Daewoong Pharmaceutical Mendapatkan Persetujuan Untuk Laboratorium Pengolahan Sel Punca di Indonesia

Oleh : Herry Barus | Kamis, 15 Februari 2024 - 10:30 WIB

Daewoong Pharmaceutical
Daewoong Pharmaceutical

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Daewoong Pharmaceutical mempercepat penetrasinya ke pasar obat regeneratif Indonesia. Perusahaan mengumumkan pada tanggal 13 Februari 2024 bahwa anak perusahaan lokalnya, Daewoong Biologics Indonesia, telah memperoleh Lab Operational License (LOL) untuk laboratorium pemrosesan sel punca dari Kementerian Kesehatan Indonesia.

Lisensi ini memungkinkan penelitian dan produksi sel punca. Kementerian Kesehatan Indonesia (Kemenkes) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyetujui fasilitas ini setelahmemverifikasi kemampuan perusahaan dalam hal kebersihan, keamanan, manajemen mutu,dan melakukan inspeksi langsung.  Demikian keterangan dihimpun oleh Dessy, tim Redaksi.

Sel punca, yang mampu berdiferensiasi menjadi jenis sel apa pun dan dapat mereplikasi diri,sangat penting untuk meregenerasi jaringan atau organ manusia yang rusak. Dengan lisensi ini, Daewoong Pharmaceutical kini dapat menangani sel punca secara lokal, yang merupakankomponen penting dalam bisnis pengobatan regeneratifnya.Daewoong Pharmaceutical Percepat Bisnis Terapi Sel di Indonesia, Targetkan Pasar 13 Triliun Won

Industri kesehatan di Indonesia berkembang pesat. Pasar farmasi di Indonesia diperkirakanakan mencapai 18 triliun won pada tahun 2026 dari 13 triliun won pada tahun 2022, didorongoleh pertumbuhan populasi dan penuaan yang cepat, sehingga menyebabkan peningkatanpenyakit yang tidak dapat disembuhkan seperti kanker dan penyakit degeneratif otak.

Daewoong Pharmaceutical, melalui anak perusahaan lokalnya Daewoong Biologics Indonesia,sedang membangun sistem kerja sama dengan rumah sakit dan klinik setempat untukmemajukan penelitian dalam pengobatan penyakit yang tidak dapat disembuhkan.

Perusahaanberencana memasuki pasar pengobatan regeneratif, terapi sel, dan estetika biomaterial denganmemproduksi dan memproses sel punca untuk digunakan di rumah sakit dan klinik.

Merintis Pasar Biosimilar dan Memperkuat Pertumbuhan Bersama Industri Obat BioRegeneratif Indonesia

Di bawah visi menjadi obat regeneratif terdepan di Indonesia, Daewoong Pharmaceutical telah mengupayakan pertumbuhan bersama dengan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan

industri sejak tahun 2012.

Daewoong Biologics Indonesia, didirikan untuk masuk ke pasar regeneratif lokal dan pasarestetika, memiliki pabrik produksi terapi sel, pabrik produksi kosmetik, dan laboratorium diKawasan Industri Jababeka, Cikarang, sejak tahun 2021. Ini adalah fasilitas yangmengintegrasikan teknologi pengembangan yang canggih mencakup semua tahap uji klinis selpunca, penelitian, dan produksi yang diadakan oleh Yongin Cell Therapy Center milikDaewoong Pharmaceutical. Daewoong Pharmaceutical berencana untuk mentransfer teknologipengembangan terapi sel terbaru Korea ke Daewoong Biologics Indonesia dan mencaripertumbuhan bersama dalam industri regeneratif lokal melalui kerja sama yang berkelanjutandengan Yongin Cell Therapy Center.

Ini bukanlah kontribusi pertama Daewoong Pharmaceutical terhadap transfer teknologi danpenelitian lokal. Pada tahun 2012, Daewoong Pharmaceutical membangun pabrik biofarmasi pertama di Indonesia, memperkuat bisnis farmasi dan bioteknologi secara lokal.

Dengan mendirikan pabrik biofarmasi pertama di Indonesia, Daewoong Pharmaceuticalberkontribusi terhadap pengembangan industri biofarmasi lokal melalui transfer teknologi danmembangun landasan untuk beroperasi langsung dalam penelitian dan pengembangan,produksi, serta penjualan. Khususnya, sejak tahun 2017, pengobatan anemia ‘Erythropoietin’yang diproduksi secara lokal disetujui sebagai biosimilar pertama di Indonesia.

Daewoong Pharmaceutical juga mendapat penghargaan 'Perusahaan Biofarmasi Terbaik' oleh BPOM dan mendapat penghargaan menteri dari Kemenkes pada tahun yang sama atas kontribusinyaterhadap kesehatan masyarakat Indonesia.

Perwakilan dari Daewoong Pharmaceutical menyatakan, "Sebagai perusahaan Korea pertamayang memasuki pasar lokal dan mendapatkan persetujuan untuk laboratorium pemrosesan selpunca, kami tidak hanya akan melakukan pengobatan bio-regeneratif namun juga penelitiandan pengembangan, serta komersialisasi pengobatan untuk penyakit yang tidak dapat disembuhkan.

Daewoong Pharmaceutical akan memimpin pertumbuhan bersama denganindustri farmasi dan bioteknologi Indonesia, membantu Indonesia menjadi bio hub global.”

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Warung madura

Sabtu, 27 April 2024 - 14:15 WIB

KemenKopUKM Tak Pernah Larang Warung Madura Buka 24 Jam

Menanggapi pemberitaan yang beredar di tengah masyarakat terkait dengan jam operasional warung madura, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) tidak pernah melarang warung madura untuk beroperasi…

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…