GAPKI dan APKASINDO Tandatangani MOU Pembinaan Kemitraan Permanen

Oleh : Hariyanto | Senin, 06 November 2017 - 12:12 WIB

GAPKI dan APKASINDO Tandatangani MOU Pembinaan Kemitraan Permanen (Ist)
GAPKI dan APKASINDO Tandatangani MOU Pembinaan Kemitraan Permanen (Ist)

INDUSTRY.co.id - Nusa Dua - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) menandatangani nota pemahaman atau memorandum of understanding (MoU) bersama mengenai pembinaan kemitraan permanen. Kerjasama ini diharapkan akan membantu petani dalam peningkatan produktivitas kelapa sawit rakyat.

Kerjasama tersebut ditandatangani langsung oleh Ketua Umum APKASINDO, Anizar Simanjuntak dan Ketua Umum GAPKI, Joko Supriyono, disaksikan pengurus asosiasi yaitu Asmar Arsjad, Sekjen APKASINDO dan Togar Sitanggang, Sekjen GAPKI, di sela-sela IPOC 2017 13th Indonesian Palm Oil Conference and 2018 Price Outlook, di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, Kamis (2/11/2017) lalu.

Anizar Simanjuntak menjelaskan, kemitraan sangatlah penting untuk membantu perbaikan produktivitas petani rakyat. Pasalnya, masih banyak perkebunan sawit rakyat menggunakan benih asalan. “Kemitraan sangatlah dibutuhkan petani rakyat, seperti waktu replanting sekarang,”kata Anizar.

 Wasekjen APKASINDO, Rino Afrino mengatakan, MoU ini menegaskan kedua belah pihak untuk berkomitmen bersama mewujudkan perkebunan kelapa sawit indonesia yang berkelanjutan. Tujuannya kemitraan antar pengusaha dengan petani dapat membantu peningkatan produktivitas dan kesejahteraan petani.

Rino menambahkan, IPOC 2017 menjadi tonggak sejarah bagi perkebunan kelapa sawit rakyat, khususnya APKASINDO sebagai organisasi seluruh petani kelapa sawit di indonesia. IPOC tahun ini sangatlah istimewa bagi APKASINDO karena dapat berpartisipasi sebagai peserta pameran dan pembicara.

“Kami dapat menginformasikan kepada semua pihak mengenai kondisi kemajuan dan tantangan pada perkebunan rakyat indonesia dan perkembangan APKASINDO,” kata Rino.

Saat ini, APKASINDO mempunyai kepengurusan di 21 provinsi dan 140 kabupaten di seluruh Indonesia.” Ke depan, kami akan melakukan penguatan internal organisasi sampai tingkat kecamatan agar petani sawit dapat merasakan program APKASINDO,” ungkap Rino.

Rino mengatakan, APKASINDO tetap butuh dukungan aktif dan kolaborasi dari semua piha mulai pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga pendidikan dan riset, BPDP-KS, GAPKI, dan APKASINDO untuk membantu permasalahan di perkebunan kelapa sawit rakyat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

(kiri-kanan). Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna (dua dari kiri), Direktur Sales PT Telekomunikasi Selular Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur PT Pertamedika Bali Hospital Mochamad Sonny Irawan, Direktur PT Adi Sarana Armada Tbk dan PT Adi Sarana Transportasi Jerry Fandy Tunjungan (paling kanan)

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:36 WIB

Perkuat Ekosistem Halal, BSI Gandeng Mitra Strategis

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus menunjukkan komitmennya dalam memajukan ekosistem halal di Indonesia.

Dari ki-ka: Vice Grand Sheikh of University Al Azhar Cairo Mesir HE. Prof. Dr. Mohammed Abdel Rahman Al-Duweiny, Direktur Utama BSI Hery Gunardi, Komisaris Utama BSI Muliaman D. Hadad, dan Direktur Eksekutif BSI Maslahat Sukoriyanto Saputro saat setelah Seminar International "Collaborative Framework for Holistic Islamic Ecosystem" pada gelaran BSI International Expo di JCC Senayan Jakarta

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:17 WIB

BSI dan Al-Azhar Mesir Satukan Visi untuk Ekosistem Islam yang Berkelanjutan di BSI International Expo

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pengembangan ekosistem Islam di sektor pendidikan melalui kolaborasi strategis dengan Al-Azhar Cairo Mesir.

Membaca nyaring untuk bangun kegemaran anak sejak dini.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:44 WIB

Bangun Kegemaran Membaca Anak Sejak Dini Dengan Membaca Nyaring

Orang tua sebagai model pertama bagi anak-anak dapat mendorong mereka untuk membaca dengan cara yang menyenangkan dan membangun minat terhadap literasi sejak dini lewat membaca nyaring.

BRI masuk 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang dinilai berdasarkan revenue, profit dan aset.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:23 WIB

Kembali Torehkan Prestasi Elite, BRI Jadi Institusi Keuangan No.1 di Indonesia dan Peringkat 4 di Asia Tenggara Dalam Daftar Fortune Southeast Asia 500

Media ekonomi terkemuka dunia, Fortune pada hari Selasa (18/06) mengumumkan daftar Fortune Southeast Asia 500 untuk pertama kalinya. Daftar ini berisikan 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara…

Panandatanganan MoU Sarana Jaya dengan KONI

Jumat, 21 Juni 2024 - 19:15 WIB

Sarana Jaya - KONI Teken MoU Dukung Para Atlet Menuju PON XXI/2024 Aceh - Sumut

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan Sarana Jaya resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang perekrutan atlet berprestasi peraih…