EasyLegal Bawa Inovasi dalam Menangani Legalitas UMKM Indonesia

Oleh : Wiyanto | Minggu, 24 Desember 2023 - 21:38 WIB

Easy Legal dorong pelaku UMKM punya legalitas
Easy Legal dorong pelaku UMKM punya legalitas

INDUSTRY.co.id-Bandung – Menyikapi pentingnya peran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam ekonomi Indonesia, EasyLegal menghadirkan solusi canggih untuk mengatasi kendala legalitas yang kerap dihadapi oleh UMKM.

Menurut data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkopukm) pada tahun 2021, tercatat ada 64,2 juta unit UMKM di Indonesia, yang menegaskan kebutuhan akan dukungan yang lebih efisien dan efektif.

Vivi Puspita Dewi, CEO EasyLegal, menyoroti pentingnya pengelolaan legalitas usaha bagi UMKM. “Dengan adanya legalitas usaha, UMKM akan lebih mudah dalam pengembangan usahanya ke depan. Selain itu, UMKM juga memiliki payung hukum yang akan meningkatkan kepercayaan konsumen, mudah melakukan pinjaman usaha, lebih mudah mendapatkan proyek, hingga bentuk mematuhi hukum yang berlaku,” ujar Vivi.

EasyLegal, sebagai respons atas tantangan legalitas, menawarkan solusi yang memudahkan UMKM dalam menangani aspek hukum bisnis. “Kami percaya kemudahan adalah kunci dalam menjalankan usaha, terutama bagi UMKM yang beroperasi di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan proses yang dapat dilakukan 100% online, kami melayani UMKM dari Sabang sampai Merauke,” kata Vivi.

Mempermudah transaksi pelanggan, EasyLegal menggandeng Tokopedia, salah satu marketplace terdepan, untuk memungkinkan pembayaran yang aman dan mudah.

Vivi menambahkan, “Ini bukan tentang memberikan solusi legalitas, tetapi juga membawa kemudahan dalam segala aspek bisnis. Kami ingin menjadi mitra sejati UMKM, bukan hanya dalam aspek legalitas, tetapi juga dalam membangun keberlanjutan bisnis mereka secara keseluruhan.”

EasyLegal juga menyediakan konsultasi gratis tentang legalitas usaha bagi UMKM, sebagai bagian dari komitmen mereka. “Konsultasi gratis ini tidak hanya sekadar pelayanan, tetapi juga bentuk kepedulian kami terhadap kesuksesan UMKM. Kami ingin menjadi teman yang setia dalam menghadapi legalitas bisnis,” pungkas Vivi.

Dengan inisiatif yang inovatif dan menyesuaikan dengan kebutuhan UMKM, EasyLegal tidak hanya menawarkan solusi, tetapi juga aktif mendukung perkembangan UMKM di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI menjadi Official Mobile Banking Partner pada ajang tahunan Urban Sneaker Society (USS) 2024

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 12:39 WIB

USS 2024 presented by BRImo: Kolaborasi Fashion dan Lifestyle, Dukungan BRI Dorong Kreativitas Generasi Muda

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memperkuat komitmennya dalam mendukung perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Terbaru, BRI menjadi Official Mobile Banking Partner pada…

Penerima bantuan Gerobak Kuliner SIG pada acara Serah Terima Bantuan di Desa Rejosari, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, pada Jumat (18/10/2024).

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 09:28 WIB

Dorong Peningkatan Ekonomi Pedesaan, SIG Bantu Pengembangan Usaha Mikro dan Infrastruktur Pertanian di Kabupaten Gresik dan Lamongan

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui program TJSL kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan melalui…

Koordinator Pengawasan Kawasan Industri dan Perumahan BPKP Joko Sutrisno selaku Ketua Tim Assessment (paling kiri), SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom Ahmad Reza (kedua dari kiri), VP Sustainability Telkom Gunawan Wasisto (kedua dari kanan), dan PGS SVP Risk Management Telkom Rini Fitriani (paling kanan)

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 09:04 WIB

Telkom Perkuat Praktik Keberlanjutan, Skor ESG Meningkat Signifikan hingga Raih Predikat Sangat Baik

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berhasil mencapai peningkatan signifikan dalam penilaian ESG (Environmental, Social, and Governance) yang dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan…

Hewan ternak

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 06:39 WIB

Wabah SE di Bengkulu, Kementan Tingkatkan Upaya Pengendalian dan Pencegahan

Kementerian Pertanian (Kementan) terus mengintensifkan langkah pengendalian terhadap kasus penyakit Septicaemia Epizootica (SE), yang juga dikenal sebagai penyakit sapi ngorok, di Provinsi Bengkulu.…

LPPNU bersama BPDPKS serta GAPKI dan Ketua Umum PBNU resmikan Sawit masuk Pesantren

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 06:21 WIB

LPPNU Luncurkan Program Sawit Goes to Pesantren

Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) menyelenggarakan kegiatan Launching Program Sawit Goes to Pesantren untuk mengedukasi santri dan warga Nahdliyin terkait manfaat serta…