Hadapi Libur Panjang Idul Fitri, PT KPI Pastikan Produksi dan Supply BBM Aman

Oleh : Hariyanto | Senin, 08 April 2024 - 17:32 WIB

PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI)
PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI)

INDUSTRY.co.id - Dumai – Dalam rangka menghadapi libur panjang Idul Fitri 1445 H, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) perketat keamanan kilang serta berkomitmen untuk pastikan produksi dan supply BBM aman. Hal ini tergambar pada Apel Persiapan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri yang digelar bersama TNI dan Polres Dumai, di Lapangan Security, Rabu (4/4/2024).

Supervisor Physical of Security PT KPI Unit Dumai, R. Cepih HN, yang memimpin apel persiapan ini mengatakan bahwa apel bersama ini dilaksanakan sebagai langkah koordinasi kepada pihak internal maupun eksternal terkait strategi pengamanan jelang hingga pasca Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

“Tingkat pengamanan dan kewaspadaan akan dikerahkan selama 24 jam. Ditambah lagi kami akan meningkatkan tingkat intelijen untuk memantau dan deteksi dini terhadap hal yang dianggap perlu. Selanjutnya akan kami langkah pengamanan akan dioptimalkan sesuai dengan SOP,” jelas R. Cepih HN.

Dia juga menambahkan, langkah ini juga sebagai upaya untuk memastikan seluruh persiapan pengamanan telah terselenggara dengan baik agar tidak ada hal yang mengganggu jalannya operasional kilang, salah satunya kembang api pada malam takbiran.

Selain itu, PT KPI Unit Dumai juga menyiapkan langkah pengamanan lain seperti penyiapan CCTV Perimeter di lebih dari 200 titik, mobil patroli, pos pengamanan, hingga speedboat. Jalinan kerjasama pengamanan juga telah dibangun dengan TNI, Polri, Damkar Dumai, dan BPBD Idul Fitri 1445 H.

Di tempat terpisah, Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI Unit Dumai, Agustiawan, mengatakan bahwa selama periode libur dan cuti bersama tetap akan dilakukan Plant Patrol oleh tim manajemen dan Section Head untuk memastikan aspek safety tetap dilaksanakan dengan baik.

“Dalam periode libur dan cuti bersama Idul Fitri, Plant Patrol dan Manager on Duty akan standby guna mengawasi, mengarahkan, dan mengambil keputusan-keputusan strategis operasional kilang. Hal ini bertujuan untuk memastikan kegiatan operasional berjalan optimal dan kebutuhan BBM Nasional terpenuhi sesuai dengan target produksi yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Agustiawan juga mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menjaga dan menjamin produksi dan supply BBM selama periode Hari Raya Idul Fitri 1445 H ini.

Seperti yang diketahui, kilang Dumai merupakan kilang pengolahan minyak terbesar ketiga di Indonesia. Total kapasitas kilang Dumai dan Sei Pakning mencapai 170 MBSD, dengan rincian 150 MBSD untuk kilang Dumai dan 50 MBSD untuk Sei Pakning. Hal ini setara dengan 16% total kapasitas kilang yang dimiliki PT KPI. Distribusi produk mencakup wilayah Sumatera Bagian Utara.

Selain itu, sepanjang bulan Ramadan juga rutin diadakan Management Walkthrough (MWT), baik oleh Direksi maupun Tim Manajemen PT KPI Unit Dumai.

Seperti kunjungan kerja yang dilaksanakan oleh Direktur Proyek Infrastruktur PT KPI, Kadek Ambara Jaya, pada Kamis lalu (4/4). Pada kesempatan tersebut, Direktur Proyek Infrastruktur PT KPI bersama tim manajemen PT KPI Pusat berkunjung untuk memastikan readiness dan keandalan kilang.

"Kilang unit Dumai sudah cukup andal untuk menjaga pasokan BBM Nasional, khususnya untuk wilayah Sumatera Bagian Utara. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan bisa tetap aman dan nyaman selama masa mudik," tutup Kadek Ambarjaya.

Tak sampai disitu, GM PT KPI Unit Dumai juga menyempatkan melakukan kunjungan kerja ke Water Treatment Plant (WTP) Sei Rokan, Sabtu (6/4/2024) lalu, untuk memastikan supply air terkendali dengan baik guna menjamin produksi kilang Dumai dan Sei. Pakning tetap aman dan berjalan semestinya.

Sebelumnya, PT KPI Unit Dumai juga telah melakukan rapat koordinasi secara intens dengan PT Pertamina Patra Niaga (PPN) guna mendukung kelancaran Satgas RAFI 2024.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso menyampaikan."Pertamina berkomitmen menjaga dan mengamankan kelancaran distribusi energi khususnya selama masa Satgas RAFI 2024 dari hulu ke hilir, hal ini mengingat lonjakan pemudik yang cukup signifikan dan RU Dumai juga melayani ketersediaan energi untuk masyarakat yang mudik atau merayakan hari raya di Sumatera Utara dan sekitarnya. Seluruh Kilang Pertamina mengedepankan aspek Safety, dan Keandalan Operasi dalam bekerja dan melayani masyarakat," ujar Fadjar.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mobil listrik

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:57 WIB

Strategi Marketing Dalam Penjualan Kendaraan Listrik atau EV

Dunia transportasi tengah mengalami transformasi besar dengan kemunculan kendaraan listrik (EV) sebagai pemain utama. Hal ini menandakan pergeseran menuju era baru dalam mobilitas manusia, di…

Prescon HI Drone Dragrace 2 di PIK 2

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:27 WIB

HOGERS Indonesia Gelar Balapan Motor Besar Harley Davidson

HOGERS Indonesia menggelar lomba balapan dan ketangkasan motor Harley terbesar di Indonesia. Event berskala Nasional buatan HOGERS Indonesia Drag Race of National Event 2 (HIDRONE2) ini dilaksanakan…

Implementasi IoT untuk pertanian

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:02 WIB

Jadi Mitra Kemkominfo, MSMB Implementasi Sistem Pintar Berbasis IoT untuk 7 Green House di Temanggung

PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), start up agritech dari Sleman, Yogyakarta, baru-baru ini menjadi mitra layanan implementasi teknologi berbasis IoT (Internet of Things) Kementerian…

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:37 WIB

Telkomsat dan Starlink Tandatangani Kerja Sama Layanan Segmen Enterprise di Indonesia

Telkomsat dan Starlink melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) untuk layanan segmen enterprise berbagai wilayah di Indonesia.

SUPER AIR JET Buka Rute Baru

Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:39 WIB

Dukung IKN, SUPER AIR JET Buka Rute Baru!

SUPER AIR JET mulai 6 Juni 2024 perkenalkan penerbangan non-stop pertama dari Bandar Udara Dhoho, Kediri, Jawa Timur ke Bandar Udara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur,…