Menperin- Ketua Majelis BKI Bahas Sektor Industri Perkapalan Nasional

Oleh : Ridwan | Jumat, 24 November 2017 - 14:48 WIB

Menperin- Ketua Majelis BKI Bahas Sektor Industri Perkapalan Nasional (Foto Ridwan)
Menperin- Ketua Majelis BKI Bahas Sektor Industri Perkapalan Nasional (Foto Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menerima kunjungan dari Ketua Majelis PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) beserta Direktur Utama PT BKI, Rudiyantara di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (24/11/2017).

PT Biro Klasifikasi Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa klasifikasi kapal nasional, survey statutoria, Independent business, dan safety assurance lainnya seperti sertifikasi, infeksi pada bidang-bidang kemaritiman.

"Dengan kebijakan pemerintah tentang pengembangan usaha dan daya saing penyedia jasa logistik nasional, PT BKI mendukung untuk berkontribusi positif dalam mensukseskan kebijakan tersebut," ujar Airlangga Hartarto melalui laman facebooknya @Airlangga Hartarto.

Selain itu, lanjutnya, dalam pertemuan tersebut kami juga berdiskusi mengenai gagasan dalam mensukseskan program Kementerian Perindustrian di bidang sertifikasi kompetensi SDM industri perkapalan, sertifikasi produk industri komponen kapal, industri maritim, dan sertifikasi desain kapal perikanan.

"Industri perkapalan mempunyai peran penting, mengingat karakteristiknya yang padat karya, padat modal dan padat teknologi. Oleh karena itu, perlu penanganan dan perhatian yang serius dari pemerintah sehingga mampu tumbuh dan berkembang," tuturnya.

Menteri Airlangga pun meyakini, industri perkapalan nasional akan semakin berdaya saing di tingkat global sejalan dengan peningkatan kapasitas dan pemanfaatan teknologi terkini.

Untuk itu, Kementerian Perindustrian telah memprioritaskan pengembangan sektor strategis ini karena berkontribusi signifikan bagi perekonomian nasional.

Berdasarkan catatan Kemenperin hingga saat ini, jumlah galangan kapal di Tanah Air sebanyak 250 perusahaan dengan kapasitas produksi sebesar 1 juta DWT per tahun untuk membangun kapal baru dan mampu mencapai 12 juta DWT per tahun untuk reparasi kapal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Langit

Rabu, 18 Mei 2022 - 13:00 WIB

Demi Wujudkan Tujuan Mulia, Panglima Langit akan Menjual 3 Mobil Koleksinya untuk Membangun Masjid

Panglima Langit, ahli penyembuhan alternatif menyatakan tekadnya untuk membangun masjid impiannya empat tahun mendatang. Hal tersebut ditegaskan pria ganteng asal Aceh ini saat bincang dengan…

BPOM (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:35 WIB

Masyarakat Diminta Bijak terhadap Isu Bahaya Mikroplastik

Maraknya pemberitaan isu bahaya mikroplastik pada air kemasan perlu disikapi bijak oleh masyarakat.

Outlet Paris Baguette

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:30 WIB

Lanjutkan Ekspansi, Paris Baguette Buka 4 Outlet

Melanjutkan kesuksesan pembukaan outlet-outlet sebelumnya di pusat kota Jakarta, Erajaya Food & Nourishment meneruskan kembali perluasan footprint-nya dengan membuka empat outlet baru sekaligus…

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:00 WIB

IMI Bersama Pengelola Sirkuit Sentul Terus Matangkan Pengembangan West Java Sentul International Circuit

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama pengelola Sirkuit Internasional Sentul yang dipimpin Tinton Soeprapto mematangkan rencana pengembangan…

Mukhtarudin - Anggota DPR RI Komisi VII

Rabu, 18 Mei 2022 - 11:58 WIB

Neraca Perdagangan Surplus, Anggota Banggar DPR RI: Ini Sinyal Ekonomi RI Kuat

Anggota Banggar DPR RI Mukhtarudin mengatakan surplus neraca perdagangan pada April 2022 yang tercatat 7,56 miliar dolar AS mengindikasikan bahwa penguatan ekonomi Indonesia pada tahun 2022…