REQComm Rilis Cagub Paling Dibicarakan di Medsos dan Media Online, Dico Teratas!

Oleh : Hariyanto | Senin, 06 Mei 2024 - 13:00 WIB

Bupati Kendal Dico M Ganinduto
Bupati Kendal Dico M Ganinduto

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Konsultan Strategic Digital Communicatuon REQComm, Mulyono menerbitkan hasil bedah popularitas dan penentuan calon Gubernur Jateng di media sosial dan media online, berdasarkan analisa digital political branding Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jateng dari 1 Februari hingga 30 April 2024.

REQComm yang memantau Pilkada Jateng dengan menggunajan perangkat yang memonitor dan menganalisis media daring dan media sosial berbasis teknologi big data, menunjukkan popularitas Dico Ganinduto yang cukup tinggi di dunia maya.

Berdasarkan pembicaraan di sosial media yang dipantau tim analisa REQComm, Dico Ganinduto menjadi kandidat calon Gubernur Jateng dengan pembicaraan paling banyak di media sosial dan media online, termasuk reaksi netizen pada postingan Dico di media sosial.

"Melalui teknologi yang kita miliki, REQComm melakukan pelacakan percakapan warga internet untuk melihat tingkat keterkenalan para kandidat di media sosial maupun media online. Hasilnya, Dico Ganinduto di urutan pertama untuk tingkat popularitas tertinggi disusul Sudaryono dan Hendrar Priadi," kata Mulyono di Jakarta, Senin (6/5/2024).

Hasil analisa menyebutkan sentiment positif Dico di media online menduduki posisi teratas, yakni dengan total eksposure 1.183 perbincangan di media online. Sementara posisi kedua yakni Sudaryono dengan 934 dan Hendrar Priardi hanya 91 pemberitaan. 

"Untuk eksposure engagement di media sosial dan media online, Dico meraih poin 58.680 kemudian Sudaryono 2.323 sementara Hendrar hanya 47 untuk engagement. Hal ini menunjukkan media online lebih banyak memberi exposure pada Dico dan tentunya akan memberi keuntungan bagi popularitasnya," kata Mulyono.

Dari hasil riset dan analisa big data yang dilakukan REQComm sebagai consultant strategic, maka bisa dipastikan inilah peta kekuatan kandidat calon Gubernur Jateng di media sosial dan media online. "Gambaran ini merupakan hasil kerja tim masing-masing kandidat yang telah melakukan bentuk sosialisasi politik atau promosi politik di media sosial," kata dia.

Hasil analisa survei big data yang ditunjukkan melihat persentase popularitas Dico Ganinduto lebih tinggi dari semua calon gubernur Jateng lainnya. Adapun sumber analisa yang digunakan dari berbagai platform sosial media seperti News, X, Tiktok, Facebook, Instagram, dan Youtube.

"Jika Dico terus meningkatkan intesitas kampanye di media sosial maupun media online, bukan tidak mungkin dalam waktu yang singkat dalam lingkup Jawa Tengah saja, popularitas Dico juga meningkat pesat. Para calon pemilih yang biasanya pada H-7 sibuk menentukan pilihannya, akan menggunakan masukan dari sekitarnya termasuk media sosial dan media online di samping orang-orang yang mereka kenal, untuk memfinalkan pilihan," katanya.

"Pada saat ini, pemilih yang sebelumnya belum yakin, akan dengan mudah menjadi tambahan suara bagi cagub yang paling aktif melakukan kampanye. Dan dari tren hasil analisa tersebut, calon gubernur yang kemungkinan besar berhasil menggaet suara swing voter ini adalah Dico Ganinduto," katanya

Mulyono pun menambahkan, hasil penelitian REQComm ini sifatnya independen, tidak memihak salah satu kandidat. “Kami hanya membantu memberikan gambaran kepada masyarakat, khususnya para pemilih pemula untuk Pilkada Jateng. Harapannya data ini berguna bagi semua kandidat untuk mengevaluasi kinerja tim setiap kandidat,” ucapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mitra British Propolis Jumpa Keluarga Toyota Group di Jepang

Minggu, 19 Mei 2024 - 13:40 WIB

Penuh Kesan, Mitra British Propolis Jumpa Keluarga Toyota Group di Jepang

Motivator, penulis dan founder British Propolis Ipho Santosa mengungkap suasana haru dan penuh inspirasi saat mengajak mitra British Propolis bertemu keluarta pendiri Toyota di Jepang.

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang diadakan di Pendopo Agrowisata, Komplek Pabrik Sido Muncul, Kabupaten Semarang (15/5/2024).

Minggu, 19 Mei 2024 - 11:27 WIB

Tren Kinerja Positif, Sido Muncul (SIDO) Bagi Dividen Rp540 Miliar

PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan membagikan dividen final dengan total nilai Rp540 miliar.

Armada DAMRI siap yang siap beroperasi (Doc: Perum DAMRI).

Minggu, 19 Mei 2024 - 09:57 WIB

Ekspansif! DAMRI Siap Mengaspal di Arab Saudi

Pimpinan DAMRI telah melakukan kunjungan ke Arab Saudi dalam rangka survei investasi dan bisnis layanan transportasi haji dan umrah di Arab Saudi, pada Maret 2024. Kunjungan tersebut sekaligus…

Industri (Ilustrasi)

Minggu, 19 Mei 2024 - 09:50 WIB

Market Development and Business Strategies in The Engineering Field

The engineering field, as a vital pillar of the national economy, sees its market development trend directly related to the stable growth of the national economy and the improvement of social…

Ronaldo

Minggu, 19 Mei 2024 - 09:45 WIB

Ronaldo, Ronaldinho & Agüero Kritik Erling Haaland Usai Menjadi Karakter 'Raja Barbar' Clash of Clans

Pemain legenda sepak bola Ronaldo, Ronaldinho, dan Sergio Agüero dengan bercanda mengkritik nama pemain striker terkenal, Erling Haaland, di Internet sebagai ungkapan frustrasi mereka atas…