Sumpah Pemuda, Menaker: Kompetensi Pemuda Harus diatas Standar

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 28 Oktober 2017 - 21:36 WIB

Menteri Hanif saat memberikan kuliah akbar di hadapan 5000 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di stadion Sumantri Brojonegoro, Sabtu (28/10/2017).
Menteri Hanif saat memberikan kuliah akbar di hadapan 5000 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di stadion Sumantri Brojonegoro, Sabtu (28/10/2017).

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan M Hanif  Dhakiri berpesan kepada generasi muda untuk meningkatkan daya saingnya dengan belajar dan bekerja keras, terlebih saat ini pemerintah telah mendorong peningkatan akses dan mutu pendidikan berbasis vokasional. Karena untuk memenangkan persaingan global harus memiliki standar di atas rata-rata.

“Generasi muda harus meningkatkan daya saing dengan belajar dan bekerja lebih keras, agar menjadi pribadi yang kompeten. Untuk memenangkan persaingan, syaratnya, kompetensi pemuda Indonesia harus di atas standar. Kalau di atas standar pasti menang," kata Menteri Hanif saat memberikan kuliah akbar di hadapan 5000 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di stadion Sumantri Brojonegoro, Sabtu (28/10/2017).

Dengan mengokohkan daya saing SDM, Menaker meyakini Indonesia akan tumbuh menjadi negara kuat dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang membanggakan.

Dalam acara kuliah akbar dengan tajuk Aksi Kebangsaan Perguruan Tinggi Melawan Radikalisme itu, Menteri Hanif juga mengajak mahasiswa terus menggelorakan semangat kebangsaan dan toleransi, agar persatuan dan kesatuan bisa dikokohkan di atas semua perbedaan.

“Lawan segala bentuk upaya memecah belah bangsa dan berbagai bentuk ekstrimisme dan radikalisme,” serunya. "Persatuan adalah modal bangsa untuk membangun dan menjadi bangsa yang besar. Tidak ada gunanya membangun, kalau kita tidak bersatu. Tidak ada gunanya kita melakukan banyak hal kalau bersatu saja tidak bisa. Apakah Anda para pemuda siap,” tegas Hanif.

"Siaap!," jawab serentak ribuan mahasiswa meski saat berlangsung acara, hujan turun lebat.

Dalam kesempatan tersebut, Menaker juga mengajak mahasiswa untuk melawan berbagai bentuk pemikiran yang ingin memecah belah bangsa.

Di akhir sambutan, Menaker memohon doa kepada mahasiswa agar Presiden Joko Widodo dan seluruh jajarannya diberikan kekuatan untuk mendorong Indonesia menjadi negara maju, damai, dan bisa memberi ruang hidup bagi seluruh rakyatnya sesuai dengan tuntutan zaman.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Puncak Hari Air Dunia ke-32, Menteri Basuki : Tingkatkan Kemampuan Mengelola Air

Senin, 29 April 2024 - 15:36 WIB

Puncak Hari Air Dunia ke-32, Menteri Basuki : Tingkatkan Kemampuan Mengelola Air

Dalam rangka memperingati Hari Air Dunia (HAD) Tahun 2024, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) menyelenggarakan Puncak HAD…

Touring Gass Tipiiss

Senin, 29 April 2024 - 15:04 WIB

Touring Gass Tipiiss Promosikan Pariwisata Padang

Keindahan alam Sumatera Barat rupanya menarik bagi sekelompok orang yang menyukai traveling keliling Indonesia sambil mengendarai motor.

Wellington College Independent School Jakarta (WCIJ) mengumumkan pembukaan resminya pada bulan September 2024.

Senin, 29 April 2024 - 14:48 WIB

Sekolah Terkemuka Inggris, Wellington College, Siap Membuka Cabang Pertamanya di Indonesia

Wellington College Independent School Jakarta (WCIJ) yang merupakan pengembangan Wellington College di Inggris, mengumumkan pembukaan resminya di Jakarta pada bulan September 2024.

PT. Yupi Indo Jelly Gum

Senin, 29 April 2024 - 13:29 WIB

Katakan Tidak pada Bullying

Masa sekolah yang seharusnya menjadi masa yang indah, realitasnya tidak untuk sebagian anak. Masa sekolah menjadi waktu yang penuh dengan ketakutan, kecemasan, dan penderitaan yang disebabkan…

Pavilion Indonesia di EXPOMED EUROSIA 2024

Senin, 29 April 2024 - 11:53 WIB

Siap Dobrak Pasar Eropa, Kemenperin Boyong Sembilan Industri Alat Kesehatan Nasional Mejeng di Turki

Industri alat kesehatan nasional terus berupaya menembus pasar ekspor seiring dengan produk-produknya yang semakin berkualitas dan berdaya saing global. Hal ini diwujudkan lewat keikutsertaan…