Kementerian Perhubungan sangat memperhatikan pengembangan dan pembangunan pelabuhan di kawasan ini. Bahkan, rencana induk pembangunan Pelabuhan Tanjung Perak dan Gresik, dijadikan satu.

Terminal Manyar Pelabuhan Gresik merupakan kawasan pelabuhan seluas 350 hektare yang terkoneksi langsung dengan kawasan industri serta pelabuhan laut dalam berakses pasar domestik maupun internasional.

Terminal Manyar dirancang menjadi pelabuhan "multiservice" yang mampu memfasilitasi bongkar muat curah kering, curah cair, general cargo, Ke depan terminal dengan kedalaman -16 low water springs (LWS) ini diharapkan juga akan melayani bongkar muat petikemas.

Dengan kedalaman -16 LWS Terminal Manyar diharapkan dapat melayani kapal-kapal berukuran besar hingga 150.000 deadweight tonnage (DWT). Sedangkan dermaga pertama yang kini sudah terbangun sepanjang 500 meter dengan kedalaman -14 meter. Terminal ini mendapatkan izin operasi sejak Desember 2015.

Sejak dibuka pada Februari 2016, Terminal Manyar mendapat respons yang baik dari pelaku industri, terbukti dengan volume kargo yang ditangani mencapai 1,3 juta ton.

PT BMS yang mengalokasikan investasinya mencapai Rp32 triliun, menurut rencana tahun depan akan menambah panjang dermaga 500 meter. Infrastruktur pendukung kegiatan jasa kepelabuhanan di Terminal Manyar saat ini di antaranya lahan seluas 80 hektare, sedangkan untuk bongkar muat masih mengandalkan "crane" kapal. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Konferensi pers Lamudi.co.id Property Award

Rabu, 07 Desember 2022 - 07:30 WIB

Lamudi.co.id Property Award Bakal Kembali Digelar, Hadirkan 11 Kategori Fenomenal

Ajang penghargaan bergengsi bagi pelaku industri properti di Tanah Air, Lamudi.co.id Property Award (LPA) akan kembali digelar. Lamudi.co.id Property Awards adalah ajang penghargaan tahunan…

Cleo Air Minum (Ist)

Rabu, 07 Desember 2022 - 07:28 WIB

CLEO Dijadwalkan Bangun 3 Pabrik Baru dan Kembangkan Jaringan Distribusi di 2023

PT Sariguna Primatirta Tbk (Tanobel Group) emiten produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dengan IDX ticker code: CLEO:IJ, akan melanjutkan ekspansi agresif Perseroan pada tahun 2023, dengan…

Agenda Business Matchmaking antara Startup dan BUMN pada event Nex-BE Fest 2022 di Bali, pekan lalu.

Rabu, 07 Desember 2022 - 06:42 WIB

Telkom Melalui MDI Ventures dan TMI hasilkan lebih 150 Potensi Sinergi antar BUMN dan Startup

Rangkaian event tahunan ‘Next Billion Ecosystem Festival’ (Nex-BE Fest) besutan MDI Ventures dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) yang merupakan anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero)…

Golden Rama Tours & Travel Persembahkan Tampilan Website Terbaru

Rabu, 07 Desember 2022 - 06:34 WIB

Golden Rama Tours & Travel Persembahkan Tampilan Website Terbaru Guna Memberikan Pelayanan Terbaik Bagi Pelanggannya

Dunia pariwisata dan perjalanan sudah mulai kembali pulih pasca pandemi. Sebuah laporan dari World Travel & Tourism Council yang berbasis di London mengindikasikan industri perjalanan di Asia-Pasifik…

Menteri BUMN Erick Thohir

Rabu, 07 Desember 2022 - 06:12 WIB

Menteri Erick Thohir: BUMN Siap Jadi Pembeli Siaga Bahan Pangan Pokok, Antisipasi Krisis 2023

Kondisi rantai pasok dunia diperkirakan masih terganggu pada tahun depan. Karena itu, salah satu kunci agar bisa bertahan, Indonesia harus mampu menjaga kondisi supply change atau rantai pasok…