PLTB Sidrap Akan Perkuat Sistem Kelistrikan Sulsel Menjadi 500 MW Pada 2018

Oleh : Hariyanto | Senin, 02 Oktober 2017 - 11:54 WIB

Ilustrasi PLTB (ist)
Ilustrasi PLTB (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap berkapasitas 75 megawatt (MW) diharapkan mampu melistriki 70 ribu pelanggan di Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan daya listrik rata-rata 900 VA.

PLTB Sidrap yang berlokasi di Watang Pulu, Sindereng Rappang, Sulawesi Selatan, merupakan pembangkit listrik tenaga angin pertama dan terbesar di Indonesia yang memanfaatkan lahan kurang lebih 100 hektar.

General Manager PT PLN  (Persero) Wilayah Sulselrabar, Bob Saril mengatakan, PLTB Sidrap akan memperkuat sistem kelistrikan, sehingga cadangan daya sistem Sulsel akan menjadi 500 MW pada 2018. Pengerjaan pembangunan PLTB Sidrap direncanakan selesai awal 2018.

“Nantinya, listrik yang dihasilkan seharga 11 sen per KWh. Saat ini listrik PLN sudah surplus dan apabila ada pemadaman itu dikarenakan ada pemeliharaan jaringan, bukan kekurangan daya,” kata Bob, Sabtu (30/9/2017)

Sementara, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan saat mengunjungi PLTP Sidrap mengapresiasi pembangunan PLTB Sidrap dan perhatian pemerintah atas bauran energi yang akan terus ditingkatkan.

“Bauran  energi tersebut nantinya akan dimanfaatkan sebagai bahan bakar salah satunya untuk transportasi, yaitu mobil listrik,” ujar Jonan dalam keterangan tertulisnya.

Dalam kunjungan ke PLTP Sidrap, Jonan didampingi Anggota DPR Komisi VII,  Direktur Bisnis PT PLN (Persero) Regional Sulawesi Selatan Syamsul Huda, GM PLN Wilayah Sulselrabar Bob Saril  dan Bupati Sidrap Rusdi Masse.

Kondisi kelistrikan PLN Wilayah Sulselrabar saat ini surplus dengan daya mampu 1.250 MW dan beban puncak mencapai  1.050 MW. Dengan demikian PLN masih memiliki cadangan daya 200 MW yang dapat memasok ke pelanggan.

Seiring dengan sinkronnya beberapa pembangkit baru, pada 2018 PLN Wilayah Sulselrabar akan memiliki cadangan daya 500 MW.

“Oleh karena itu PLN mengajak investor agar jangan ragu berinvestasi di Sulsel karena listrik surplus dan jaringan semakin andal,” ungkap Bob.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CK Fong Presiden Direktur Treasure Bay Bintan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 15:00 WIB

Setahun, Treasure Bay Bintan Dikunjungi 180 Ribu Wisatawan

Objek wisata Treasure Bay yang ada di kawasan wisata Lagoi, Bintan masih menjadi objek wisata unggulan di Pulau Bintan bahkan di Kepri. Pada 2018 saja, resort yang dibangun dilahan seluas 338…

Kota Baru Meikarta Cikarang (Ist)

Jumat, 19 April 2019 - 14:00 WIB

Solusi Hunian Baru, Meikarta Pasarkan Unit Baru Seharga Rp280 Juta

Meikarta, hunian yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat kembali memasarkan unit barunya dengan harga mulai Rp280 juta sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin mencari hunian…

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (Foto PuspenTNI)

Jumat, 19 April 2019 - 13:00 WIB

Aparat Keamanan akan Tindak Tegas Upaya Ganggu Ketetertiban Masyarakat

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan, pihaknya tidak akan memberikan toleransi terhadap pihak-pihak yang berusaha mengganggu keamanan dan ketertiban. Apalagi, bila upaya itu dilakukan…

Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 11:26 WIB

Kapolri Tito Karnavian Pastikan Pelaksanaan Pencoblosan Berlangsung Aman Terkendali

Kepala Kepolisian RI Jenderal Pol Tito Karnavian menyebutkan tidak ada kejadian signifikan yang mengganggu pelaksanaan pencoblosan suara pada 17 April 2019.

Ilustrasi hujan deras. (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 11:19 WIB

Tetap Waspada, Potensi Hujan Lebat Masih akan Terjadi

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan release peringatan dini cuaca terbaru mulai Kamis (18/4/2019) sampai 2 hari kedepan (20/4/2019). Berdasarkan pengamatan BMKG,…