Banten Masih Dominasi Ekspor Alas Kaki

Oleh : Fadli | Selasa, 10 Oktober 2017 - 12:48 WIB

Alas Kaki (Ilustrasi)
Alas Kaki (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id -Serang- Provinsi Banten pada Agustus 2017 masih mendominasi ekspor golongan barang alas kaki seperti sepatu dan sandal dibandingkan golongan barang lainnya dengan nilai mencapai 219,51 juta dolar AS.

Alas kaki yang banyak di ekspor ke negara Amerika Serikat itu tiap bulan nilai ekspornya selalu di atas golongan barang lainnya, karena Banten memproduksi alas kaki tersebar disamping Jawa Barat, yang industrinya di Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Banten Agoes Soebeno di Serang, Senin (9/10/2017)

Golongan barang lainnya yang nilai ekspornya tinggi adalah bahan kimia organik serta plastik dan barang dari plastik masing-masing sebesar 93,44 juta dolar AS dan 90,74 juta dolar AS.

Nilai ekspor nonmigas yang yang ada Agustus 2017 mengalami penurunan 0,58 persen dari 989,97 juta dolar AS menjadi 984,21 juta dolar AS, untuk sepuluh golongan barang utama mencapai 680,01 juta dolar AS sementara untuk golongan barang lainnya sebesar 304,20 juta dolar AS.

Seperti dilansir Antara, Ia mengatakan lima dari sepuluh golongan barang ekspor nonmigas utama mengalami penurunan. Sedangkan lima golongan barang utama lainnya terjadi peningkatan. Penurunan tertinggi terjadi pada golongan barang besi dan baja yang mencapai 37,38 juta dolar AS, diikuti golongan tembaga 5,40 juta dolar AS.

Sementara itu, peningkatan nilai ekspor tertinggi dan terendah terjadi pada alas kaki dan mesin/peralatan listrik dengan nilai masing-masing 5,64 juta dolar AS dan 1,14 juta dolar AS.

Ekspor nonmigas sepuluh golongan barang utama untuk Januari - Agustus 2017 memberikan kontribusi 72,06 persen terhadap total ekspor nonmigas.

Nilai ekspor nonmigas untuk sepuluh golongan barang utama tersebut naik 32,31 persen dibanding ekspor nonmigas pada periode yang sama tahun lalu yang mencapai 4.062,89 juta dolar AS.

Kesepuluh golongan barang ekspor nonmigas Januari - Agustus 2017 seluruhnya mengalami peningkatan dibanding periode yang sama tahun lalu. Peningkatan tertinggi berasal dari berbagai makanan olahan dan terendah terjadi pada golongan barang tembaga masing-masing sebesar 1.984,93 juta dolar AS dan 3,03 juta dolar AS, katanya.

Tujuh dari sepuluh golongan barang tersebut, kecuali berbagai makanan olahan, tembaga dan kertas/karton, merupakan golongan barang yang selalu masuk dalam sepuluh golongan barang utama ekspor nonmigas Banten selama satu tahun terakhir, dengan pangsa ekspor nonmigas gabungan tidak pernah kurang dari 59 persen, kata Soebeno.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan mengatakan, keterbukaan informasi menjadi bagian penting, sekaligus tolak ukur dalam menjaga ritme kerja para pegawainya.

Kamis, 26 November 2020 - 05:09 WIB

Kementan Peringkat 1 Badan Publik Paling Informatif dari KIP

Kementerian Pertanian (Kementan) dianugerahi sebagai Kementerian terbaik peringkat 1, dalam mengelola informasi dan komunikasi publik. Ketetapan ini diberikan Komisi Informasi Publik (KIP) setelah…

Satgas Pamtas Yonif 642 Jalankan Protokol Kesehatan Terhadap Pekerja Migran

Kamis, 26 November 2020 - 05:00 WIB

Satgas Pamtas Yonif 642 Jalankan Protokol Kesehatan Terhadap Pekerja Migran

Pengawasan dilakukan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas, Pos Kout Jagoi Babang bersama dengan Karantina Kesehatan Jagoi Babang, Imigrasi Jagoi Babang, Bea Cukai Jagoi Babang dan Babinsa…

Tingkatkan Pemahaman Peraturan Militer Wajib Dimiliki Prajurit TNI

Kamis, 26 November 2020 - 04:30 WIB

Tingkatkan Pemahaman Peraturan Militer Wajib Dimiliki Prajurit TNI

Kapusjaspermildas TNI mengatakan bahwa setelah kembali ke kesatuan masing-masing, para mantan peserta penataran harus mampu menjadi pelopor penerapan Permildas TNI secara baik dan benar dengan…

Diego Maradona (Fotos Ist)

Kamis, 26 November 2020 - 04:29 WIB

Diego Maradona Tinggalkan Lapangan Sepakbola Selamanya

Maradona memenangkan Piala Dunia 1986 untuk Argentina setelah mencetak gol yang fantastis dan kelak membuatnya dikenal sebagai “Tangan Tuhan” ketika melawan Inggris di perempat final.

 Masyarakat Asli Papua Tegas Tolak Keberadaan OPM

Kamis, 26 November 2020 - 04:00 WIB

Masyarakat Asli Papua Tegas Tolak Keberadaan OPM

Dalam kesempatan itu, Jembatan Murib juga mengucapkan terima kasih kepada aparat keamanan yakni TNI-Polri, yang telah memberikan rasa aman kepada masyarakat di Kabupaten Puncak. Sehingga aktivitas…