Ini Jawaban Kemenperin Menanggapi Keluhan Himpunan Kawasan Industri

Oleh : Hariyanto | Senin, 31 Juli 2017 - 14:43 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menyampaikansambutan di Rakernas ke XVIII HKI (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menyampaikansambutan di Rakernas ke XVIII HKI (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id , Surabaya - Himpunan Kawasan Industri (HKI) Indonesia terus melakukan percepatan pengembangan kawasan industri. Namun, Langkah HKI untuk mempercepat pengembangan kawasan industri menemui beberapa kendala.

Dalam Rakernas ke XVIII HKI yang digelar di Hotel JW Marriott, Surabaya , Senin (31/7/2017), Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI), Sanny Iskandar menyampaikan beberapa keluhan terkait kendala pengembangan kawasan industri diantaranya, pengadaan infrastruktur atau jaringan energi kelistrikan dan gas, dukungan transportasi, serta dukungan ketersediaan air baku untuk industri.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan, pemerintah akan mendukung kawasan industri untuk membangun infrastruktur, terlebih hal tersebut masuk dalam projek Strategis Nasional.

"Yang terkait dengan infrastruktur, tentu kalau kawasan tersebut masuk projek strategis nasional maka infrastrukturnya akan dibangun oleh pemerintah apakah itu jalan apakah itu pelabuhan, kebetulan pemerintah juga membangun akademi komunitas atau politeknik," ungkap Airlangga Hartarto di Surabaya.

Ia menambahkan, pemerintah juga akan melihat beberapa percontohan terkait dengan infrastruktur listrik dan gas di kawasan industri.

"Terkait infrastruktur listrik dan gas, selektif pemerintah nanti akan melihat. Contohnya di kawasan industri makasar nanti akan di cari opsi-opsinya karna disitu kan dekat dengan sumber, makanya kami minta kawasan untuk melihat bentuk FSRU-nya seperti apa," lanjutnya.

Kemudian, lanjut Airlangga, untuk di daerah luar jawa itu ada masalah untuk pengembangan masterplanya yang secara lebih baik, tidak hanya berbasis satu atau dua komoditas.

"Apalagi pada saat komoditas ini harganya turun, sehingga beberapa kawasan pertumbuhanya agak pelan, nah ini yang di minta untuk dibuka kembali," ungkapnya.

Mengenai target tahun ini apakah akan terpenuhi semua, ia menegaskan, target tersebut ada tahapan tahapanya, misalnya kawasan industri di jawa timur sudah siap di kawasan-kawasan yang baru.

"Kalau di luar jawa beberapa yang siap seperti di sulawesi tengah dan sulawesi tenggara, kalimantan barat, sumatera utara, Sei Mangkei dan Kuala tanjung, itu beberapa yang sudah siap, yang lain tentu akan di dorong supaya persiapanya lebih baik," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wings Food menggelar acara Halal Bihalal bersama beberapa komunitas anak muda.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:19 WIB

Wings Food Ajak Anak Muda Berbagi Kebaikan Melalui Acara Halal Bihalal

Sukses menggelar roadshow Semarak Ramadan, Wings Food menggelar acara halal bihalal bersama beberapa komunitas anak muda di pesantren khusus anak yatim piatu As-Syafi’iyah.

Peluncuran PRUWell Medical dan Medical Syariah dari Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:08 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Luncurkan Produk Asuransi Kesehatan dengan Konsep “Fairness”

PRUWell dan PRUWell Medical Syariah menawarkan premi atau kontribusi yang terjangkau dan adil (fair pricing) secara berkala sebagai apresiasi terhadap para pemegang polis yang terus menjaga…

Hadir dalam peluncuran diantaranya Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM Kadin Indonesia Dhaniswara K. Harjono, Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia, dan Cahyo Rahadian Muzhar, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM

Rabu, 08 Mei 2024 - 22:06 WIB

KADIN Luncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia meluncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia (LMSB-KI) untuk membantu penyelesaian sengketa bisnis baik untuk anggota dan umum. Lembaga…

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.