Villa Kencana Cikarang Tawarkan Ruko dan Runita di Boulevard, Harga Mulai Rp400 Jutaan

Oleh : Ridwan | Sabtu, 11 Mei 2024 - 21:27 WIB

Ilustrasi Ruko di boulevard Villa Kencana Cikarang
Ilustrasi Ruko di boulevard Villa Kencana Cikarang

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Perumahan Villa Kencana Cikarang yang dikembangkan oleh Arrayan Group sejak tahun 2016 kini telah berkembang pesat, seiring pertumbuhan ekonomi yang semakin bertumbuh di kawasan perumahan.

Perumahan subsidi yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2017 ini telah melakukan proses serah terima hunian kepada konsumen sejak 2017 lalu. 

Saat ini, rumah subsidi yang sudah terjual di Villa Kencana Cikarang kurang lebih sebanyak 7.500 unit. Sedangkan jumlah kepala keluarga (KK) yang tinggal di Villa Kencana Cikarang saat ini mencapai kurang lebih 6.000 KK.

"Dengan jumlah sebesar ini bisa dipastikan kawasan Villa Kencana Cikarang sudah hidup dan sangat ramai. Kalau sore, kuliner menjadi destinasi warga Villa Kencana Cikarang, bahkan warga dari luar perumahan pun datang ke sini untuk mencari makanan," kata Tuti Mugiastuti, Direktur Marketing PT Alexandra Citra Pertiwi (Arrayan Group) melalui keterangan resminya, Sabtu (11/5).

Menurut Tuti, hal yang membuat Villa Kencana Cikarang sangat hidup karena perumahan tersebut memiliki tiga pintu gerbang yang menjadi akses masuk kawasan ini yang menjadi akses masuk kawasan yang menghubungkan jalan desa dengan jalan raya.

"Ditambah lagi dengan mulainya dipasarkan kawasan komersial di boulevard Villa Kencana Cikarang, dipastikan akan makin ramai dan hidup ekonomi di sini," terangnya.

Terdapat 4 hektar lahan yang disediakan untuk kawasan komersial seperti, ruko, rumah tinggal sekaligus tempat usaha atau runita.

Rencananya tidak kurang dari 430 unit properti komersial yang akan dibangun, mulai dari runita dan ruko. 

Runita terdiri dari satu lantai, dan ruko dua lantai. Harganya berkisar mulai dari Rp400 jutaan untuk runita, sedangkan unit ruko masih dikisaran harga Rp700 jutaan. 

Peminat properti komersial tersebut cukup tinggi. Ini terbukti dari jumlah NUP yang telah mencapai sekitar 50 peminat meskipun baru dibuka 2 minggu lalu.

Selain itu, Arrayan Group juga telah menyediakan fasilitas lainnya seperti, taman bermain anak yang luas, Masjid besar yang letaknya strategis sehingga bisa terjangkau penghuni perumahan.

Selain itu, juga terdapat fasilitas olahraga, antara lain lapangan futsal dan lapangan voli, dan tentunya jalan utama hingga jalan lingkungan yang sudah dicor dan berukuran lebar. Kemudian juga terdapat fasilitas pertokoan ruko yang menjual kebutuhan sehari-hari bagi warga.

Dalam kawasan Villa Kencana Cikarang juga terdapat water pond yang luasnya sekitar 5 ribu meter persegi. Fasilitas ini akan berfungsi sebagai penampungan air, sekaligus sebagai penyerapan air. Bahkan, water pond ini dilengkapi dengan pintu air yang mengatur debit air bila terjadi kenaikan air. 

Terkait ada beberapa rumah yang kosong, menurut Tuti, itu bisa saja terjadi. Rumah tersebut ditinggalkan penghuninya lebih terkait dengan pemilik rumah sendiri, bukan karena fasilitas lingkungan yang minim atau masalah dengan pihak pengembang. Rumah yang kosong pun bisa ditemukan di perumahan-perumahan lainnya. 

Dari beberapa rumah yang kosong setelah dilakukan pengecekan oleh estate management lebih karena faktor penghuni, seperti imbas Covid yang menyebabkan banyak PHK sehingga pemilik rumah pulang kampung, ada yang pindah kerja ke Jakarta, dan rumahnya ditinggalkan kosong dan beberapa hal lainnya. Masalah internal penghuni yang membuatnya mengosongkan rumah.

Meskipun saat ini Arrayan sudah tidak lagi membangun rumah subsidi, namun tetap mempunyai komitmen yang jelas, yaitu menjaga lingkungan Villa Kencana Cikarang, agar tetap aman dan nyaman bagi para penghuninya. Namun, komitmen tersebut juga tidak akan berjalan dengan baik bila tidak ada dukungan dari para pengurus lingkungan, seperti RT/RW dan semua warga.

Sekadar informasi, pembangunan rumah subsidi di Villa Kencana Cikarang sudah selesai sejak sekitar 8 tahun yang lalu dan sejak saat itu Arrayan Group selaku pengembang sudah tidak lagi membangun rumah subsidi di Villa Kencana Cikarang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih berbincang dan belanja bersama dengan anak-anak yatim didampingi perwakilan LAZ.

Sabtu, 27 Juli 2024 - 11:18 WIB

BSI Ajak 140 Anak Yatim Belanja, Ajarkan Literasi Transaksi Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan 7 (tujuh) Lembaga Amil Zakat (LAZ) menyelenggarakan acara Lebaran Anak Yatim untuk berbagi kebahagiaan berupa belanja bersama di Department…

Lokasi Bendungan Jlantah dan Jragung

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:32 WIB

Waskita Karya Ungkap Progres Bendungan Jlantah dan Jragung

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad hanugroho didampingi Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Jlantah dan Jragung di…

YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:44 WIB

Kemenag RI Menyerahkan SK Izin Operasional Sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional Kepada YBM BRILiaN

Yayasan Baitul Maal BRILiaN atau YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) Skala Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia…

Direktur Utama Kideco, M. Kurnia Ariawan, bersama Direktur Eksekutif IBCWE, Clara Wita Krisanti, setelah menandatangani kerja sama antara Kideco dan IBCWE

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:10 WIB

Dirut Kideco: Perusahaan Tambang Harus Berikan Kesempatan yang Sama Terhadap Perempuan

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan mengatakan, pekerjaan tambang, tidak lagi menjadi pekerjaan yang harus didominasi oleh laki-laki. Menurutnya, kini perusahaan…

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…