EasyLegal Bawa Inovasi dalam Menangani Legalitas UMKM Indonesia

Oleh : Wiyanto | Minggu, 24 Desember 2023 - 21:38 WIB

Easy Legal dorong pelaku UMKM punya legalitas
Easy Legal dorong pelaku UMKM punya legalitas

INDUSTRY.co.id-Bandung – Menyikapi pentingnya peran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam ekonomi Indonesia, EasyLegal menghadirkan solusi canggih untuk mengatasi kendala legalitas yang kerap dihadapi oleh UMKM.

Menurut data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkopukm) pada tahun 2021, tercatat ada 64,2 juta unit UMKM di Indonesia, yang menegaskan kebutuhan akan dukungan yang lebih efisien dan efektif.

Vivi Puspita Dewi, CEO EasyLegal, menyoroti pentingnya pengelolaan legalitas usaha bagi UMKM. “Dengan adanya legalitas usaha, UMKM akan lebih mudah dalam pengembangan usahanya ke depan. Selain itu, UMKM juga memiliki payung hukum yang akan meningkatkan kepercayaan konsumen, mudah melakukan pinjaman usaha, lebih mudah mendapatkan proyek, hingga bentuk mematuhi hukum yang berlaku,” ujar Vivi.

EasyLegal, sebagai respons atas tantangan legalitas, menawarkan solusi yang memudahkan UMKM dalam menangani aspek hukum bisnis. “Kami percaya kemudahan adalah kunci dalam menjalankan usaha, terutama bagi UMKM yang beroperasi di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan proses yang dapat dilakukan 100% online, kami melayani UMKM dari Sabang sampai Merauke,” kata Vivi.

Mempermudah transaksi pelanggan, EasyLegal menggandeng Tokopedia, salah satu marketplace terdepan, untuk memungkinkan pembayaran yang aman dan mudah.

Vivi menambahkan, “Ini bukan tentang memberikan solusi legalitas, tetapi juga membawa kemudahan dalam segala aspek bisnis. Kami ingin menjadi mitra sejati UMKM, bukan hanya dalam aspek legalitas, tetapi juga dalam membangun keberlanjutan bisnis mereka secara keseluruhan.”

EasyLegal juga menyediakan konsultasi gratis tentang legalitas usaha bagi UMKM, sebagai bagian dari komitmen mereka. “Konsultasi gratis ini tidak hanya sekadar pelayanan, tetapi juga bentuk kepedulian kami terhadap kesuksesan UMKM. Kami ingin menjadi teman yang setia dalam menghadapi legalitas bisnis,” pungkas Vivi.

Dengan inisiatif yang inovatif dan menyesuaikan dengan kebutuhan UMKM, EasyLegal tidak hanya menawarkan solusi, tetapi juga aktif mendukung perkembangan UMKM di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rakernas, ALDEI Mengakselerasi Industri Logistik Digital Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:33 WIB

Rakernas, ALDEI Mengakselerasi Industri Logistik Digital Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045

Jakarta-Rakernas ALDEI (Asosiasi Logistik Digital Economy Indonesia) tanggal 18 Juli di Paxel HQ, Jakarta yang dibuka dengan dukungan Dewan Pembina ALDEI, sekaligus Wakil Ketua Umum KADIN, Yukki…

Ilustrasi Guru Honorer (Photo by KlikPositif.com)

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:03 WIB

Seratus Guru Honorer Dipecat di Jakarta, Komisi X: Istilah ‘Cleansing’ Terlalu Sadis...

Komisi X DPR RI mengkritik kebijakan pemecatan lebih dari seratus guru honorer di DKI Jakarta secara sepihak melalui sistem ‘cleansing’ atau ‘pembersihan’. Wakil Ketua Komisi XI DPR…

Ketua DPR Puan Maharani

Minggu, 21 Juli 2024 - 08:59 WIB

Duh, MinyaKita Naik Harga dan Langka! Puan Maharani Minta Pemerintah Lakukan Ini...

Ketua DPR RI (H.C) Puan Maharani meminta Pemerintah untuk mengetatkan pengawasan terhadap distribusi minyak goreng bersubsidi merk MinyaKita yang harganya resmi mengalami kenaikan per Jumat…

Ilustrasi Pembangunan Smelter Freeport (Photo by CNN Indonesia)

Minggu, 21 Juli 2024 - 08:41 WIB

Mantap, Tuai Apresiasi! Smelter Freeport di Gresik Rampung, Siap Olah Konsentrat hingga 400 Ribu Ton Tahun Ini

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno menilai smelter yang dibangun oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik secara tepat waktu dan lancar hingga memasuki masa beroperasi. Oleh karenanya,…

Industri furnitur

Minggu, 21 Juli 2024 - 08:28 WIB

Gandeng Perusahaan Industri, Menperin Agus Terus Tingkatkan Kualitas SDM Penopang Industri Furnitur

Secara keseluruhan, kinerja industri pengolahan tercatat menunjukkan level ekspansi, yang tecermin dari capaian Prompt Manufacturing Index-Bank Indonesia (PMI-BI) sebesar 51,97 persen pada triwulan…