EasyLegal Bawa Inovasi dalam Menangani Legalitas UMKM Indonesia

Oleh : Wiyanto | Minggu, 24 Desember 2023 - 21:38 WIB

Easy Legal dorong pelaku UMKM punya legalitas
Easy Legal dorong pelaku UMKM punya legalitas

INDUSTRY.co.id-Bandung – Menyikapi pentingnya peran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam ekonomi Indonesia, EasyLegal menghadirkan solusi canggih untuk mengatasi kendala legalitas yang kerap dihadapi oleh UMKM.

Menurut data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkopukm) pada tahun 2021, tercatat ada 64,2 juta unit UMKM di Indonesia, yang menegaskan kebutuhan akan dukungan yang lebih efisien dan efektif.

Vivi Puspita Dewi, CEO EasyLegal, menyoroti pentingnya pengelolaan legalitas usaha bagi UMKM. “Dengan adanya legalitas usaha, UMKM akan lebih mudah dalam pengembangan usahanya ke depan. Selain itu, UMKM juga memiliki payung hukum yang akan meningkatkan kepercayaan konsumen, mudah melakukan pinjaman usaha, lebih mudah mendapatkan proyek, hingga bentuk mematuhi hukum yang berlaku,” ujar Vivi.

EasyLegal, sebagai respons atas tantangan legalitas, menawarkan solusi yang memudahkan UMKM dalam menangani aspek hukum bisnis. “Kami percaya kemudahan adalah kunci dalam menjalankan usaha, terutama bagi UMKM yang beroperasi di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan proses yang dapat dilakukan 100% online, kami melayani UMKM dari Sabang sampai Merauke,” kata Vivi.

Mempermudah transaksi pelanggan, EasyLegal menggandeng Tokopedia, salah satu marketplace terdepan, untuk memungkinkan pembayaran yang aman dan mudah.

Vivi menambahkan, “Ini bukan tentang memberikan solusi legalitas, tetapi juga membawa kemudahan dalam segala aspek bisnis. Kami ingin menjadi mitra sejati UMKM, bukan hanya dalam aspek legalitas, tetapi juga dalam membangun keberlanjutan bisnis mereka secara keseluruhan.”

EasyLegal juga menyediakan konsultasi gratis tentang legalitas usaha bagi UMKM, sebagai bagian dari komitmen mereka. “Konsultasi gratis ini tidak hanya sekadar pelayanan, tetapi juga bentuk kepedulian kami terhadap kesuksesan UMKM. Kami ingin menjadi teman yang setia dalam menghadapi legalitas bisnis,” pungkas Vivi.

Dengan inisiatif yang inovatif dan menyesuaikan dengan kebutuhan UMKM, EasyLegal tidak hanya menawarkan solusi, tetapi juga aktif mendukung perkembangan UMKM di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi hadiri Pertemuan Industri Jasa Keuangan 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:32 WIB

Hadiri Pertemuan IJK 2024, Presiden Jokowi Sampaikan Optimistisme Ekonomi Indonesia di Tahun 2024

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri Pertemuan Industri Jasa Keuangan 2024 di Ballroom The St. Regis, Jakarta, Selasa (20/2/2024). Pada…

Peluncuran Satelit Merah Putih 2 dari Cape Canaveral, Florida

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:04 WIB

Satelit Merah Putih 2 Sukses Diluncurkan dari Cape Canaveral Florida

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama anak usahanya, Telkomsat sukses meluncurkan Satelit Merah Putih 2 langsung dari Cape Canaveral, Florida pada Selasa (20/2) pukul 15.11 waktu…

Anggota Banggar DPR RI Mukhtarudin

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:00 WIB

Banggar DPR RI Optimistis Perekonomian Nasional Meningkat Pasca Pemilu 2024

Anggota Banggar DPR RI Mukhtarudin optimistis situasi perekonomian nasional akan meningkat seiring kepercayaan investor yang berbanding lurus keamanan dan kondusifitas nasional pasca usai Pemilihan…

Mitsubishi XForce

Rabu, 21 Februari 2024 - 12:15 WIB

Mitsubishi XForce, Mobil SUV yang Bikin 'Syahdu' Pengemudi & Penumpang

Nyaman, mewah, dan elegan. Itulah kata-kata yang terbesit saat mengendarai Mitsubishi XForce. Maklum saja, SUV besutan PT MItsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) ini memamg memiliki…

DOK. Shutterstock Ilustrasi krisis air bersih

Rabu, 21 Februari 2024 - 10:46 WIB

Bahaya Krisis Air Dunia Jadi Sorotan, Indonesia Bawa Enam Isu di World Water Forum ke-10 2024

Jakarta– Indonesia mendorong enam isu untuk dibahas pada World Water Forum ke-10 di Bali pada 18 hingga 24 Mei 2024.