Wujudkan Komitmen Sebagai Solusi Dalam Pembangunan, Holcim Latih Pasukan Kuning Pemprov DKI Jakarta

Oleh : Ridwan | Kamis, 28 September 2017 - 08:46 WIB

Ilustrasi Pasukan Orangen Pemrpov DKI Jakarta
Ilustrasi Pasukan Orangen Pemrpov DKI Jakarta

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Meski belum setenar pasukan ‘warna’warni’ lainnya yang dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta, keberadaan Pasukan Kuning di bawah naungan Dinas Bina Marga berperan besar dalam percepatan pekerjaan-pekerjaan perbaikan infrastruktur di Ibukota seperti jalan dan trotoar yang berlubang yang menimbulkan ketidak nyamanan pengguna
jalan.

Untuk meningkatkan keahlian tim Pasukan Kuning dalam pekerjaannya, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Holcim Indonesia dalam lokakarya di Jakarta, 26 - 27 September 2017 bagi kurang lebih 40 orang yang tergabung dalam Pasukan Kuning.

Pasukan Kuning dibentuk pada tahun 2014 sebagai kelompok yang terdiri atas petugas harian lepasan untuk merapikan atau memperbaiki jalan dan trotoar di jalan-jalan protokol maupun jalan perkampungan. Lokakarya yang diadakan selama dua hari ini, bertujuan untuk memberikan pelatihan mengenai aplikasi dasar bahan bangunan yang baik dan benar untuk mengoptimalkan pekerjaan dan sumber daya yang digunakan.

“Pasukan Kuning dibentuk agar pekerjaan perbaikan dapat diselesaikan lebih cepat dan tidak merugikan masyarakat
yang menggunakan jalan, baik itu pengendara kendaraan maupun pejalan kaki. Membekali mereka dengan pelatihan ini, akan membantu pekerjaan mereka lebih efektif dan efisien dari sisi waktu, material, dan biaya”, ujar Kepala Dinas Bina Marga Pemprov DKI Jakarta. Yusmada Faizal di Jakarta (27/9/2017).

Pelatihan yang diberikan Holcim mencakup peningkatan pengetahuan dan kompetensi Pasukan Kuning mengenai bahan bangunan khususnya aplikasi semen dan beton di tingkat dasar dan lanjutan. Selesai mengikuti pelatihan ini, Holcim juga memberikan sertifikasi kepada peserta sebagai bukti bahwa mereka adalah tenaga terlatih.

“Kami sangat memahami kendala-kendala yang terjadi di lapangan dan bagaimana cara penanggulangannya. Pelatihan ini merupakan bentuk kepedulian Holcim agar mereka dapat menjalankan tugas dengan optimal dalam membantu Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta untuk melayani masyarakat”, kata Aggregates, Infrastructure and Construction Material Director Holcim Indonesia. Marcelo Castro.

Sejak tahun 2014 silam, Holcim telah menjalin kerja sama dengan Dinas Bina Marga dalam berbagai pembenahan sarana infrastruktur yang ada di Jakarta seperti jalur Bus Transjakarta, jalur protokol, jalur pedestrian dan lain-lain. Kepercayaan ini diraih Holcim dari inovasi produk unggulannya seperti beton ultra cepat, SpeedCrete, dan beton berpori, ThruCrete.

“Inovasi-inovasi seperti ini sangat membantu kami dalam proses pembangunan dan revitalisasi infrastruktur di Jakarta. Sangat cepat sehingga sehingga tidak mengganggu aktivitas warga, serta ramah lingkungan”, tutup Yusmada.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Selasa, 18 Februari 2020 - 15:40 WIB

Genjot Program Santripreneur, Kemenperin Siapkan Anggaran Capai Rp10 Miliar

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) semakin gencar menciptakan wirausaha baru di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) melalui program…

Presiden Direktur BCA Syariah Jhon Kosasih bersama direksi lainnya

Selasa, 18 Februari 2020 - 15:25 WIB

2020, Pertumbuhan BCA Syariah Dibidik 15 Persen

PT. Bank BCA Syariah (BCA Syariah) komitmen untuk menjalankan fungsi intermediasi secara optimal dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian.

Elnusa Petrofin

Selasa, 18 Februari 2020 - 15:23 WIB

Elnusa Petrofin Dukung Peningkatan Keselamatan Distribusi BBM

PT Elnusa Petrofin (EPN) terus melakukan terobosan untuk menjaga dan meningkatkan faktor keselamatan khususnya dalam menghantarkan BBM Pertamina ke seluruh pelosok negeri mencakup keselamatan…

Direktur Jenderal International Rice Research Institute (IRRI), Matthew Morell

Selasa, 18 Februari 2020 - 15:09 WIB

Anggota IRRI Tertarik Terapkan Agriculture War Room

Direktur Jenderal International Rice Research Institute (IRRI), Matthew Morell mengunjungi Agriculture War Room (AWR) Kementerian Pertanian, Selasa (18/2).

Rupiah (Foto/Rizki Meirino)

Selasa, 18 Februari 2020 - 15:01 WIB

Komposisi Pembiayaan BCA Syariah Terbesar ke Komersil

Penyaluran pembiayaan BCA Syariah di Desember 2019 mencapai Rp5,6 triliun atau meninggat 15,2% secara yoy sementara industri perbankan syariah tumbuh 11,6% yoy (data November 2019).