PLN Siap Penuhi Ketenagalistrikan Jawa dan Bali

Oleh : Herry Barus | Rabu, 02 Agustus 2017 - 08:13 WIB

Listrik Ilustrasi
Listrik Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Semarang- PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan DIY siap memenuhi permintaan ketenagalistrikan Jawa dan Bali seiring dengan kemampuan suplai sistem Jawa Bali yang memiliki cadangan operasi sekitar 30 persen dari total kebutuhan listrik.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah Amir Rosidin di sela acara Multi Stakeholder Gathering di Hotel Patra Jasa Semarang, Selasa (1/8/2017)  mengatakan ini beban puncak Jawa Bali mencapai 25.106 megawatt (MW) dan daya mampu netto sebesar 33.153 MW sehingga masih ada cadangan daya sebesar 8.000 MW.

Selain itu, dikatakannya, saat ini PLN tengah menyelesaikan proyek pembangkitan sebagai bagian dari proyek 35.000 MW di Jawa Tengah.

Beberapa proyek tersebut di antaranya, PLTU Jawa 4 di Tanjung Jati, Jepara dengan kapasitas 2x1.000 MW, PLTU Jawa Tengah di Kabupaten Batang dengan kapasitas 2x1.000 MW, PLTU Jawa 8 di Cilacap dengan kapasitas 1x1.000 MW.

"Proyek-proyek pendukung transmisi ini semuanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan yang dibutuhkan masyarakat dan industri," katanya.

Ia mengatakan ketersediaan pembangkit di sistem Jawa Bali khususnya di Provinsi Jawa Tengah dan pembangunan-pembangunan pembangkit listrik beserta transmisinya menunjukkan kesiapan PLN dalam memenuhi permintaan tenaga listrik ke depan terutama untuk kebutuhan industri.

"Melalui kegiatan ini kami berharap ada pertukaran informasi antara para stakeholder. Selain itu, masing-masing pihak dapat memberikan kontribusi positifnya sehingga kegiatan ini dapat mencapai tujuan yang diinginkan yaitu sinergi antar stakeholder guna mendukung pertumbuhan ekonomi negara khususnya di Provinsi Jawa Tengah," katanya.

Terkait hal itu, dikatakannya, tim PLN akan berusaha memberikan informasi dan memberikan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan yang dibutuhkan oleh pelanggan dan masyarakat.

"Kami juga berharap pelanggan dapat selalu menyampaikan umpan balik terhadap pelayanan PLN sehingga PLN dapat berbenah diri untuk makin memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap PLN terus memberikan pelayanan maksimal untuk kenyamanan masyarakat.

"Kemarin saya diundang oleh presiden, salah satu yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah daerah dapat berperan aktif mendorong pertumbuhan ekonomi, sekaligus dalam pengendalian inflasi," katanya.

Ia mengatakan salah satu sektor yang dibahas adalah energi. Menurut dia, dengan ketersediaan listrik di sistem Jawa Bali saat ini, artinya dari sisi energi di Jawa Tengah dalam kondisi siap.

"Yang diinginkan oleh masyarakat adalah listrik tidak 'byar pet'. Kami hanya butuh respon cepat. Dalam hal ini, layanan prima adalah kuncinya," katanya.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, dilakukan pula penandatanganan nota kesepahaman antara PLN dengan "stakeholder" di antaranya dari industri dan pengembang, dalam rangka pemberikan pelayanan pasang baru, perubahan daya, serta pemberian informasi kepada pelanggan dari PLN. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Budi Hikmat, Kepala Makro Ekonomi dan Direktur Strategi Investasi PT Bahana TCW Investment Management,

Selasa, 21 Mei 2019 - 11:00 WIB

Lonjakan Defisit Neraca Dagang Tuntut Reformasi Struktural

Kabar kurang menggembirakan kembali mengejutkan pasar finansial Indonesia pada pertengahan Mei ini. Tak hanya polemik perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok semakin panas, investor…

Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil, PhD dan Kepala Karantina dan Keamanan Pangan Sarawak, Gasing Anak Nyalu

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:53 WIB

Kementan Capai Kesepakatan bersama Otoritas Serawak Terkait Ekspor

Kuching - Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) jajaki harmonisasi aturan perkarantinaan Indonesia - Sarawak, Malaysia terkait lalu lintas komoditas pertanian di…

Perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIFGROUP) meresmikan Reading Corner di 5 SMK unggulan di 5 kota di Indonesia, Senin (20/5/2019)

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:39 WIB

Tingkatkan Kualitas SDM, FIF Group Resmikan Reading Corner di Lima Kota

Perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIFGROUP) meresmikan Reading Corner di 5 SMK unggulan di 5 kota di Indonesia, Senin (20/5/2019) kemarin.

Perakitan perangkat Xiaomi

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:34 WIB

Xiaomi Pastikan Produksi Lancar Menjelang Momentum Lebaran

Berkomitmen untuk memenuhi tingginya permintaan konsumen di bulan Ramadan, Xiaomi berfokus pada kelancaran proses produksi dan distribusi.

Ilustrasi e-money. (Foto: Istimewa)

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:20 WIB

Ini Dia 100 Titik Layanan Top Up E-money bagi Pemudik

Bank Indonesia (BI) berkoordinasi dengan perbankan nasional dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menyediakan lebih dari 100 layanan mobile top up e-money (uang elektronik) di sejumlah titik peristirahatan…