Kurs Rupiah Menguat ke Posisi 13.309 Terhadap Dolar AS

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 01 Agustus 2017 - 12:03 WIB

Mata uang Rupiah (Foto Ist)
Mata uang Rupiah (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang ditransaksikan antarbank di Jakarta menguat Rp16 menjadi Rp13.309 per dolar AS pada Selasa (01/08/2017) dibandingkan satu hari sebelumnya di posisi Rp13.325 per dolar AS.

“Penguatan kurs rupiah terhadap dolar AS disebabkan oleh kondisi politik di Amerika Serikat yang belum kondusif yang terus menekan nilai tukar dolar terhadap mayoritas mata uang di dunia, termasuk rupiah,” ujar Rangga Cipta, ekonom Samuel Sekuritas di Jakarta, Selasa (01/08/2017).

Rangga mengemukakan, laju inflasi domestik Indonesia pada Juli 2017 yang berpotensi berkurang juga turut menjadi sentimen positif bagi penguatan kurs rupiah terhadap dolar AS. “Hari ini, Selasa (01/08/2017), pelaku pasar menunggu data inflasi Juli 2017 yang diperkirakan turun ke bawah level 4% secara tahunan,” tukas Rangga.

Kendati demikian, menurut Rangga, penguatan kurs mata uang rupiah diperkirakan masih terbatas menyusul masih adanya kekhawatiran pasar terhadap daya tahan fiskal serta penurunan daya beli.

Sementara itu, Putu Agus Pransuamitra, analis Monex Investindo Futures, mengungkapkan, bahwa kurs dollar AS masih dalam tren pelemahan pasca data makroekonomi Amerika Serikat yang tidak sesuai ekspektasi. “Data Amerika yang belum sesuai ekspektasi akan meredam kenaikan suku bunga Federal Reserve yang lebih agresif,” imbuh Agus. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

AAJI bersama anggotanya menanam mangrove di PIK

Minggu, 05 Mei 2024 - 06:04 WIB

AAJI Tanam 2000 Bibit Mangrove dan Berikan Literasi Keuangan Pada Kelompok Nelayan

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) bersama dengan 27 perusahaan anggotanya menunjukkan komitmennya terhadap kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan “AAJI Peduli…

Pelatihan membaca nyaring di Kota Padang.

Sabtu, 04 Mei 2024 - 22:56 WIB

Sejumlah Guru, Pegiat Literasi Hingga Orang Tua Ikuti Pembekalan Membaca Nyaring di Kota Padang

Pelatihan membaca nyaring di Kota Padang terbagi ke dalam tiga kelas, yaitu kelas orang tua, kelas guru dan kelas pustakawan/pegiat literasi.

Tekan Dampak Pemanasan Global, PIS Kolaborasi Cintai Bumi di Desa Nelayan Bali

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:20 WIB

Tekan Dampak Pemanasan Global, PIS Kolaborasi Cintai Bumi di Desa Nelayan Bali

Badung- PT Pertamina International Shipping (PIS) kembali melanjutkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) “BerSEAnergi untuk Laut” yang bertujuan salah satunya untuk menekan…

Delegasi Indonesia asal Kota Bekasi Tampil di Ajang Dubai International Chamber 2024

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:10 WIB

Keren! Delegasi Indonesia asal Kota Bekasi Tampil di Ajang Dubai International Chamber 2024

Jakarta-Bantar Gebang, yang terletak di Bekasi, Jawa Barat, adalah tempat pembuangan sampah terbesar di dunia. Setiap hari, Jakarta menghasilkan sekitar 15.000 ton sampah yang dibuang ke Tempat…

Menparekraf Sandiaga Uno (tengah)

Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Penguatan Peran Perempuan di Sektor Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan pihaknya berkomitmen mendukung penguatan peran perempuan dalam pengembangan dan kepemimpinan di sektor…