Presiden Jokowi Mulai Peremajaan Kebun Sawit Sumut

Oleh : Herry Barus | Senin, 27 November 2017 - 15:00 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Serdang Bedagai- Presiden Joko Widodo memulai peremajaan tanaman kelapa sawit di atas lahan seluas 350.000 hektare di Sumatera Utara.

"Luas lahan (kelapa sawit) di Sumut ada 470.000 hektare, yang perlu diremajakan 350.000 hektare, gede sekali dan biaya tidak sedikit tapi harus kita kerjakan, kalau tidak, kita hanya lihat kelapa sawit yang berumur 25-30 tahun tidak produktif, harus diremajakan," kata Presiden Joko Widodo di Desa Kota Tengah, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara pada Senin (27/11/2017) 

Presiden menyampaikan hal itu dalam acara peremajaan sawit rakyat (PSR). Provinsi Sumatera Utara adalah provinsi kedua yang menjalankan program peremajaan sawit rakyat setelah diluncurkan perdana di Sumatera Selatan pada 13 Oktober 2017 Pemerintah akan meremajakan kebun rakyat seluas 9.109,29 hektare di Sumatera Utara.

Kebun rakyat itu tersebar di 12 kabupaten yaitu Serdang Bedagai, Langkat, Labuhan Batu Selatan, Labuhan Batu, Asahan, Batubara, Simalungun, Labuhan Batu Utara, Padan Lawas Utara, Padang Lawas, Deli Serdang dan Tapanuli Tengah.

"Memang tidak berlebihan saat kelapa sawit disebut emas hijau bagi negara kita Indonesia sebab negara kita adalah negara produsen kelapa sawit yang terbesar di dunia. Bukan di Asia atau Asia Tenggara tapi di dunia," tambah Presiden.

Artinya, Indonesia menjadi negara produsen untuk bahan baku sabun, kosmetik, minyak goreng, margarin, industri kulit, farmasi yang semuanya itu berasal dari kelapa sawit.

"Sekarang juga dimulai bahan baku untuk biodiesel nanti untuk mobil, sepeda motor dicampur dengan biodiesel tapi ingat juga menjadi produsen kelapa sawit terbesar artinya kita harus jadi terdepan dalam pengelolaan," ungkap Presiden.

Di bagian pengelolaan itulah, menurut Presiden, Indonesia masih lemah.

"Ada yang punya 5, 10, 100 hektar? Tapi pengelolaan harus diperbaiki. Kita harus kerja keras di sini, bagaimana merawat, memelihara, meremajakan," tambah Presiden.

Pemerintah kemudian berkomitmen untuk meremajakan kebun kelapa sawit milik rakyat yang sudah dimulai di kabupaten Musi Banyuasin seluas 4.100 hektare pada Oktober 2017.

"Di sini luas kelapa sawit 11,9 juta hektare di seluruh Indonesia, yang milik rakyat 4,6 juta dan yang akan kita kerjakan di Sumut 9.109 hektare," kata Presiden.

Luas total kebun kelapa sawit di Indonesia adalah sebanyak 11,9 juta hektare dan 4,6 juta hektare dimiliki oleh rakyat.

"Dari 4,6 juta hektare kalau dikerjakan semuanya paling tidak 185 ribu hektare yang harus kita selesaikan. Ini pekerjaan besar sekali karena berpuluh-puluh tahun tidak ada peremajaan. Semestinya ada skema kredit murah, skema kredit dari perbankan, yang mendukung, mem-back up kelapa sawit milik rakyat ini, ini milik rakyat loh ya sekali lagi jangan dibelokkan ke mana-mana," tegas Presiden.
 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yayasan Enesis Indonesia berkolaborasi dengan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dengan menyediakan healthy kit berupa (Masker, Antis Hand Sanitizer, Plossa minyak aromaterapi eucalyptus, Amunizer Vitamin C 1000mg, Disinfectant Kispray, Adem Sari Vit C Tinggi dan minuman Scrubber untuk menjaga kesehatan usus).

Jumat, 27 November 2020 - 20:46 WIB

Berkolaborasi dengan Transjakarta, Enesis Group Dukung Pemerintah Perkuat Protokol Kesehatan di Masa Pandemi.

Jakarta– Enesis Group meluncurkan kampanye #EnesisSafeTravel untuk mendukung program pemerintah dalam memperkuat protokol kesehatan di masa pandemi.

Ilustrasi pengiriman barang (Doc:Pikiranrakyat)

Jumat, 27 November 2020 - 19:08 WIB

Gandeng Loggis.id, Paketku Tingkatkan Efisiensi dan Layanan

Dalam masa pandemi saat ini, salah satu tantangan pada hampir semua industri adalah melakukan efisiensi dalam berbagai bentuk.

Kantor pusat Pegadaian

Jumat, 27 November 2020 - 18:50 WIB

Pegadaian Panen Penghargaan di Penutupan November 2020

PT Pegadaian (Persero) meraih beberapa penghargaan atas kinerja yang dilakukan, satu di antaranya BUMN Award 2020 kategori Digital Marketing Transformation for Milennial Generation dari Warta…

Suasana diskusi Famara Jakarta di Jakarta, Jumat (27/11/2020).

Jumat, 27 November 2020 - 18:29 WIB

Diskusi Famara: Wujudkan Negara Kesejahteraan dari Advokat, Pakar Hukum: Banyak Advokat Bermain Tidak Jujur

Jakarta – Seluruh advokat di Indonesia harus melaksanakan penegakkan hukum dengan baik dan benar. Kalau advokat melaksanakan penegakkan hukum dengan baik dan benar maka konsep negara kesejahteraan…

Bank DKI bersama warga Rusun Pondok Bambu, Jakarta Timur luncurkan Program Kebun Hidroponik. Program tersebut merupakan Program Corporate Social Responsibility Bank DKI, dan juga upaya menyadarkan masyarakat pentingnya gaya hidup sehat melalui konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan organik.

Jumat, 27 November 2020 - 18:10 WIB

Keren! Bank DKI Ajak Warga Rusun DKI Jakarta Kembangkan Usaha Hidroponik

Jakarta – Ajak masyarakat DKI Jakarta kembangkan usaha hidroponik, Bank DKI bersama warga Rusun Pondok Bambu, Jakarta Timur luncurkan Program Kebun Hidroponik.