Wujudkan Komitmen Sebagai Solusi Dalam Pembangunan, Holcim Latih Pasukan Kuning Pemprov DKI Jakarta

Oleh : Ridwan | Kamis, 28 September 2017 - 08:46 WIB

Ilustrasi Pasukan Orangen Pemrpov DKI Jakarta
Ilustrasi Pasukan Orangen Pemrpov DKI Jakarta

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Meski belum setenar pasukan ‘warna’warni’ lainnya yang dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta, keberadaan Pasukan Kuning di bawah naungan Dinas Bina Marga berperan besar dalam percepatan pekerjaan-pekerjaan perbaikan infrastruktur di Ibukota seperti jalan dan trotoar yang berlubang yang menimbulkan ketidak nyamanan pengguna
jalan.

Untuk meningkatkan keahlian tim Pasukan Kuning dalam pekerjaannya, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Holcim Indonesia dalam lokakarya di Jakarta, 26 - 27 September 2017 bagi kurang lebih 40 orang yang tergabung dalam Pasukan Kuning.

Pasukan Kuning dibentuk pada tahun 2014 sebagai kelompok yang terdiri atas petugas harian lepasan untuk merapikan atau memperbaiki jalan dan trotoar di jalan-jalan protokol maupun jalan perkampungan. Lokakarya yang diadakan selama dua hari ini, bertujuan untuk memberikan pelatihan mengenai aplikasi dasar bahan bangunan yang baik dan benar untuk mengoptimalkan pekerjaan dan sumber daya yang digunakan.

“Pasukan Kuning dibentuk agar pekerjaan perbaikan dapat diselesaikan lebih cepat dan tidak merugikan masyarakat
yang menggunakan jalan, baik itu pengendara kendaraan maupun pejalan kaki. Membekali mereka dengan pelatihan ini, akan membantu pekerjaan mereka lebih efektif dan efisien dari sisi waktu, material, dan biaya”, ujar Kepala Dinas Bina Marga Pemprov DKI Jakarta. Yusmada Faizal di Jakarta (27/9/2017).

Pelatihan yang diberikan Holcim mencakup peningkatan pengetahuan dan kompetensi Pasukan Kuning mengenai bahan bangunan khususnya aplikasi semen dan beton di tingkat dasar dan lanjutan. Selesai mengikuti pelatihan ini, Holcim juga memberikan sertifikasi kepada peserta sebagai bukti bahwa mereka adalah tenaga terlatih.

“Kami sangat memahami kendala-kendala yang terjadi di lapangan dan bagaimana cara penanggulangannya. Pelatihan ini merupakan bentuk kepedulian Holcim agar mereka dapat menjalankan tugas dengan optimal dalam membantu Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta untuk melayani masyarakat”, kata Aggregates, Infrastructure and Construction Material Director Holcim Indonesia. Marcelo Castro.

Sejak tahun 2014 silam, Holcim telah menjalin kerja sama dengan Dinas Bina Marga dalam berbagai pembenahan sarana infrastruktur yang ada di Jakarta seperti jalur Bus Transjakarta, jalur protokol, jalur pedestrian dan lain-lain. Kepercayaan ini diraih Holcim dari inovasi produk unggulannya seperti beton ultra cepat, SpeedCrete, dan beton berpori, ThruCrete.

“Inovasi-inovasi seperti ini sangat membantu kami dalam proses pembangunan dan revitalisasi infrastruktur di Jakarta. Sangat cepat sehingga sehingga tidak mengganggu aktivitas warga, serta ramah lingkungan”, tutup Yusmada.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

ASTRA Infra grup mengadakan acara media gathering sekaligus berbagi informasi tentang persiapan dan program mudik dengan tema “Inspirasi Mudik 2019 ASTRA Infra di tol Trans Jawa”

Selasa, 21 Mei 2019 - 07:03 WIB

Keputusan Diskon Tarif, Astra Tol: Kami Menunggu Asosiasi Jalan Tol

PT Astra Tol Nusantra selaku operator tol Trans Jawa masih menunggu keputusan dari Asosiasi Jalan Tol Indonesia terkait soal potongan harga atau diskon tarif tol pada saat mudik dan arus balik…

ASTRA Infra grup mengadakan acara media gathering sekaligus berbagi informasi tentang persiapan dan program mudik dengan tema “Inspirasi Mudik 2019 ASTRA Infra di tol Trans Jawa”

Selasa, 21 Mei 2019 - 06:30 WIB

H-5 Puncak Arus Mudik, Waspadai Kenaikan Kepadatan di Tol Tangerang-Merak

Bagi Anda yang ingin merencanakan mudik kali ini menggunakan jalur darat ada baiknya mempersiapkan waktu lebih awal atau seminggu sebelum puncak arus mudik lebaran yang jatuh pada 31 Mei atau…

ASTRA Infra grup mengadakan acara media gathering sekaligus berbagi informasi tentang persiapan dan program mudik dengan tema “Inspirasi Mudik 2019 ASTRA Infra di tol Trans Jawa”

Selasa, 21 Mei 2019 - 05:57 WIB

Mudik 2019, Begini Kesiapan Astra Infra di Tol Trans Jawa

Mudik lebaran merupakan momentum penting bagi masyarakat Indonesia. Terhubungnya ruas jalan tol Trans Jawa pada akhir tahun 2018, semakin mempercepat dan mempermudah pemudik menuju kampung halaman.…

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (Fotos Ist)

Selasa, 21 Mei 2019 - 00:40 WIB

Hasto: Aksi Demo 22 Mei Jangan Ganggu Ketertiban Umum

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengingatkan agar aksi demo yang dilakukan bertepatan dengan pengumuman hasil pemilu presiden 2019 oleh KPU pada 22 Mei, tidak sampai mengganggu…

Presiden Jokowi dan KH Maruf Amin (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 21 Mei 2019 - 00:30 WIB

KPU: Unggul 16,59 Juta Suara, Jokowi-Ma’ruf Unggul di 21 Provinsi

Komisi Pemilihan Umum (KPU), telah menyelesaikan dan menetapkan rekapitulasi hasil suara Pemilu 2019 dari 34 provinsi hingga Senin (19/5/2019) malam. Dari hasil tersebut, paslon capres-cawapres…