Temui Menperin Airlangga, Gubernur Aichi Perfector Bahas Penguatan Kerja Sama Industri

Oleh : Ridwan | Senin, 21 Agustus 2017 - 18:40 WIB

Temui Menperin Airlangga, Gubernur Aichi Perfector Bahas Penguatan Kerja Sama Industri
Temui Menperin Airlangga, Gubernur Aichi Perfector Bahas Penguatan Kerja Sama Industri

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto hari ini (21/8/2017) menerima kunjungan Governor Aichi Prefecture, Hideaki Ohmura beserta Delegasi Jepang di Kantor Kemenperin, Jakarta.

"Dalam pertemuan tersebut mereka membahas mengenai keinginan mereka membuat kantor perwakilan di Indonesia," ungkap Airlangga seusai menerima kunjungan Governor Aichi beserta Delegasi Jepang.

Ia menambahkan, Aichi Perfector itu meruoakan daerah sentral di Jepang. Disana adalah tempat lnya industri otomotif seperti Toyota dan industri komponen otomotif seperti Denso.

Lebih lanjut Menperin menambahkan, tujuan ini untuk memperkuat hubungan industrinya dan mereka akan mendorong bisnis matching antar usaha-usaha yang ada di Aichi tersebut.

"Karena mereka disini banyak bisnisnya, mereka ingin  memudahkan fasilitas bisnis perusahaan-perusahaan yang di Aichi Perfecto. Perusahaan itu kalau dari total investasi Jepang, kira-kira sepertiga dari Provinsi Aichi," tambahnya.

Nantinya, lanjut Airlangga, kantor itu akan memfasilitasi dan meningkatkan investasi baik yang sudah masuk maupun yang akan masuk ke Indonesia. "Kalau mereka kan perlu ada perwakilan pemerintah untuk memfasilitasi bisnis baik untuk Indonesia maupun untuk pemerintahannya di Jepang," imbuh Airlangga.

Selain membuka kantor perwakilan di Indonesia, Airlangga menambahkan, mereka juga berharap ada penerbangan langsung dari Jakarta menuju ke Kota Chubo di Jepang. "Karena tenaga kerja Indonesia juga paling banyak di Nagoya, jadi mereka menginginkan ada penerbangan langsung dari Jakarta ke Kota Chubo di Jepang," sebut Menperin.

Selain industri otomotif, lanjut Airlangga, mereka juga akan mendorong industri Medium Size Company. "Kalau medium size company itu adakah industri yang membutuhkan kehadiran dari pada perwakilan, agar fasilitasnya lebih mudah. Oleh karena itu, mereka akan membuat kantor perwakilan di Indonesia agar dapat memfasilitasi bisnis mereka kedepannya," pungkas Airlangga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fintech (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 11:17 WIB

Koku Raih Pendanaan Pra-Seri A Sebesar US$2 Juta Dari Co-Founder Tencent

Pendanaan Pra-Seri A ini dipimpin oleh Jason Zeng, Co-founder Tencent Holdings dan pendiri perusahaan angel investment asal China, Decent Capital.

Perkebunan kelapa

Sabtu, 20 April 2019 - 11:05 WIB

Kemenperin Pastikan Bisnis Industri Olahan Kelapa di Indonesia Masih Sangat Prospektif

Bisnis industri pengolahan kelapa di Indonesia masih prospektif dan terus berkembang di beberapa wilayah seperti Riau, Sulawesi Utara, Gorontalo, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, dan…

Oppo F11 Pro (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 10:59 WIB

Masa Pre-order Selesai, Smartphone Oppo F11 Sudah Tersedia di Pasar Indonesia

Perangkat Oppo F11 menjadi favorit karena kemampuan kamera belakangnya untuk mengambil foto portrait memukau dalam gelap, memori besar, pengisian daya cepat, serta harganya yang cukup terjangkau,…

Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian YLKI

Sabtu, 20 April 2019 - 10:32 WIB

Peringati Harkonas, YLKI Minta Pemerintah Serius Lindungi Konsumen

Setiap 20 April, diperingati sebagai Hari Konsumen Nasional, atau Harkonas yang tak bisa dilepaskan dari UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK). Pasalnya Harkonas mengacu pada…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Sabtu, 20 April 2019 - 10:05 WIB

Kemenperin Pacu Hilirisasi Komoditas Kelapa Terpadu dari Jambi Sampai Gorontalo

Kementerian Perindustrian semakian giat memacu hilirisasi komoditas kelapa agar menjadi produk industri dalam negeri yang bernilai tambah tinggi.