Menjaga Kesehatan Selama Ramadan: Tips Praktis untuk Berpuasa dengan Sehat dan Bijaksana ala Ninja Xpress

Oleh : Herry Barus | Rabu, 20 Maret 2024 - 11:02 WIB

Tips Praktis untuk Berpuasa dengan Sehat dan Bijaksana ala Ninja Xpress
Tips Praktis untuk Berpuasa dengan Sehat dan Bijaksana ala Ninja Xpress

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Ramadan, bulan suci dalam agama Islam, tidakhanya memberikan kesempatan bagi umat Muslim untuk meningkatkan spiritualitas melalui berpuasa, tetapi juga mempromosikan kesehatan fisik dan mental. Selama Ramadan, praktik puasa yang melibatkan menahan diri dari makanan dan minuman dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari mengajarkan disiplin, kontrol diri, dan kesadaran akan kesehatan.

Namun, penting bagi individu untuk memahami bagaimana menjalani puasa dengan sehat dan bijaksana, mengingat asupan nutrisi yang cukup, hidrasi yang tepat, dan istirahat yang cukup untuk memastikan keseimbangan tubuh tetap terjaga selama bulan yang penuh berkah ini.

Berikut beberapa tips yang dapat umat Muslim lakukan dalam menjalankan puasa ala Ninja Xpress:

1. Pola Makan yang Teratur dan Seimbang Pastikan untuk mengonsumsi menu sahur yang seimbang dengan kandungan nutrisi yang mencukupi seperti karbohidrat kompleks, protein, serat, serta vitamin dan mineralpenting. Ini akan membantu menjaga energi dan keseimbangan gula darah selama hari puasa. Pada saat berbuka, hindari makan berlebihan atau mengonsumsi makanan yang berlemak dan berat. Pilihlah makanan ringan dan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan berserat tinggi untuk membantu pencernaan.

2. Hidrasi yang Cukup.Pastikan untuk minum air dalam jumlah yang cukup saat berbuka, sahur, dan di antara waktu berbuka untuk mencegah dehidrasi. Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan mengonsumsi setidaknya delapan gelas air putih atau sekitar dua liter per hari. Anda dapat mencapai asupan cairan harian dengan membaginya antara sahur dan berbuka. Perbanyak konsumsi air putih daripada minuman manis atau berkafein.

3. Istirahat yang Cukup. Usahakan untuk tidur yang cukup setiap malam untuk memberi tubuh waktu yang cukup untuk memulihkan diri. Hindari begadang atau tidur terlalu larut yang dapat menggangguritme sirkadian tubuh.

4. Aktivitas Fisik yang Ringan.Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, stretching, dan yoga setelah berbuka untuk menjaga kebugaran fisik dan meningkatkan metabolisme. Hindari aktivitas fisik yang berat di bawah terik matahari.

5. Perhatikan Sinyal Tubuh.Dengarkan tubuh Anda dan reaksinya selama berpuasa. Jika merasa lelah atau lemas, beristirahatlah dan penting untuk berkonsultasi dengan profesional medis atau ahli gizi sebelum memulai puasa untuk memastikan keselamatan dan kesehatan Anda. Dengan memperhatikan aspek-aspek ini, kita dapat menjalani Ramadan dengan kesehatan yang prima, memaksimalkan manfaat spiritual dan kesehatan dari ibadah puasa ini. Selamat menjalankan Ibadah Puasa!

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pendampingan Teknologi Bagi IKM Alas Kaki

Kamis, 02 Mei 2024 - 10:18 WIB

Kemenperin Pacu Pengembangan IKM Alas Kaki Lewat Pendampingan Teknologi

Industri alas kaki nasional, khususnya skala kecil dan menengah, semakin tumbuh dan berkembang. Ini terlihat dari bermunculannya berbagai jenama (brand) lokal yang memiliki kualitas dan desain…

Ilustrasi pembiayaan BNI ke PLTB Sidrap

Kamis, 02 Mei 2024 - 10:18 WIB

BNI Danai Akuisisi PLTB Sidrap oleh Barito Group

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menunjukkan komitmennya dalam mendukung transisi energi hijau dengan mendanai akuisisi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap berkapasitas…

Dok MSIG Life Insurance

Kamis, 02 Mei 2024 - 09:56 WIB

Masuki Usia ke-39, MSIG Life Perkuat Komitmen Sebagai Mitra Kepercayaan Nasabah Lewat Budaya Kerja Baru

PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk (MSIG Life) atau yang sebelumnya dikenal dengan Sinarmas MSIG Life, saat ini menapaki usia ke-39 dan merayakan tahun pertamanya sebagai MSIG Life.

Bertemu KSAD, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Alutsista dan Kesejahteraan Prajurit

Kamis, 02 Mei 2024 - 09:43 WIB

Bertemu KSAD, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Alutsista dan Kesejahteraan Prajurit

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendorong Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk senantiasa meremajakan dan memodernisasi alat utama sistem senjata (Alutsista)…

Pakar komunikasi digital dan pengamat media sosial, Anthony Leong

Kamis, 02 Mei 2024 - 09:14 WIB

PEDAS: Tidak Ada Parpol Pengusung Tunggal Cagub Jakarta

Direktur PoliEco Digital Insights Institute (PEDAS), Anthony Leong mengatakan bahwa tidak ada partai politik yang mengusung sendiri Calon Gubernur (Cagub) Jakarta 2024. Anthony yang juga Wakil…