Pembukaan Kantor Pelayanan Pariwisata Taiwan di Jakarta

Oleh : Herry Barus | Jumat, 01 Maret 2024 - 08:58 WIB

Pembukaan Kantor Pelayanan Pariwisata Taiwan di Jakarta
Pembukaan Kantor Pelayanan Pariwisata Taiwan di Jakarta

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bergandengan tangan dengan industri perjalanan lokal untuk mengembangkan peluang bisnis pariwisata Taiwan di tahun 2024. Dalam rangka menyebarkan dan memperluas pasar pariwisata Taiwan secara global di Indonesia, dan untuk memperkuat promosi wisatawan Indonesia ke Taiwan, Administrasi Pariwisata Kementerian Perhubungan dan Komunikasi (MOTC) membuka Kantor Layanan Pariwisata Taiwan di Jakarta yang berlokasi di GoWork Central Park pada 28 Februari 2024.

Deputi Direktur Jenderal Administrasi Pariwisata Kementerian Perhubungan dan Komunikasi (MOTC), Mr. Chou Ting Chang, memimpin peresmian Kantor Layanan Pariwisata Taiwan dan mengundang Kantor Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taipei, China Airlines, Eva Airways, Singapore Airlines, dan agen perjalanan lokal ke Indonesia untuk bergabung dalammengeksplorasi peluang bisnis pariwisata Taiwan 2024. Pada hari peresmian tersebut juga diadakan kegiatan promosi Taiwan Day, dimeriahkan oleh Kadek Arini, seorang selebriti Instagram (selebgram) papan atas Indonesia, yang membagikan pengalaman pribadi dalammelakukan perjalanan ke Taiwan dengan tema “The New Mysteries of Taiwan Tourism in 2024”dan “Sajian Destinasi dan Festival Baru untuk Pariwisata di Taiwan”. Selain itu, Taiwan Tourismakan menyediakan makanan dan suvenir khas Taiwan bagi masyarakat Indonesia yangberkunjung ke Pusat Layanan / service centre untuk menunjukkan pesona pariwisata Taiwanyang ramah wisatawan.

Dengan populasi lebih dari 278,8 juta jiwa, Indonesia merupakan negara terbesar di ASEANdalam hal luas wilayah dan skala ekonomi, serta memiliki dividen demografi dan daya konsumsi yang berkembang pesat. Indonesia merupakan salah satu negara di Asia yang memiliki potensiterbesar untuk pengembangan pariwisata.

Untuk memperluas pasar wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Taiwan, Administrasi Pariwisata Taiwan telah memprioritaskan pendirian KantorLayanan Pariwisata Taiwan di Jakarta setelah pandemi, dengan harapan dapat menjawabkebutuhan wisatawan Indonesia dan memberikan lebih banyak informasi langsung tentangpariwisata Taiwan.

Bagi travel agent Indonesia, pendirian Kantor Layanan Jakarta akanmeningkatkan efisiensi komunikasi dan memperkuat pertukaran dan pengembangan industripariwisata antara kedua tempat, terlepas dari apakah itu tentang rencana perjalanan tematikyang inovatif, fitur produk, atau informasi pariwisata Taiwan yang diperlukan untuk perjalanan.

Oleh karena itu, selain basis pelanggan yang ada, hal ini juga akan memperkuatpengembangan keseluruhan pariwisata kelas menengah ke atas dan pasar perjalanan MICE(Meetings, Incentives, Conferences and Exhibitions), dan akan membawa hubungan pertukaranantara industri pariwisata Taiwan dan Indonesia ke tonggak sejarah baru.

Menteri Chen Sheng-peng dari Kantor Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taipei diIndonesia mengatakan bahwa sejak Taiwan mempromosikan kebijakan baru ke arah selatanpada 2016, telah terjalin interaksi yang erat antara pemerintah Indonesia dan sektor swasta.

Melalui pendalaman kerja sama dan pertukaran yang menyeluruh, hubungan bilateral antaraTaiwan dan Indonesia pun terus berkembang di semua aspek. Kunjungan timbal balik tahunanantara Taiwan dan Indonesia mencapai angka 229.960 sebelum pandemi, dan kunjungan timbalbalik akan mencapai angka 201,950 pada 2023.

Diharapkan, melalui pendirian Kantor LayananPariwisata Taiwan dari Administrasi Pariwisata Taiwan di Jakarta, informasi pariwisata Taiwanakan secara aktif dipromosikan untuk menciptakan puncak baru dalam pertukaran pariwisataantara Taiwan-Indonesia. Selain itu, karena Indonesia adalah negara dengan populasipenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan angka lebih dari 200 juta umat, pasar konsumensecara keseluruhan memiliki ukuran yang cukup besar. Diyakini bahwa di masa depan, kantorlayanan tersebut dapat secara langsung memberikan lebih banyak informasi pariwisata yanglebih ramah Muslim kepada warga Indonesia untuk meningkatkan kemampuan Taiwan dalammenarik wisatawan ke pasar pariwisata Muslim.

Deputi Direktur Jenderal Administrasi Pariwisata Kementerian Transportasi dan Komunikasi  (MOTC), Chou Ting Chang, mengatakan, "Indonesia adalah pasar utama yang secara aktifdikembangkan oleh Taiwan, dan Administrasi Pariwisata Taiwan tidak hanya mementingkanturis Tiongkok, tetapi juga secara aktif mempersiapkan pasar Muslim yang besar." PendirianKantor Layanan Jakarta ini memungkinkan terjadinya pertukaran yang mendalam denganindustri lokal dan akan memungkinkan industri serta masyarakat umum untuk merasakankeramahan Taiwan dan mempromosikannya kepada teman-teman dari luar negeri melaluipenyediaan layanan informasi yang tersedia dalam waktu satu jam, dan yang paling penting,akan memberikan mereka tempat untuk menampilkan karakteristik pariwisata Taiwan yangberagam, menampilkan Taiwan yang lebih ramah wisatawan dan terlokalisasi.

Selama acara Taiwan Day, Deputi Direktur Chou Ting Chang mengundang selebgram Kadek Arini untukmencicipi makanan ringan berupa labu otentik Taiwan, bahkan membagikan daftar makananlezat Taiwan menurut selera pribadinya. Beliau juga mengundang Kadek Arini untuk kembali keTaiwan untuk mencicipinya lagi. Kadek Arini, yang telah melakukan perjalanan ke Taiwan,mengatakan bahwa Taiwan adalah tujuan wisata yang luar biasa, baik itu kota pegununganJiufen, pemandangan danau Sun Moon Lake, atau daerah pusat kota Ximending. Ada berbagaihidangan lokal juga pemandangan yang indah, dan setiap musim memiliki karakteristik khusussehingga Taiwan bisa dinikmati sepanjang tahun.

Zhou Shibi, direktur Dinas Pariwisata Taiwan di Jakarta, menunjukkan bahwa Biro Pariwisatasudah mulai secara aktif menata pasar Indonesia sejak masa karantina. Pada 2023, telahmembentuk tim konseling proyek lokal dan secara aktif meminta travel agent dan maskapaipenerbangan besar untuk memahami kebutuhan pasar dan preferensi masyarakat Indonesia.Kami akan membangun basis data audio-visual mengenai pariwisata Taiwan untukmengoptimalkan publisitas dan menggunakan newsletter untuk menyebarluaskan informasipariwisata tematik untuk memenuhi permintaan mengenai pariwisata Taiwan dari industriperjalanan lokal serta media penerbangan di Indonesia secara tepat waktu.

Setelah pendirian kantor layanan ini, pemasaran online dan kegiatan promosi offline akandikerahkan untuk membantu operator Indonesia dalam memperluas kinerja pengirimanpelanggan mereka. Di masa depan, kantor layanan akan memanfaatkan lokasinya di pusatperbelanjaan terkenal untuk menyelenggarakan kegiatan promosi rutin dengan berbagai temapariwisata Taiwan, yang secara langsung menargetkan segmen konsumen kelas menengah keatas, dan secara aktif mengembangkan pasar Skema Kunjungan Individu (IVS) dalam rangka membantu mencapai target 12 juta pengunjung dari seluruh dunia ke Taiwan pada 2024.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PRESS RELEASE KONFERENSI PERS PAMERAN INDOBEAUTY EXPO 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 07:12 WIB

Siap-Siap, Bakal Banyak Kejutan di Pameran INDOBEAUTY EXPO 2024

Jakarta-Industri kosmetik Indonesia kian menjanjikan dan diproyeksi akan terus berkembang pesat sejalan dengan masifnya perkembangan e-commerce di Indonesia. Merujuk data yang dilansir Badan…

Siloam Hospitals Mampang Memperkenalkan Perawatan Komperhensif Tulang Belakang

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:43 WIB

Siloam Hospitals Mampang Memperkenalkan Perawatan Komperhensif Tulang Belakang

Jakarta – Perkembangan yang menggembirakan bagi pasien yang menderita penyakit terkait tulang belakang, Siloam Hospitals Mampang dengan bangga mengumumkan pengenalan teknik bedah tulang belakang…

Berbagai Pertunjukan Artis Menambah Kemeriahan Akhir Pekan Pameran GIIAS 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:35 WIB

Berbagai Pertunjukan Artis Menambah Kemeriahan Akhir Pekan Pameran GIIAS 2024

Tangerang– Para peserta GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 tidak hanya menawarkan beragam inovasi dan teknologi terbaru dalam dunia otomotif, tetapi juga menyuguhkan hiburan…

Perluasan Produk Perbankan Syariah Bank DKI di Dunia Pendidikan, Bank DKI Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:18 WIB

Perluasan Produk Perbankan Syariah Bank DKI di Dunia Pendidikan, Bank DKI Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta

Jakarta – Dalam rangka memperluas penggunaan produk perbankan syariah Bank DKI, khususnya di dunia pendidikan, Bank DKI bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta sepakat menjalin kerja…

UMKM binaan BRI yang mendapatkan pendampingan

Sabtu, 27 Juli 2024 - 03:55 WIB

Portofolio Kredit UMKM Terbesar di Indonesia, Peran Nyata BRI Topang Perekonomian Nasional

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus menunjukkan komitmen dalam menopang perekonomian nasional melalui pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).