41 Investor Singapura Segera Buka Pabrik di Kawasan Industri Kendal Jawa Tengah

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 12 Agustus 2017 - 08:38 WIB

Kawasan Industri Kendal
Kawasan Industri Kendal

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Joko Widodo bersama Wakil Perdana Menteri Singapura Teo Chee Hean membahas penguatan kerja sama ekonomi bilateral saat pertemuannya di Istana Merdeka, Jakarta.

"Dibahas tiga fokus kerja sama kedepannya, antara lain dalam hal investasi karena Singapura kita ketahui adalah yang terbesar tahun 2016 itu sebesar 9,2 miliar dolar investasinya," kata Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir ditemui di istana kepresidenan, Jakarta pada Jumat (11/4/2017)

Wakil PM Teo telah menemui Presiden Jokowi di Istana Merdeka pada Jumat pagi.

Menurut Fachir, terdapat 41 perusahaan asal Singapura yang sedang dalam proses izin untuk membuka usaha di Semarang, Jawa Tengah yang diharapkan dapat menyerap 4.000 tenaga kerja.

Hingga saat ini terdapat 30 perusahaan asal Singapura yang beroperasi di Semarang dengan menyerap 1.700 tenaga kerja, tambah Fachir.

Hal kedua yang dibicarakan oleh Jokowi dan Teo yaitu potensi kerja sama bisnis di bidang ekonomi digital yang akan dibahas saat pertemuan pemimpin negara-negara ASEAN tahunan di Singapura.

"Yang ketiga soal infrastruktur, 'regional development'. Kemudian bapak Presiden secara khusus tadi menyebutkan antara lain bahwa model Kendal itu bisa dikembangkan di tempat lain," kata Fachir.

Kendal Industrial Park adalah kawasan industri terpadu di Jawa Tengah yang dikembangkan oleh investor asal Singapura yang telah diresmikan oleh Presiden Jokowi bersama PM Singapura Lee Hsien Long.

Menurut Fachir, dalam pembicaraan itu Deputi PM Teo menyebutkan kawasan Batam, Bintan dan Karimun menjadi target investasi Singapura.

"Karena itu kita, Indonesia, akan melakukan langkah untuk memfasilitasi kemudahan di sana," kata Wamenlu.

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan ucapan selamat atas hari ulang tahun ke-52 Singapura.

Presiden berharap hubungan Indonesia dengan Singapura semakin maju dan erat baik di tataran kawasan Asia maupun tataran global.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:30 WIB

Capres Prabowo Sakit, Tak Bisa Bertemu Utusan Capres Jokowi

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menyebutkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bisa bertemu…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB

Kejar Target Pertumbuhan Industri 5,4 Persen, Ini Program Strategis Menperin

Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten terutama yang siap menghadapi era industri 4.0.

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:00 WIB

54 Petugas Penyelenggara Pemilu Meninggal, Ketua DPR RI Prihatin

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan rasa prihatin dan belasungkawa atas meninggalnya 54 petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan 10 aparat kepolisian saat menjalankan…

Ilustrasi SDM Industri

Senin, 22 April 2019 - 19:45 WIB

Sektor Industri Mampu Serap 672 Ribu Tenaga Kerja per Tahun

Kementerian Perindustrian terus berperan aktif menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten untuk memenuhi kebutuhan dunia industri.

Jimly Asshiddiqie Ketum ICMI (Foto: Teropong Senayan)

Senin, 22 April 2019 - 19:30 WIB

Jimly: Sebaiknya Jokowi-Prabowo Bertemu Silaturahmi

Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Prof Dr Jimly Asshiddiqie menganjurkan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto untuk…