Vihaan Networks Limited Luncurkan Desa Digital, Perusahaan dan Bantuan Bencana di India ASEAN ICT Expo 2017

Oleh : Hariyanto | Rabu, 06 Desember 2017 - 17:22 WIB

Vihaan Networks Limited Luncurkan Desa Digital, Perusahaan dan Bantuan Bencana di India ASEAN ICT Expo 2017
Vihaan Networks Limited Luncurkan Desa Digital, Perusahaan dan Bantuan Bencana di India ASEAN ICT Expo 2017

INDUSTRY co.id -Jakarta - Penyedia peralatan dan telekomunikasi berbasis di India, Vihaan Networks Limited (VNL), memperkenalkan rangkaian solusi terbaru untuk jaringan di wilayah pedesaan, perusahaan, dan bantuan bencana di Indo-ASEAN ICT Expo 2017 yang diadakan di Hotel Shangri-La di Jakarta pada tanggal 6-7 Desember .

“Desa Digital” memberikan pertumbuhan ICT dengan menghadirkan konektivitas selular dan broadband ke wilayah pedesaan dan daerah terpencil. Memobilisasi jaringan perusahaan PBX, dan meningkatkan produktivitas dengan akses  'di mana saja - kapan saja' kepada para pekerja dan pelajar.

ResQMobil memberikan solusi yang tepat waktu dengan perbaikan komunikasi, dan membantu  dalam operasi pencarian dan penyelamatan ketika bencana terjadi.

Kepala Pendiri VNL, Rajiv Mehrotra, mengatakan, proyek Indonesia ini, merupakan kerja sama dengan penyedia layanan satelit Matra Mandiri Prima (MMP) yang berbasis di Indonesia, proyek ini menjadi penanda keberhasilan kami untuk menghubungkan yang belum terhubung. "Langkah pertama yang kami ambil adalah menyediakan konektivitas kepada 15.000 orang di negara ini, dan kami berharap jumlahnya meningkat secara signifikan setiap tahun." katanya di Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Indonesia terus berusaha untuk menyediakan jaringan untuk penduduk pedesaan dan daerah terpencil, karena diperkirakan 8000 desa di seluruh negara kepulauan tersebut masih terbengkalai dengan jaringan.  Proyek VNL  “Desa Digital”  dengan MMP berhasil memperluas konektivitas ke 33 desa terpencil di Papua dan Sulawesi Barat. Langkah ini memang tergolong kecil namun cukup signifikan untuk menjembatani kesenjangan digital di negara kepulauan ini.

VNL juga bekerja sama dengan Bakti, sebuah Universal Service Fund, untuk membantu mewujudkan impian digital Indonesia.  Di India, VNL telah berhasil bermitra dengan USOF, yang juga sebuah Indian Universal Service Fund, untuk menata jaringan seluler terbesar yang ramah lingkungan di kawasanLeft - Wing Extremism, yang berdampak pada lebih dari 22.000 desa, dan siap untuk membawa konektivitas ke Wilayah Timur Laut yang sampai saat ini tidak berhubungan dengan India.  Kami pun telah menorehkan kesuksesan dengan digitalisasi 20 desa di Bhutan, 40 desa di Peru, dan sejumlah desa di Meksiko dan negara-negara di Afrika.

Selain konektivitas pedesaan, VNL terus berinovasi dengan mengembangkan solusi untuk konektivitas perusahaan dan manajemen bencana. Solusi konektivitas perusahaan milik VNL dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dari kedua perusahaan perkotaan dan perusahaan di daerah terpencil dalam bentuk jaringan GSM mandiri atau GSM extention untuk jaringan PBX yang telah ada.  Jenis industri seperti pertambangan dan perkebunan di seluruh Indonesia telah tertarik dengan ini karena akan mendapatkan banyak keuntungan dari platform komunikasi terpadu yang hemat biaya.

VNL juga meluncurkan ResQMobil – sebuah portofolio solusi untuk manajemen bencana yang efektif  di perhelatan ICT Expo di Jakarta. ResQMobil milik VNL ini adalah solusi komunikasi, pencarian, dan penyelamatan darurat yang mudah dibawa, yang sesuai untuk tanggap darurat di lokasi yang terkena bencana dan telah dirancang untuk bekerja dalam berbagai kondisi termasuk bencana alam seperti gempa bumi, badai, banjir dan tsunami.

ResQMobil membantu dengan cepat menyiapkan jaringan seluler mandiri untuk penanggap pertama, pencarian, dan penyelamatan, melalui pelacakan lokasi warga sipil yang terkubur dan terluka, serta sekumpulan informasi di seluruh teknologi dan platform untuk membantu memberikan otoritas informasi yang dapat ditindaklanjuti. Ini adalah solusi paling efektif untuk penanganan bencana yang terjadi akhir-akhir ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil saat musnahkan komoditas Ilegal

Rabu, 17 Juli 2019 - 11:55 WIB

Barantan Gandeng Polri Bidang Pengawasan dan Penegakan Hukum

Jakarta - Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian menjalin kerjasama dengan Kepolisian. Kerjasama dalam bidang pengawasan dan penegakan hukum.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kemenperin, Putu Juli Ardika

Rabu, 17 Juli 2019 - 11:15 WIB

AMMDes Pengumpan Ambulans Jadi Pilot Project di Banten

Kementerian Perindustrian terus mendorong pemanfaatan pada Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) di seluruh daerah Indonesia.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Eko S.A. Cahyanto

Rabu, 17 Juli 2019 - 10:40 WIB

Bikin SDM Industri Kompetitif, Kemenperin Susun Kurikulum Hingga Usul Insentif

Kementerian Perindustrian terus memacu ketersediaan dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) sektor industri. Langkah strategis yang telah dilakukan, salah satunya adalah pelaksanaan pendidikan…

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)/ASDP Ira Puspadewi

Rabu, 17 Juli 2019 - 10:00 WIB

Sinergi Pengembangan Destinasi Pariwisata baru di Bakauheni, Lampung

Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoerdan Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)/ASDP Ira…

Dirjen Bina Konstruksi selaku Ketua Komite K2 Syarif Burhanuddin

Rabu, 17 Juli 2019 - 08:55 WIB

Ini Hasil Evaluasi Komite Keselamatan Konstruksi Atas Peristiwa Runtuhnya Formwork Pierhead Tol BORR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2) dan Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) telah melakukan evaluasi atas…