Villa Kencana Cikarang Tawarkan Ruko dan Runita di Boulevard, Harga Mulai Rp400 Jutaan

Oleh : Ridwan | Sabtu, 11 Mei 2024 - 21:27 WIB

Ilustrasi Ruko di boulevard Villa Kencana Cikarang
Ilustrasi Ruko di boulevard Villa Kencana Cikarang

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Perumahan Villa Kencana Cikarang yang dikembangkan oleh Arrayan Group sejak tahun 2016 kini telah berkembang pesat, seiring pertumbuhan ekonomi yang semakin bertumbuh di kawasan perumahan.

Perumahan subsidi yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2017 ini telah melakukan proses serah terima hunian kepada konsumen sejak 2017 lalu. 

Saat ini, rumah subsidi yang sudah terjual di Villa Kencana Cikarang kurang lebih sebanyak 7.500 unit. Sedangkan jumlah kepala keluarga (KK) yang tinggal di Villa Kencana Cikarang saat ini mencapai kurang lebih 6.000 KK.

"Dengan jumlah sebesar ini bisa dipastikan kawasan Villa Kencana Cikarang sudah hidup dan sangat ramai. Kalau sore, kuliner menjadi destinasi warga Villa Kencana Cikarang, bahkan warga dari luar perumahan pun datang ke sini untuk mencari makanan," kata Tuti Mugiastuti, Direktur Marketing PT Alexandra Citra Pertiwi (Arrayan Group) melalui keterangan resminya, Sabtu (11/5).

Menurut Tuti, hal yang membuat Villa Kencana Cikarang sangat hidup karena perumahan tersebut memiliki tiga pintu gerbang yang menjadi akses masuk kawasan ini yang menjadi akses masuk kawasan yang menghubungkan jalan desa dengan jalan raya.

"Ditambah lagi dengan mulainya dipasarkan kawasan komersial di boulevard Villa Kencana Cikarang, dipastikan akan makin ramai dan hidup ekonomi di sini," terangnya.

Terdapat 4 hektar lahan yang disediakan untuk kawasan komersial seperti, ruko, rumah tinggal sekaligus tempat usaha atau runita.

Rencananya tidak kurang dari 430 unit properti komersial yang akan dibangun, mulai dari runita dan ruko. 

Runita terdiri dari satu lantai, dan ruko dua lantai. Harganya berkisar mulai dari Rp400 jutaan untuk runita, sedangkan unit ruko masih dikisaran harga Rp700 jutaan. 

Peminat properti komersial tersebut cukup tinggi. Ini terbukti dari jumlah NUP yang telah mencapai sekitar 50 peminat meskipun baru dibuka 2 minggu lalu.

Selain itu, Arrayan Group juga telah menyediakan fasilitas lainnya seperti, taman bermain anak yang luas, Masjid besar yang letaknya strategis sehingga bisa terjangkau penghuni perumahan.

Selain itu, juga terdapat fasilitas olahraga, antara lain lapangan futsal dan lapangan voli, dan tentunya jalan utama hingga jalan lingkungan yang sudah dicor dan berukuran lebar. Kemudian juga terdapat fasilitas pertokoan ruko yang menjual kebutuhan sehari-hari bagi warga.

Dalam kawasan Villa Kencana Cikarang juga terdapat water pond yang luasnya sekitar 5 ribu meter persegi. Fasilitas ini akan berfungsi sebagai penampungan air, sekaligus sebagai penyerapan air. Bahkan, water pond ini dilengkapi dengan pintu air yang mengatur debit air bila terjadi kenaikan air. 

Terkait ada beberapa rumah yang kosong, menurut Tuti, itu bisa saja terjadi. Rumah tersebut ditinggalkan penghuninya lebih terkait dengan pemilik rumah sendiri, bukan karena fasilitas lingkungan yang minim atau masalah dengan pihak pengembang. Rumah yang kosong pun bisa ditemukan di perumahan-perumahan lainnya. 

Dari beberapa rumah yang kosong setelah dilakukan pengecekan oleh estate management lebih karena faktor penghuni, seperti imbas Covid yang menyebabkan banyak PHK sehingga pemilik rumah pulang kampung, ada yang pindah kerja ke Jakarta, dan rumahnya ditinggalkan kosong dan beberapa hal lainnya. Masalah internal penghuni yang membuatnya mengosongkan rumah.

Meskipun saat ini Arrayan sudah tidak lagi membangun rumah subsidi, namun tetap mempunyai komitmen yang jelas, yaitu menjaga lingkungan Villa Kencana Cikarang, agar tetap aman dan nyaman bagi para penghuninya. Namun, komitmen tersebut juga tidak akan berjalan dengan baik bila tidak ada dukungan dari para pengurus lingkungan, seperti RT/RW dan semua warga.

Sekadar informasi, pembangunan rumah subsidi di Villa Kencana Cikarang sudah selesai sejak sekitar 8 tahun yang lalu dan sejak saat itu Arrayan Group selaku pengembang sudah tidak lagi membangun rumah subsidi di Villa Kencana Cikarang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kiri ke kanan: ignasius arrie setiawan, komisaris, melly elita, direktur, tjia tjhin hwa komisaris, kiki sadrach dirut

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:29 WIB

Top! KKES Ekspansi ke Timur Indonesia, Targetkan Pertumbuhan Penjualan di Atas 11% dan Laba di Atas 14% pada 2024

Jakarta– PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk (KKES) distributor dan importir bahan kimia maupun bahan baku untuk pertanian dan industri baru saja melaksanakan RUPST & paparan publik. Dalam kegiatan…

MenKopUKM Teten Masduki

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:13 WIB

Orasi Ilmiah di UMMI, Menteri Teten Tekankan Pentingnya Bangun Industri UMKM Berbasis Keunggulan Domestik

Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki menekankan pentingnya membangun industri UMKM berbasis keunggulan domestik, serta mengolah sumber daya alam hasil perkebunan dan pertanian…

Kika: Warit Jintanawan, Direktur PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (kedua dari kiri). Budyanto Totong, Founder dan Dirut PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (tengah) Andy Totong, Direktur Utama Mitra10 (kedua dari kanan)

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:05 WIB

Perkuat Pasar di Jawa Barat, Mitra10 & Atria Ekspansi ke Sawangan Depok

Depok– Mitra10 memperkuat penetrasi pasar ritel modern bahan bangunan dan pelengkapan rumah, bersama dengan Atria yang menguasai pasar ritel modern furnitur dan matras, membuka flagship store…

Jajaran direksi PT Mora Telematika Indonesia Tbk.

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:55 WIB

Absen Tebar Deviden, Moratelindo Bakal Gencar Ekspansi Jaringan Telekomunikasi

PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) atau Moratelindo menetapkan untuk menggunakan laba bersih senilai Rp678,17 miliar sebagai laba ditahan. Kemudian, sisanya, laba bersih yang senilai Rp1…

6IXTY8IGHT

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:37 WIB

Sepanjang 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. Catat Kenaikan Penjualan Bersih Sebesar 23%

Sepanjang tahun 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (Perseroan) berhasil mencatatkan kenaikan penjualan bersih sebesar 23% menjadi Rp3,7 triliun dengan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik…