ExportHub.id Dorong Daya Saing UMKM Binaan BI DKI Jakarta Melalui Business Matching Internasional

Oleh : Hariyanto | Senin, 26 Mei 2025 - 17:18 WIB

Business Matching Internasional ExportHub.id
Business Matching Internasional ExportHub.id

INDUSTRY.co.id - Jakarta - ExportHub.id mengambil peran aktif dalam memperkuat potensi ekspor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan Bank Indonesia melalui koneksi ke pasar internasional. Dalam kegiatan business matching yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta (KPwBI DKI Jakarta) Pada Kamis, 22 Mei 2025 ,di Hotel DoubleTree by Hilton Jakarta Pusat, ExportHub.id hadir sebagai mitra strategis untuk memperluas akses pasar global bagi UMKM terkurasi.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Bapak Mursidi, Kepala Tim Fungsi Pelaksanaan Pengembangan UMKM, Keuangan Inklusif, dan Syariah KPwBI DKI Jakarta. Dalam sambutannya, Bapak Mursidi menekankan pentingnya kolaborasi antar-stakeholder untuk memperkuat daya saing UMKM, khususnya dalam menembus pasar ekspor. Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan business matching ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Bank Indonesia dalam mendorong UMKM binaan naik kelas dan siap bersaing secara global.

Business matching ini merupakan tindak lanjut dari Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan pada 8 Mei 2025. Kegiatan ini menjadi momentum penting untuk menjembatani pelaku UMKM dengan calon buyer potensial dari dalam dan luar negeri. UMKM yang lolos kurasi tidak hanya berkesempatan mempresentasikan produknya, tetapi juga dapat dipromosikan melalui kanal internasional seperti Alibaba.com dan jaringan importir dari berbagai negara yang telah bermitra dengan ExportHub.id.

ExportHub.id yang diwakili oleh Ghafran Cakradiwirya (Global Supply Management) dan Roes Ediarto (Business Development) memberikan paparan penting seputar kesiapan UMKM dalam menghadapi pasar global. Ghafran menegaskan bahwa sertifikasi menjadi syarat mutlak agar produk UMKM bisa diterima secara internasional. “Namun lebih dari sekadar sertifikasi, pelaku UMKM harus memiliki pemahaman mendalam terhadap tiga aspek utama QCD, yaitu Quality, Cost, dan Delivery,” ujar Ghafran.

Menurutnya, aspek kualitas tidak hanya soal mutu bahan, tetapi juga harus mencerminkan keunikan atau unique selling point (USP) dari produk. Harga yang bersaing akan menentukan posisi produk di pasar yang kompetitif, sementara aspek delivery mencakup kemampuan untuk menyediakan produk dalam jumlah memadai, secara berkelanjutan, dan tepat waktu.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Cut Gumay dari PT Perishable Logistik Indonesia (PLI), bagian dari ATT Group, yang memiliki pengalaman panjang dalam logistik produk ekspor, khususnya untuk komoditas perishable seperti produk makanan dan pertanian. Kehadiran PLI menjadi nilai tambah dalam memperkuat pemahaman UMKM terhadap pentingnya aspek logistik dan cold chain dalam menjaga kualitas produk selama pengiriman ke pasar luar negeri.

Dengan dukungan Bank Indonesia, kolaborasi ini diharapkan mendorong UMKM binaan untuk meningkatkan daya saing secara holistik—tidak hanya dari sisi produk, tetapi juga dari sisi manajemen usaha dan orientasi pasar ekspor. Kehadiran dua perwakilan dari masing-masing UMKM dalam kegiatan ini menjadi bagian dari strategi penguatan kapasitas SDM pelaku usaha.

UMKM yang berhasil menarik minat buyer potensial akan masuk ke tahap pendampingan lanjutan, termasuk pelatihan ekspor, penguatan kapasitas produksi, dan perluasan promosi digital lintas negara. Program ini juga memberikan peluang nyata bagi UMKM untuk mendapatkan akses langsung ke ekosistem dagang global secara berkelanjutan.

Melalui sinergi antara Bank Indonesia, ExportHub.id, dan mitra pendukung seperti PT Perishable Logistik Indonesia, UMKM Indonesia diharapkan tidak hanya naik kelas di pasar domestik, tetapi juga mampu bersaing secara profesional di ranah internasional, membawa semangat ekspor yang inklusif, berdaya saing, dan berkelanjutan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pegadaian Raih Penghargaan di Ajang Indonesia Regulatory Compliance Awards 2025

Senin, 28 Juli 2025 - 13:35 WIB

Pegadaian Raih Penghargaan di Ajang Indonesia Regulatory Compliance Awards 2025

PT Pegadaian kembali menorehkan prestasi membanggakan di tingkat global. Dalam ajang bergengsi The 20th Annual Next Generation Contact Center & CX Best Practices 2025, Pegadaian berhasil meraih…

Kepala Biro Humas Kemenperin, Alexandra Arri Cahyani (tengah) saat Media Briefing Industrial Festival 2025

Senin, 28 Juli 2025 - 13:20 WIB

Ajak Generasi Muda Majukan Industri Nasional, Kemenperin Kembali Gelar Industrial Festival 2025

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali menghadirkan Industrial Festival sebagai salah satu agenda strategis tahunan yang ditujukan untuk mendekatkan dunia industri kepada generasi muda…

ilustrasi: pt techno9 indonesia tbk (nine), sumber: marketnews.id

Senin, 28 Juli 2025 - 13:01 WIB

Proses Akuisisi Sebanyak 70% Saham NINE Dipatok Poh Holding Rampung Sekitar September atau Oktober 2025

Jakarta - PT Techno9 Indonesia Tbk (NINE) mengungkapkan penyelesaian proses akuisisi terhadap perusahaan ini terus dijalankan oleh Poh Holding Pte Ltd.

Kolaborasi MMKSI - Garuda Indonesia dan Tahilalats

Senin, 28 Juli 2025 - 12:50 WIB

MMKSI - Garuda - Tahilalats Hadirkan Sky Explorer, Perkuat Promosi Mitsubishi Destinator

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menggandeng Garuda Indonesia dan kreator komik digital Tahilalats dalam menghadirkan “Sky Explorer” untuk melanjutkan kampanye flagship…

Bursa CFX bersama dengan seluruh anggotanya melalui program Tanggung Jawab Sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) “CFX & Members: 2 Years of Creating Impact Together” dengan melakukan kegiatan penanaman 300 bibit pohon mangrove

Senin, 28 Juli 2025 - 12:32 WIB

Bursa CFX Ciptakan Pertumbuhan Bersama Anggota Lewat CSR

PT Central Finansial X (CFX) sebagai bursa aset keuangan digital termasuk aset kripto pertama dan satu-satunya di Indonesia memperingati hari ulang tahunnya yang kedua pada 28 Juli 2025.