Wujudkan Komitmen Sebagai Solusi Dalam Pembangunan, Holcim Latih Pasukan Kuning Pemprov DKI Jakarta

Oleh : Ridwan | Kamis, 28 September 2017 - 08:46 WIB

Ilustrasi Pasukan Orangen Pemrpov DKI Jakarta
Ilustrasi Pasukan Orangen Pemrpov DKI Jakarta

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Meski belum setenar pasukan ‘warna’warni’ lainnya yang dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta, keberadaan Pasukan Kuning di bawah naungan Dinas Bina Marga berperan besar dalam percepatan pekerjaan-pekerjaan perbaikan infrastruktur di Ibukota seperti jalan dan trotoar yang berlubang yang menimbulkan ketidak nyamanan pengguna
jalan.

Untuk meningkatkan keahlian tim Pasukan Kuning dalam pekerjaannya, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Holcim Indonesia dalam lokakarya di Jakarta, 26 - 27 September 2017 bagi kurang lebih 40 orang yang tergabung dalam Pasukan Kuning.

Pasukan Kuning dibentuk pada tahun 2014 sebagai kelompok yang terdiri atas petugas harian lepasan untuk merapikan atau memperbaiki jalan dan trotoar di jalan-jalan protokol maupun jalan perkampungan. Lokakarya yang diadakan selama dua hari ini, bertujuan untuk memberikan pelatihan mengenai aplikasi dasar bahan bangunan yang baik dan benar untuk mengoptimalkan pekerjaan dan sumber daya yang digunakan.

“Pasukan Kuning dibentuk agar pekerjaan perbaikan dapat diselesaikan lebih cepat dan tidak merugikan masyarakat
yang menggunakan jalan, baik itu pengendara kendaraan maupun pejalan kaki. Membekali mereka dengan pelatihan ini, akan membantu pekerjaan mereka lebih efektif dan efisien dari sisi waktu, material, dan biaya”, ujar Kepala Dinas Bina Marga Pemprov DKI Jakarta. Yusmada Faizal di Jakarta (27/9/2017).

Pelatihan yang diberikan Holcim mencakup peningkatan pengetahuan dan kompetensi Pasukan Kuning mengenai bahan bangunan khususnya aplikasi semen dan beton di tingkat dasar dan lanjutan. Selesai mengikuti pelatihan ini, Holcim juga memberikan sertifikasi kepada peserta sebagai bukti bahwa mereka adalah tenaga terlatih.

“Kami sangat memahami kendala-kendala yang terjadi di lapangan dan bagaimana cara penanggulangannya. Pelatihan ini merupakan bentuk kepedulian Holcim agar mereka dapat menjalankan tugas dengan optimal dalam membantu Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta untuk melayani masyarakat”, kata Aggregates, Infrastructure and Construction Material Director Holcim Indonesia. Marcelo Castro.

Sejak tahun 2014 silam, Holcim telah menjalin kerja sama dengan Dinas Bina Marga dalam berbagai pembenahan sarana infrastruktur yang ada di Jakarta seperti jalur Bus Transjakarta, jalur protokol, jalur pedestrian dan lain-lain. Kepercayaan ini diraih Holcim dari inovasi produk unggulannya seperti beton ultra cepat, SpeedCrete, dan beton berpori, ThruCrete.

“Inovasi-inovasi seperti ini sangat membantu kami dalam proses pembangunan dan revitalisasi infrastruktur di Jakarta. Sangat cepat sehingga sehingga tidak mengganggu aktivitas warga, serta ramah lingkungan”, tutup Yusmada.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lukisan Wang Liang Yin, seniman Taiwan

Rabu, 16 Oktober 2019 - 12:00 WIB

Kecantikan Empat Pelukis Wanita Taiwan di WTC 2 Jakarta

PT Jakarta Land mempersembahkan pameran seni yang menggabungkan pemikiran dari 4 (empat) seniman perempuan Taiwan. Pameran Ethereal Minds akan digelar selama sebulan yang akan berlangsung di…

SIBIMA Raih Penghargaan Top 45 SINOVIK 2019

Rabu, 16 Oktober 2019 - 11:42 WIB

SIBIMA Kementerian PUPR Raih Penghargaan Top 45 SINOVIK 2019

Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri Bidang Konstruksi Siap Gapai Pekerjaan (SIBIMA KONSTRUKSI SIGAP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan penghargaan TOP…

Petani di Pasuruan membawa hasil kebun, kacang panjang, sebagai symbol nutrisi

Rabu, 16 Oktober 2019 - 11:05 WIB

Pangan Sehat Tingkatkan Gizi Masyarakat

Jakarta- Hari Pangan Sedunia-HPS (World Food Day) – diperingati setiap tanggal 16 Oktober dengan menyoroti perlunya upaya yang lebih keras untuk mengakhiri kelaparan dan bentuk-bentuk kekurangan…

Ilustrasi kredit perbankan

Rabu, 16 Oktober 2019 - 10:53 WIB

Diperkirakan Kredit Naik Pada Kuartal IV 2019

Jakarta - Survei Perbankan Bank Indonesia mengindikasikan pertumbuhan triwulanan kredit baru melambat pada triwulan III-2019 dan diprakirakan kembali meningkat pada triwulan IV-2019. Perkembangan…

Perum Jamkrindo di Bali

Rabu, 16 Oktober 2019 - 10:44 WIB

Jamkrindo Raih Dua Penghargaan Global Perfomance Excellence Award 2019

Denpasar – Perum Jamkrindo meraih dua penghargaan bertaraf internasional sekaligus dalam Global Perfomance Excellence Award (GPEA) 2019 yang diselenggarakan di Bali.