Ekspatriat Tumbuh Pesat di Jababeka, Restoran Asing pun Menjamur

Oleh : Candra Mata | Senin, 25 Maret 2024 - 22:25 WIB

Kota Jababeka, Cikarang
Kota Jababeka, Cikarang

INDUSTRY co.id - Seiring meningkatnya jumlah ekspatriat di kawasan industri Jababeka (KIJA), Cikarang yang saat ini mecapai 10.000 jiwa, restoran asing pun menjamur di mana-mana.

Restoran-restoran asing tersebut menjajakan kuliner khas negara asal masing-masing dan bersanding dengan maraknya kuliner nusantara yang terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya.

Mereka bersaing baik dalam hal konsep, pelayanan, maupun harga. 

Sebut saja restoran Yoshinoya Jepang yang sudah terkenal di berbagai negara, lalu restoran Hanamasa asal Korea, kemudian Pizza Marzano dari Italia, dan Pat Thai Bangkok Seafood serta Raa Cha Suki & BBQ asal Thailand.

Berikut adalah beberapa restoran terkenal yang eksis karena berbagai strategi baik dari sisi menu disajikan maupun cara mereka memantik selera para petualang kuliner.

Restoran Korea Tawarkan AYCE

Restoran-restoran asal negeri ginseng Korea Selatan muncul bertebaran di kawasan Jababeka.  Menariknya, restoran-restoran Korea berani menawarkan konsep berbeda yang membuat para pelancong kuliner tak sanggup menahan selera.

Daya saing yang dihadirkan restoran-restoran Korea, selain kekhasan dan kelezatan menu, adalah konsep all you can eat (AYCE).

Masuk ke restoran Korea, Anda hanya perlu membayar sekali saja dan bisa makan sepuasnya dalam jangka waktu tertentu. Anda bisa menikmati semua menu yang disiapkan.

Restoran Korea yang menerapkan konsep ini, misalnya, Hanamasa, salah satu pelopor konsep  all you can eat di Indonesia.

Di restoran ini ada banyak pilihan menu yang bisa dinikmati antara lain yakiniku, shabu-shabu, dan robatayaki yang semuanya bikin lidah bergetar.

Di kawasan Jababeka, Hanamasa Restoran bisa dijumpai di Mall Lippo Cikarang Lantai 1, Jl. Muhammad Haji Thamrin, Cibatu, Cikarang Selatan, Cibatu, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat.

Selain Hanamasa, Pochajjang juga menggaet konsumen dengan cara all you can eat atau AYCE. Di restoran yang beralamat di Ruko Golden Boulevard No. CC 09, Jl. Niaga Raya Jl. Jababeka II No. 10, Pasirsari, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat ini, Anda bisa menikmati sepuasnya menu daging sapi yang sudah dimarinasi dan Anda tinggal memanggang saja.

Jepang  Hadirkan Sensasi Beef Bowl

Saking ramainya Jababeka  dihuni belasan ribu ekspatriat,  rumah makan dengan reputasi internasional  dari Jepang yakni Yoshinoya ikut nongkrong di kawasan ekonomi terkemuka itu. Yoshinoya resmi dibuka di koridor utama kota Jababeka pada tanggal 13 November 2019 lalu.

Yoshinoya  berdiri sejak tahun 1899 di negeri berjuluk Sakura. Yoshinoya menghadirkan sensasi menu beef bowl dengan kualitas bahan baku premium sebagai menu andalannya.

Lidah pengunjung bakal dimanjakan oleh lembutnya irisan daging import yang dimasak dengan bumbu resep asli Jepang. Yoshinoya Jababeka merupakan gerai ke-111 di Indonesia, dan menambah daftar kuliner di kota Jababeka. 

Yoshinoya berani beroperasi setelah mengetahui kuatnya  captive market di Kota Jababeka. Selain  captive market, dengan infrastruktur lengkap dan fasilitas matang di Jababeka, Yoshinoya yakini  bisa meraup banyak cuan.

Sajian Cita Rasa Asyik Thailand

Restoran Thailand hadir pula di kawasan Jababeka. Belum ada data pasti berapa banyak warga negara atau ekspatriat asal Thailand di Jababeka.

Namun jika dilihat dari banyaknya restoran berlabel negara Gajah Putih itu,  yang pasti  ekspatriat asal Thailand banyak juga di sana.

Menu Thailand, salah satu yang unik dan  penuh dengan cita rasa. Diungkapkan dalam buku Cita Rasa Asyik - Masakan Thailand oleh Dapur Kirana bahwa masakan Thailand merupakan salah satu masakan paling unik di dunia.

Masakan Thailand menghadirkan lima rasa dalam satu menu  yaitu asam, manis, asin, pahit, dan panas. Menariknya lagi, restoran Thailand tidak hanya memikat tamu dengan lima rasa asyik, tapi juga memberikan tamunya self reward yaitu penghargaan pada diri tamu itu sendiri.

Dalam hal ini bentuk self reward-nya berupa kesempatan yang diberikan kepada tamu untuk mencicipi masakan sehingga mendapatkan rasa yang diinginkan. Koki Thai akan selalu siap untuk menghilangkan salah satu atau dua rasa sesuai selera pemburu kuliner.

Di Jababeka banyak ditemukan restoran Thailand. Antara lain Restoran Red Suki yang terletak di Grand Metropolitan Mall Lantai 3 No. 5, Jalan KH. Noer Alie, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan.

Restoran ini memiliki berbagai menu masakan Thailand, seperti Ikan saus cabe ala Thai dan aneka dinsum. Dan hal unik dari restoran ini adalah, tamu bisa mengambil berbagai buah yang tersedia secara gratis. Restoran ini dibuka dari pukul 11.00 hingga jam 21.00.

Ada juga, restoran Raa Cha yang menyajikan makanan Thailand yang lezat. Restoran ini berlokasi di jalan KH. Noer Alie, Sel Grand Metropolitan Mall Bekasi 1st Floor, RT.007/RW.003, Pekayon Jaya,  Kota Bekasi.

Di sini Anda  bisa menikmati beberapa menu paket Raa Cha hingga soy sauce  yang dibuka dari jam 10.00 hingga jam 21.00.

Pizza Marzano Itali yang Beradaptasi

Masakan Italia tak mau hanya terkenal di negara lain, tapi juga di Indonesia, khususnya di kawasan Jababeka. Kuliner  Italia umumnya identik dengan pasta dan pizza.

Kedua jenis makanan ini memang sudah cukup populer di kalangan Indonesia. Menariknya, si Indonesia, pasta dan pizza Italia diadaptasi dengan selera masyarakat setempat.

Pasta dan pizza diadaptasi bumbunya sehingga sesuai dengan lidah masyarakat setempat yang menyukai rasa gurih, pedas, dan lain lain- lain yang biasanya dijadikan topping. Bahkan, banyak cafe dan restoran yang menyisipkan menu pasta dan pizza dalam menu mereka.

Di kawasan Jababeka,  restoran Italia ditemukan di beberapa tempat, seperti  Pizza Marzano di Summarecon Mall Bekasi, Lantai Ground Jl. Ahmad Yani, Bekasi Utara, Bekasi, yang beroperasi dari Senin hingga- Minggu, jam 10.00 hingga 22.00 WIB.

Selain Pizza Marzano di, ada pula Pancious, restoran  yang merupakan pionir dalam memopulerkan menu pancake. 

Di tangan Pancious, menu pancake menjadi menu yang bisa dinikmati kapan saja, tidak hanya sebagai makanan ringan sarapan pagi, namun juga bisa dinikmati sebagai menu main course dalam berbagai macam cita rasa.

Kekuatan Pancious adalah kemampuan untuk terus berinovasi dalam meracik menu-menu mereka. Setiap tahunnya selalu ada variasi menu yang diciptakan khusus untuk memanjakan para food lovers.

Tidak hanya itu, untuk lebih mendekatkan diri kepada para pecintanya, Pancious hadir di titik-titik leisure strategis. Di kawasan Jababeka,  Pancious ada Summarecon Mall Bekasi, Lantai 1, Jl. Ahmad Yani, Bekasi Utara, Bekasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…