Nasehat Jenderal Sun Tzu Untuk Jenderal Prabowo Subianto

Oleh : Herry Barus | Senin, 04 Maret 2024 - 08:46 WIB

Nasehat Jenderal Sun Tzu Untuk Jenderal Prabowo
Nasehat Jenderal Sun Tzu Untuk Jenderal Prabowo

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Sebagai seorang jenderal,  pastinya Prabowo Subianto tidaklah asing lagi dengan kitab “The Art of War” Sun Tzu, jenderal ahli strategi militer asal Tiongkok Kuno, yang juga dikenal sebagai filsuf.

Sebagai seorang jenderal yang kenyang merasakan medan pertempuran, saya yakin seyakin-nya bahwa mantan Danjen Kopassus dan Pangkostrad yang pernah menjadi komandan tempur, pasti juga sudah nglontok, hafal di luar kepala dengan intisari kitab “The Art of War” Sun Tzu.   Demikian keterangan dari  Alex Palit, jurnalis, penulis buku “2024 Kenapa Harus Prabowo Subianto Notonegoro”

Selain mengajarkan strategi dan taktik seni berperang, “The Art of War”, jenderal Sun Tzu juga banyak mengajarkan perihal kepemimpinan dengan memadukan ajaran filsafat dari Konfusianisme dan Taoisme, sebagai kompas moral yang disebutnya sebagai “Jalan Sejati”.

Disebutkan oleh Sun Tzu, ada lima “Jalan Sejati” yang  merupakan keutamaan yang harus di-punyai dan dipegang seorang jenderal dalam kepemimpinannya sebagai pemimpin.

Sebagaimana dikatakan, sebagai ‘jenderal tertinggi’, seorang jenderal harus memiliki “Lima Jalan Sejati” yaitu kebijaksanaan, kejujuran, kebajikan, keberanian, dan disiplin sebagai kompas moral.

Di mana kompas moral ini merupakan sumber utama falsafah perang. Kompas moral ini, menurut Sun Tzu, sangat menentukan memang-kalah perang. Pandangan ini mengacu pada bahwa dunia manusia adalah dunia moral. Karena itu, kompas moral “Lima Jalan Sejati” sangatlah penting dimiliki seorang jenderal, komandan atau pemimpin.

Sun Tzu juga menempatkan bahwa seorang jenderal bukanlah tentara yang hanya pekerja; ia adalah seorang ilmuwan, bangsawan, dan filsuf. Sebagai filsuf, seorang jenderal tertinggi harus menempatkan kebajikan sebagai keutamaan.

Dikatakan oleh Sun Tzu: Anda adalah ‘jenderal tertinggi’ bagi kehidupan – medan pertempuran – Anda. Hendaknya Anda menunjukkan kapasitas diri yang kuat, kalau tidak  roda kehidupan Anda tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

UMKM yang mengikuti PackFest 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:40 WIB

PackFest 2024 Kembali Hadir, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Kemasan Yang Kekinian

Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest merupakan program…

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…

Warga Mampang menerima bantuan BRI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:01 WIB

BRI Warung Buncit Serahkan Bantuan Sarana Kegiatan di 3 RT Wilayah Mampang

Kantor Cabang BRI (Bank Rakyat Indonesia) Warung Buncit Jaksel menyerahkan bantuan sarana dan prasarana perlengkapan untuk kegiatan warga kepada RT001, RT008, RT,009 RW001 Kelurahan Mampang…

 PT Gunung Bara Utama (GBU) memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kutai Barat.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 08:26 WIB

Gunung Bara Utama Kirim Bantuan Untuk Korban Banjir Kutai Barat

PT Gunung Bara Utama (GBU) memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kutai Barat.