Menperin- Ketua Majelis BKI Bahas Sektor Industri Perkapalan Nasional

Oleh : Ridwan | Jumat, 24 November 2017 - 14:48 WIB

Menperin- Ketua Majelis BKI Bahas Sektor Industri Perkapalan Nasional (Foto Ridwan)
Menperin- Ketua Majelis BKI Bahas Sektor Industri Perkapalan Nasional (Foto Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menerima kunjungan dari Ketua Majelis PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) beserta Direktur Utama PT BKI, Rudiyantara di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (24/11/2017).

PT Biro Klasifikasi Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa klasifikasi kapal nasional, survey statutoria, Independent business, dan safety assurance lainnya seperti sertifikasi, infeksi pada bidang-bidang kemaritiman.

"Dengan kebijakan pemerintah tentang pengembangan usaha dan daya saing penyedia jasa logistik nasional, PT BKI mendukung untuk berkontribusi positif dalam mensukseskan kebijakan tersebut," ujar Airlangga Hartarto melalui laman facebooknya @Airlangga Hartarto.

Selain itu, lanjutnya, dalam pertemuan tersebut kami juga berdiskusi mengenai gagasan dalam mensukseskan program Kementerian Perindustrian di bidang sertifikasi kompetensi SDM industri perkapalan, sertifikasi produk industri komponen kapal, industri maritim, dan sertifikasi desain kapal perikanan.

"Industri perkapalan mempunyai peran penting, mengingat karakteristiknya yang padat karya, padat modal dan padat teknologi. Oleh karena itu, perlu penanganan dan perhatian yang serius dari pemerintah sehingga mampu tumbuh dan berkembang," tuturnya.

Menteri Airlangga pun meyakini, industri perkapalan nasional akan semakin berdaya saing di tingkat global sejalan dengan peningkatan kapasitas dan pemanfaatan teknologi terkini.

Untuk itu, Kementerian Perindustrian telah memprioritaskan pengembangan sektor strategis ini karena berkontribusi signifikan bagi perekonomian nasional.

Berdasarkan catatan Kemenperin hingga saat ini, jumlah galangan kapal di Tanah Air sebanyak 250 perusahaan dengan kapasitas produksi sebesar 1 juta DWT per tahun untuk membangun kapal baru dan mampu mencapai 12 juta DWT per tahun untuk reparasi kapal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Chief Business Network Management Officer WOM Finance, Antonius Lijadi (kiri), ketika memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Al Ikhlash di Sumur Batu, Jakarta Pusat, Jumat (17/05/2019).

Senin, 20 Mei 2019 - 04:30 WIB

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, WOM Finance Berbagi Kebaikan

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance, menunjukkan kepeduliannya saat Ramadhan dengan menggelar kegiatan buka bersama dan bakti sosial di 22 masjid di seluruh Indonesia.…

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:40 WIB

Ekspor Produk Manufaktur Masih Tertinggi

Industri pengolahan nonmigas konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap nilai ekspor nasional.