Prodia Ajak Masyarakat Manfaatkan Momentum Ramadan untuk Jaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Oleh : Herry Barus | Senin, 01 April 2024 - 11:28 WIB

PT Prodia Widyahusada Tbk (PRDA)
PT Prodia Widyahusada Tbk (PRDA)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kesehatan yang optimal merupakan hal yang esensial dalam peningkatan kualitas hidup individu. Namun, untuk mewujudkannya diperlukan upaya yang melibatkan seluruh organ tubuh. Salah satunya sistem pencernaan yang memiliki peran kompleks untuk mengolah dan mencerna nutrisi dari makanan yang dikonsumsi, hingga menjaga imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan 70%-80% sel imun tubuh berasal dari sistem pencernaan.

Sehingga, apabila pola makan, higienitas makanan, serta nutrisi yang dicerna tidak dijaga dengan baik, maka dapat berdampak pada terganggunya kesehatan sistem pencernaan yang berimbas pada menurunnya imunitas tubuh.

Untuk mewujudkan komitmen mengedukasi serta meningkatkan awareness masyarakat terhadap isu ini, PT Prodia Widyahusada Tbk (Prodia) mengadakan media workshop dengan tema “Minding Gut Health with The Benefit of Ramadhan Fasting”. Agenda ini bertujuan untuk membagikan informasi terkait system pencernaan agar masyarakat teredukasi dan semakin peduli untuk menjaga asupan nutrisi dan kesehatan sistem pencernaan.

Agenda media workshop ini juga digelar bersamaan dengan acara buka puasa bersama media, sebagai momentum kebersamaan Prodia dengan rekan-rekan media.

Acara yang dilaksanakan di Roemah Kuliner Menteng, pada Rabu (27/03) ini dihadiri oleh Indriyanti Rafi Sukmawati selaku Direktur Bisnis dan Marketing Prodia, Dr. dr. Stevent Sumantri, SpPD, K-AI, DAA, FINASIM selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam & Konsultan Alergi Imunologi, serta Gianni Yosephine selaku Product Lead PT Prodia Widyahusada Tbk, serta para peserta yang hadir dari kalangan media. Indriyanti mengungkapkan dalam sambutannya “Seringkali kita abai akan kesehatan sistem pencernaan.

Padahal, banyak sekali yang harus diperhatikan mulai dari nutrisi yang dikonsumsi, gaya hidup sehari-hari, sampai kondisi fisiologis dari organ penyusun sistem pencernaan yang dapat berdampak pada organ esensial lainnya. Jika kita tidak menjaga pola makan dan kebersihan makanan dengan baik, bukan tidak mungkin hal ini dapat berpengaruh ke imunitas tubuh kita, bahkan kualitas kesehatan mental.

Dengan mengangkat topik seputar kesehatan pencernaan ini, kami berharap melalui rekan-rekan media, kita dapat memberikan edukasi bagi masyarakat bahwa penting sekali untuk senantiasa menjaga kesehatan pencernaan, salah satunya dengan berpuasa seperti yang dilakukan saat bulan Ramadan ini.”

“Komitmen dan kontribusi yang kami tuangkan dalam agenda media workshop ini, kami harapkan dapat turut membantu proses edukasi secara komprehensif dan valid dari narasumber yang terpercaya tentang pengelolaan kesehatan sistem pencernaan yang baik”, sambungnya.

Melengkapi apa yang telah disampaikan Indriyanti, pada sesi workshop berlangsung dr. Stevent Sumantri menyampaikan “Sistem pencernaan manusia merupakan susunan organ yang kompleks untuk memecahzat makanan yang dapat diserap oleh tubuh. Dalam prosesnya, sistem pencernaan melibatkan kerja dari sekumpulan bakteri yang disebut mikrobiota di usus yang dikenal sebagai gut microbiota yang berperan dalam sintesis vitamin, perlindungan terhadap zat asing, dan berperan dalam regulasi sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu keseimbangan mikrobiota usus harus tetap terjaga dalam rangka mencapai kesehatan yang optimal.”

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…

Paviliun Indonesia di Ajang SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:38 WIB

12 Industri yang Diboyong Kemenperin di Ajang SIAM 2024 Maroko Tempati Paviliun Internasional Terbaik

Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Sopar Halomoan Sirait menyampaikan apresiasi kepada KBRI Rabat atas…

SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:30 WIB

Kemenperin Boyong 12 Industri Alsintan ke Pameran SIAM di Maroko

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memfasilitasi sebanyak 12 industri alat dan mesin pertanian (alsintan) dalam negeri untuk ikut berpartisipasi pada ajang bergengsi Salon International…