Apresiasi Kepemilikan 51 persen Saham Freeport

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 02 September 2017 - 15:20 WIB

Tambang Freeport (dok Freeport-Mcmooran)
Tambang Freeport (dok Freeport-Mcmooran)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Wakil Ketua Komisi VII DPR Satya Widya Yudha menyampaikan apresiasinya terhadap Pemerintah karena dinilai telah berhasil bernegoisasi baik dengan PT Freeport Indonesia terkait kepemilikan saham sebesar 51 persen Indonesia.

"Kami mengapresiasi kebijakan Presiden Jokowi atas 51 persen saham Freeport. Pajak pemerintah juga tidak terkurangi, dan pemerintah bisa menggunakan haknya dari KK (Kontrak Karya) ke IUPK (Izin Usaha Pertambangan Khusus) PT Freeport," ujarnya dalam rilis yang diterima redaksi, sabtu (2/9).

Sementara itu, Anggota Komisi VII DPR dari partai Nasdem, Kurtubi juga menyampaikan apresiasi yang sama atas keberhasilan negosiasi yang dilakukan pemerintah.

Menurut Kurtubi, keberhasilan dimaksud terutama dalam hal ketersediaan Freeport meninggalkan KK dan mau mengikuti IUPK.

Apresiasi dan ucapan terimakasih juga datang dari anggota DPD RI asal Papua, Charles Simare Mare. Menurutnya, Presiden Jokowi telah berhasil dalam negoisasi aset negara atas 51 persen divestasi saham Freeport, dan Ia berharap,  agar hasil tersebut dapat dinikmati juga oleh masyarakat Papua.

Perlu diketahui, Freeport-McMoran setuju melakukan divestasi kepemilikannya di PTFI berdasarkan harga pasar yang wajar sehingga kepemilikan Indonesia atas saham PTFI akan menjadi 51 persen.

PTFI akan merubah bentuk Kontrak Karya menjadi suatu izin khusus (IUPK) yang akan memberikan hak-hak operasi jangka panjang bagi PTFI hingga 2041.

Dan Pemerintah akan memberikan jaminan kepastian fiskal dan hukum selama jangka waktu IUPK tersebut. Serta PTFI diminta berkomitmen membangun smelter baru di Indonesia dalam lima tahun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

B20 Sustainability 4.0 Awards Pertama di Indonesia Resmi Digelar

Rabu, 18 Mei 2022 - 13:16 WIB

B20 Sustainability 4.0 Awards Pertama di Indonesia Resmi Digelar

Untuk pertama kalinya B20 Sustainability 4.0 Awards digelar untuk meningkatkan pengembangan praktik keberlanjutan di lingkup korporasi di Indonesia. Penghargaan ini diharapkan dapat memperkuat…

Panglima Langit

Rabu, 18 Mei 2022 - 13:00 WIB

Demi Wujudkan Tujuan Mulia, Panglima Langit akan Menjual 3 Mobil Koleksinya untuk Membangun Masjid

Panglima Langit, ahli penyembuhan alternatif menyatakan tekadnya untuk membangun masjid impiannya empat tahun mendatang. Hal tersebut ditegaskan pria ganteng asal Aceh ini saat bincang dengan…

BPOM (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:35 WIB

Masyarakat Diminta Bijak terhadap Isu Bahaya Mikroplastik

Maraknya pemberitaan isu bahaya mikroplastik pada air kemasan perlu disikapi bijak oleh masyarakat.

Outlet Paris Baguette

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:30 WIB

Lanjutkan Ekspansi, Paris Baguette Buka 4 Outlet

Melanjutkan kesuksesan pembukaan outlet-outlet sebelumnya di pusat kota Jakarta, Erajaya Food & Nourishment meneruskan kembali perluasan footprint-nya dengan membuka empat outlet baru sekaligus…

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:00 WIB

IMI Bersama Pengelola Sirkuit Sentul Terus Matangkan Pengembangan West Java Sentul International Circuit

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama pengelola Sirkuit Internasional Sentul yang dipimpin Tinton Soeprapto mematangkan rencana pengembangan…