ADEXCO Mengkolaborasikan Lintas Sektor dan Industri, Penanggulangan Bencana di Indonesia

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 30 Maret 2024 - 12:05 WIB

ADEXCO Mengkolaborasikan Lintas Sektor dan Industri, Penanggulangan Bencana di Indonesia
ADEXCO Mengkolaborasikan Lintas Sektor dan Industri, Penanggulangan Bencana di Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta — Guna mendukung perkembangan dalam industri penanggulangan bencana di Indonesia, Asia Disaster Management and Civil Protection Expo & Conference (ADEXCO) kembali hadir di tahun ini dengan tema "Advancing Resilience Sustainability". Rangkaian acara pameran dan konferensi ini akan diiadakan di JIExpo Kemayoran pada tanggal 11-14 September 2024. ADEXCO akan menghadirkan solusi, informasi terkini dan teknologi mutakhir dalam penanggulangan bencana. 

Peningkatan teknologi dan upaya industrialisasi adalah kunci dalam menanggapi tantangan penanggulangan bencana di Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, ADEXCO (Asian Disaster Management & Civil Protection Expo and Conference) didukung oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan CTIS (Center of Technology and Innovation Studies) menyelenggarakan talkshow berjudul "NGOPI BARENG BNPB edisi Maret 2024" pada hari Kamis, tanggal 28 Maret 2024, pukul 10.00 WIB. Tema yang diangkat dalam acara ini adalah "Industri Berbasis Mitigasi Bencana dengan Sentuhan Teknologi dan Inovasi", dan kedua narasumber yang diundang, Prof. Indroyono Soesilo selaku Dewan Pengawas CTIS (Center for Technology & Innovation Studies )  dan Sujica W. Lusaka, Head CFOM (Corporate Fire Operation Management) APP-Sinar Mas, dimana mereka merupakan tokoh-tokoh yang mampu mewakili pandangan dari pihak-pihak yang terlibat dalam pengembangan inovasi teknologi dan industri.

Sebagai rangkaian acara menuju ADEXCO dan GFSR (Global Forum for Sustainable Resilience) 2024, talkshow ini berfokus pada peran teknologi dan upaya industrialisasi dalam membangun resiliensi berkelanjutan, di mana tema ini melanjutkan tema NGOPI BARENG BNPB Edisi bulan sebelumnya yaitu “Teknologi dan Inovasi dalam Industrialiasasi Kebencanaan untuk Mewujudkan Resiliensi Berkelanjutan”.

Pada talkshow ini, diharapkan dapat menggali lebih dalam peran teknologi dan inovasi dalam mitigasi bencana, khususnya untuk bencana kebakaran hutan dan lahan yang dilakukan oleh pihak swasta, seperti perusahaan pulp dan kertas APP-Sinar Mas. Indonesia, sebagai laboratorium bencana, tidak hanya menghadirkan dampak negatif, tetapi juga menyediakan sumber daya alam yang melimpah sebagai modal dasar bagi pertumbuhan industri.

 Andrian Cader Selaku Direktur Operational ADEXCO menyampaikan , Keterlibatan lintas sektor dan industri, menjadi elemen penting dalam upaya pemerintah Indonesia untuk mengurangi risiko bencana. Implementasi teknologi dan inovasi oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia memberikan kontribusi yang signifikan dalam membantu pemerintah dalam memitigasi dan memprediksi bencana yang akan datang.

Keterlibatan lintas sektor dan industri, menjadi elemen penting dalam upaya pemerintah Indonesia untuk mengurangi risiko bencana. Implementasi teknologi dan inovasi oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia memberikan kontribusi yang signifikan dalam membantu pemerintah dalam memitigasi dan memprediksi bencana masa depan.

 

Melalui ADEXCO, platform domestik yang menghubungkan berbagai pemangku kepentingan, diharapkan akan terwujud kolaborasi lintas sektor dan industri yang lebih besar, memberikan dampak positif bagi perekonomian dan industri Indonesia. Ini sejalan dengan semangat BNPB bahwa penanggulangan bencana adalah tanggung jawab bersama.

Tentang ADEXCO

Asia Disaster Management and Civil Protection Expo & Conference (ADEXCO) adalah acara tahunan yang ditujukan untuk meningkatkan ketangguhan berkelanjutan dalam sektor penanggulangan bencana dan perlindungan sipil. Dengan fokus pada memamerkan inovasi dan teknologi lokal, ADEXCO menjadi platform kunci bagi para profesional di Asia, khususnya di Indonesia, untuk terhubung, berkolaborasi, dan berkontribusi pada wacana global mengenai ketangguhan terhadap bencana.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…

Paviliun Indonesia di Ajang SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:38 WIB

12 Industri yang Diboyong Kemenperin di Ajang SIAM 2024 Maroko Tempati Paviliun Internasional Terbaik

Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Sopar Halomoan Sirait menyampaikan apresiasi kepada KBRI Rabat atas…