GAPKI Gandeng NGO Internasional Selesaikan Problem Tenaga Kerja Sawit

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 19 September 2017 - 23:14 WIB

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia Gandeng LSM Belanda SNV Netherland Development
Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia Gandeng LSM Belanda SNV Netherland Development

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) menjajaki kerja sama dengan organisasi buruh internasional (ILO) dan LSM Belanda SNV Netherland Development untuk mengkampanyekan isu-isu positif industri sawit Indonesia di dunia internasional.

"Tujuannya untuk menepis kampanye negatif mengenai industri sawit. Tidak ada gunanya hubungan industrial yang sehat tapi bisnisnya mati," kata Ketua Bidang Tenaga Kerja Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Sumarjono Saragih dikantornya di Sudirman Park,  Selasa (19/9/2017).

Lanjutnya, Sekitar bulan Oktober, Kata Sumarjono akan melakukan workshop untuk mendengar masukan dari pekerja dan setelah itu dilakukan kampanye terkait peraturan pekerjaan.

Katanya lagi, berdasarkan data Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2015 jumlah pekerja pada industri sawit sebanyak 7,9 juta orang. Dari angka tersebut sebanyak 30 persen merupakan pekerja dari industri yang tergabung dalam Gapki.

"Hal tersebut membuat isu ketenagakerjaan yang selama ini berkembang terjawab." tambahnya. Ia mengakui moratorium yang menyerang industri sawit Indonesia menghambat ekspansi industri sawit.

"Jika sawit terus diintimidasi, cepat atau lambat kemungkinan akan ada pengurangan lapangan kerja," tambahnya.

Ia berharap hal ini akan dapat melawan kampanye hitam yang terus menekan industri sawit Indonesia. Gapki pun berharap agar pemerintah juga dapat bergerak, dengan melakukan berbagai upaya sosialisasi agar stigma negatif terhadap industri minyak sawit dari dunia internasional, dapat diminimalisir

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Apacer AC633 USB 3.1

Senin, 27 Mei 2019 - 14:01 WIB

Pamerkan Portofolionya, Apacer Resmikan Program Terbaru di Computex Taipei 2019

Apacer, produsen storage kelas industri terkemuka di dunia hadir di COMPUTEX TAIPEI 2019 dan meresmikan program terbarunya “Welcoming Intelligent Connectivity” (Menyambut Konektivitas…

Penyanyi Pendatang Baru Gabriella Larasati membawakan Ost Dont Run Away

Senin, 27 Mei 2019 - 14:00 WIB

Gabriella Larasati Jadi Debutan Super Media Music

PT Super Media Produksi, sebuah rumah produksi Film yang didirikan pada mei 2018, oleh Unchu Viejay dan Adi Garing, yang dikenal, dengan karya perdana film horror berjudul don’t run away.…

Kolaborasi Alodokter dan Century

Senin, 27 Mei 2019 - 13:42 WIB

Alodokter Gandeng Century Ciptakan Sinergi Layanan Kesehatan

Kolaborasi ini memiliki visi untuk menciptakan sinergi layanan kesehatan terbaik yang memberikan banyak keuntungan bagi keluarga muda modern Indonesia.

Gelaran Unlock Your Creativity

Senin, 27 Mei 2019 - 12:19 WIB

Segera Meluncur di Indonesia, OPPO Ajak Konsumen Cicipi Smartphone Teranyar Reno Series

OPPO menggelar acara “Unlock Your Creativity” untuk memberikan kesempatan awal kepada konsumen dalam mencoba produk terbaru OPPO Reno Series, sebelum resmi diluncurkan di Indonesia.

 PT Pegadaian (Persero)

Senin, 27 Mei 2019 - 12:08 WIB

Kinerja Gemilang, Pegadaian Setor Dividen Rp.1,387 Triliun

Hal tersebut tertuang dalam Keputusan RUPS tentang Persetujuan Laporan Keuangan Tahunan Tahun Buku 2018 dan Pengesahan Laporan Keuangan Tahun 2018 PT Pegadaian (Persero) yang ditetapkan dalam…