Skema Pembiayaan Dua Proyek Infrastruktur Jadi Contoh

Oleh : Herry Barus | Rabu, 13 September 2017 - 09:17 WIB

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat (dok INDUSTRY.co.id)
Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat (dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan skema pembiayaan dua proyek infrastruktur, yakni Bandara Kertajati dan LRT Jabodebek, patut menjadi contoh yang baik dalam menggarap proyek infrastuktur di Indonesia.

Budi ditemui di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Selasa (12/9/2017) mengatakan skema pembiayaan di dua proyek tersebut tidak membebani anggaran Pemerintah Pusat sehingga layak dicontoh dalam proyek infrastruktur lainnya.

Untuk proyek pembangunan Bandara Kertajati di Kabupaten Majelangka, Jawa Barat, misalnya, skema pembiayaan ditanggung bersama pemerintah daerah dengan tambahan galangan dana dari investor melalui reksa dana penempatan terbatas (RDPT).

"Ini skema bisnis yang baik, menunjukkan bahwa pusat dan daerah bersama dan bisa menggalang investor secara bertahap. Skema ini bisa jadi model yang bisa kita buat di tempat lain," katanya.

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu juga menuturkan skema tersebut diharapkan dapat mendorong pemerintah daerah lain untuk membangun infrastruktur tanpa membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Pemerintah (APBN).

"Semua pemda mampu melakukan. Karena tidak mungkim pemerintah pusat menyelesaikan proyek-proyek di daerah," katanya.

Demikian pula halnya dengan proyek kereta ringan (LRT) Jabodebek di mana pemerintah tidak sepenuhnya membiayai, melainkan hanya membantu memperkuat ekuitas perseroan melalui penyertaan modal negara (PMN). Sisa anggaran yang dibutuhkan untuk membangun sarana dan prasarana akan disokong oleh pinjaman perbankan.

"Skema ini jadi dua skema yang baik, Kertajati dan LRT Jabodebek. Jadi ada dua skema pembiayaan yang cukup rumit tapi bisa diselesaikan, dan ini baik," tukasnya.

Sebelumnya, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan juga menyebut proyek LRT Jabodebek yang diklaim telah melalui sejumlah upaya efisiensi diharapkan bisa jadi contoh untuk proyek serupa di kota lain.

Efisiensi proyek transportasi massal itu dilakukan dengan berbagai cara agar pendapatan bisnisnya juga dapat ditingkatkan. Selain lebih efisien, Luhut mengklaim skema tersebut akan lebih menarik bagi pihak swasta untuk ikut berinvestasi di dalamnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

103 Warga Korban Banjir dan Tanah Longsor dari Tiga Desa Terisolir Berhasil di Evakuasi

Rabu, 08 Mei 2024 - 04:18 WIB

103 Warga Korban Banjir dan Tanah Longsor dari Tiga Desa Terisolir Berhasil di Evakuasi

Sebanyak 103 orang yang terdiri lansia, anak-anak dan warga yang sakit berhasil di evakuasi dari tiga Desa terisolir seperti Desa Rante Balla, Desa Pajang dan Desa Tibusan Kecamatan Latimojong,…

Panglima TNI Hadiri Undangan Pelayaran Wisata Kehormatan (Barge Tour) Komandan USINDOPACOM.

Rabu, 08 Mei 2024 - 04:13 WIB

Panglima TNI Hadiri Undangan Pelayaran Wisata Kehormatan (Barge Tour) Komandan USINDOPACOM.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto berkesempatan memenuhi undangan pelayaran wisata kehormatan (Barge Tour) yang diselenggarakan oleh Komandan USINDOPACOM Admiral Samuel J Paparo,

Stasiun Bakamla Bali Berikan Pembinaan Rapala (foto Humas Bakamla RI)

Rabu, 08 Mei 2024 - 04:07 WIB

Stasiun Bakamla Bali Berikan Pembinaan Rapala

epala Zona Bakamla Tengah Laksma Bakamla Octavianus Budi Susanto, S.H., M.Si., M.Tr.Opsla., secara resmi membuka kegiatan Pembinaan 30 orang Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala) Bakamla RI…

dr. Beatrix Isabella Tjahyana Dipl.AAAM, Founder & CEO BeArt Korean Skin Clinic menjelaskan perkembangan teknologi laser untuk perawatan kecantikan di Indonesia.

Selasa, 07 Mei 2024 - 23:43 WIB

Perawatan Kecantikan Dengan Laser, BeArt Korean Skin Clinic Hadirkan Metode Terbaru Dari Amerika

Salah satu jenis perawatan dengan metode laser yang menjadi populer dan diterapkan klinik BeArt yaitu dengan menggunakan mesin face lifting dari Amerika.

Pelatihan Membaca Nyaring di hadapan pustakawan, guru sekolah dan orang tua di Sumatera Utara

Selasa, 07 Mei 2024 - 22:58 WIB

Pentingnya Teknik Membaca Nyaring Pada Anak Sejak Dini

Anak yang sering dibacakan nyaring dan diajak berbicara oleh ibu bapaknya secara tidak langsung membantu stimulasi kemampuan kognitifnya berkembang lewat suara.