Pelindo III Resmi Kelola Pelabuhan JIIPE Gresik

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 16 Desember 2017 - 10:30 WIB

Ilustrasi Terminal Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)
Ilustrasi Terminal Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Perseroan Terbatas Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III resmi mengelola Terminal Manyar Pelabuhan Gresik di kawasan Industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Direktur Utama Berlian Manyar Sejahtera (BMS) Hendiek Eko Herdiantoro di Surabaya kemarin mengatakan resminya Pelindo III mengelola JIIPE setelah dilaksanakan penandatanganan perjanjian konsesi.

Perjanjian itu dilakukan antara Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Gresik yang diwakili Kepala KSOP Agustinus Maun, dengan Badan Usaha Pelabuhan PT BMS, afiliasi usaha BUMN kepelabuhanan, Pelindo III.

"Kami menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Perhubungan beserta jajarannya atas dukungannya dalam percepatan penyelesaian perjanjian konsesi ini," katanya.

Hendiek mengatakan, perjanjian konsesi dilaksanakan sesuai UU. No 17 tahun 2008 tentang pelayaran yang mengatur tentang kegiatan pengusahaan di pelabuhan.

"BMS sebagai afiliasi Pelindo III dan selaku Badan Usaha Pelabuhan (BUP) mendapatkan konsesi di Pelabuhan Gresik selama 76 tahun," katanya.

Sebelumnya, Terminal Manyar Pelabuhan Gresik merupakan kawasan pelabuhan seluas 350 hektare yang terkoneksi langsung dengan kawasan industri dengan pelabuhan laut dalam yang mempunyai akses ke pasar domestik dan internasional.

Kawasan JIIPE dapat meminimalisir biaya logistik yang biasanya terjadi ketika lokasi pelabuhan jauh dari pabrik.

Sebelumnya, Terminal Manyar di kawasan JIIPE juga dirancang menjadi pelabuhan multipurpose yang mampu memfasilitasi bongkar muat curah kering, curah cair, general cargo, dan peti kemas.

Terminal itu, memiliki kedalaman hingga -16 meter Low Water Spring (LWS), dan mampu disadari kapal berukuran besar hingga 150.000 dead weight tonnage (DWT).

Selain itu, sejak dibuka pada Februari 2016 telah mendapatkan pangsa pasar yang baik dari pelaku industri, dan volume kargo pada 2017 telah mencapai 1,3 juta ton.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

(Ki-Ka) Jonathan Walbridge, Komisaris Utama Indonet; Donauly Situmorang, Direktur Indonet; Andy Rigoli, Direktur Utama Indonet pada acara Public Expose PT Indointernet Tbk (Indonet) 2024 yang digelar hari ini, Rabu, 8 Mei 2024

Rabu, 08 Mei 2024 - 18:21 WIB

Top! 3 Dekade Beroperasi, Indointernet (Indonet), Konsisten Mengembangkan Infrastruktur Digital dan Sukses Raih Laba Bersih Tertinggi

Jakarta- PT Indointernet Tbk (Indonet), penyedia infrastruktur digital terkemuka dan terpercaya di Indonesia, berhasil meraih laba bersih sebesar Rp253,26 miliar di tahun 2023, lebih tinggi…

BTN MENGAJAK NASABAH TEMPUH JALUR HUKUM

Rabu, 08 Mei 2024 - 17:54 WIB

BTN Mengajak Nasabah Tempuh Jalur Hukum

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. membuka ruang bagi para nasabahnya untuk menempuh jalur hukum sehingga seluruh keputusan yang diambil berlandaskan hukum yang berlaku.

Suasana Konferensi Pers Acara Puncak HUT Dekranas ke-44 di Press Room Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo),

Rabu, 08 Mei 2024 - 17:51 WIB

Dewan Kerajinan Nasional Indonesia Gelar HUT ke 44 di Solo

Jelang Acara Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-44, Dewan Kerajinan Nasional Indonesia (Dekranas) tengah melakukan berbagai persiapan.

Bidik Potensi Industri Properti di Cirebon, BTN Relokasi Kantor Cabang

Rabu, 08 Mei 2024 - 17:51 WIB

Bidik Potensi Industri Properti di Cirebon, BTN Relokasi Kantor Cabang

Cirebon-Sebagai wujud transformasi sekaligus memperkenalkan logo barunya, PT Bank Tabungan Negara (Persero) menampilkan wajah baru di sejumlah Kantor Cabangnya , termasuk di Cirebon, Jawa Barat.

Presiden Direktur PT Sasa Inti, Dr. Rudolf Tjandra, Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, S.sos, M.Si, dan Founder & CEO Suryanesia, Rheza Adhihusada

Rabu, 08 Mei 2024 - 17:37 WIB

PT Sasa Inti Gandeng Suryanesia Pasang PLTS Atap Berkapasitas 503,125 kWp di Pabrik Probolinggo

PT Sasa Inti (Sasa) meresmikan instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap yang terpasang di pabrik Probolinggo, Jawa Timur dengan kapasitas 503,125 kWp. Pemasangan PLTS atap ini berkolaborasi…