Pelaku Bisnis Bicara Soal Peran Logistik Mengakselerasi Ekonomi Digital

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 19 Desember 2023 - 21:08 WIB

CEO forwarder.co Stephanus Sugiharto saat memberikan paparan di agenda UMKM Go E-commerce 2023 di Bandung, Kamis (14/12/2023)
CEO forwarder.co Stephanus Sugiharto saat memberikan paparan di agenda UMKM Go E-commerce 2023 di Bandung, Kamis (14/12/2023)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Potensi ekonomi digital Indonesia kian pesat seiring penetrasi pengguna internet yang semakin tinggi. Sektor logistik nyatanya memiliki peran signifikan mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Pemerintah menargetkan nilai ekonomi digital Indonesia mencapai Rp3.216 triliun pada 2027, tumbuh 18% secara tahunan (CAGR), sejak perhitungan 2022 yang sebesar Rp1.408 triliun. Bahkan, pada 2045, pemerintah menargetkan nilai ekonomi digital Indonesia mencapai Rp25.197 triliun setara 18% dari produk domestik bruto (PDB).

Dalam perhitungan nilai ekonomi digital per 2027 tersebut, e-commerce atau lokapasar memegang nilai tertinggi sebesar Rp877 triliun, disusul aktivitas keuangan Rp352 triliun, media dan periklanan Rp88 triliun, dan mobilitas Rp53 triliun.

Di sisi lain, transformasi dan digitalisasi UMKM pun terus digenjot pemerintah sebagai jantung dari aktivitas lokapasar. Per 2020 sebelum pandemi, data Kemenkom UKM, tercatat UMKM digital di Indonesia baru mencapai 13%, sedangkan target 2024 dapat mencapai 47%. Adapun, per Oktober 2023 sejumlah 22,87 juta pelaku UMKM atau 35,7% dari total populasi UMKM, sudah memanfaatkan platform lokapasar.

Aktivitas lokapasar mendominasi ekonomi digital ditambah UMKM menjadi penopangnya memerlukan aktivitas logistik yang efisien, terukur, dan transparan sebagai bagian penting demi mendukung target pertumbuhan ekonomi digital.

CEO dan Co-Founder forwarder.co Stephanus Sugiharto bercerita rata-rata biaya pengiriman dalam negeri di Indonesia cukup tinggi terutama jika menuju daerah Indonesia Timur. Perkara biaya pengiriman ini yang dapat menjadi tantangan mempercepat penetrasi ekonomi digital di Indonesia.

Mengutip Momentum Works per 2022, pengiriman dari DKI Jakarta ke Papua Barat bisa mencapai Rp130.000 per kg. Adapun, biaya pengiriman ke Maluku Utara dan Sulawesi Utara mencapai mencapai Rp70.000 dan Rp60.000 per kg. Adapun, biaya pengiriman termurah berada di intra kota DKI Jakarta yang tidak mencapai Rp10.000 per kg.

Komponen biaya pengiriman yang cukup tinggi ini tidak dapat terlepas dari pelaku usaha UMKM. Semakin biaya dapat ditekan, UMKM bisa memberikan harga jual yang lebih kompetitif di pasar. Menurut Stephanus, UMKM dapat mulai memanfaatkan pengiriman laut, sebagaimana 70% aktivitas pengiriman barang di dunia melalui laut. Perkara utama yang menjadi soal biasanya dalam hal volume pengiriman.

"Para UMKM dapat memanfaatkan fasilitas LCL [less container load] yang merupakan metode pengiriman kargo gabungan. Ini menjadi satu solusi opsi pilihan merencanakan rantai pasok lebih baik. Pengiriman dapat digabungkan untuk kargo dengan tujuan yang sama, dengan konsep cost sharing," jelasnya, Selasa (19/12/2023).

Dia menjelaskan dengan kuantitas tertentu, harga pengiriman yang sebesar Rp120.000 per kg dapat dipangkas menjadi Rp12.000 per kg. Selain itu, penting pula menghadirkan proses logistik yang sederhana sehingga memudahkan UMKM.

Lebih jauh, pengguna logistik pun membutuhkan kepastian harga, kelengkapan dokumen, laporan hingga pelacakan terintegrasi.

"Kami berupaya merubah kompleksitas dalam ranah logistik menjadi seringkas memesan layanan taksi online, mempermudah akses terutama pada pengiriman laut yang mungkin sebelumnya menjadi tantangan bagi pelaku bisnis," jelasnya.

Forwarder.co lanjutnya, mengemas proses logistik tersebut menjadi lebih mudah melalui aplikasi atau situs web. Hal ini memungkinkan pelaku bisnis fokus sepenuhnya pada inti bisnis mereka tanpa kekhawatiran terkait kondisi pengiriman.

Model Bisnis

Salah satu merek dagang yang cukup berhasil membentuk model bisnis yang efisien adalah produsen tas asal Bandung, Torch.id. Merek dagang ini hanya berfokus pada inti bisnisnya, sementara aktivitas rantai pasok, hingga produksi diberikan kepada pihak lain.

CEO Torch.id Ben Wirawan bercerita fokus pada aktivitas desain, branding, marketing, dan penjualan. Adapun, pengelolaan rantai pasok seperti pergudangan dan pengiriman serta produksi diberikan kepada pihak ketiga.

"Caranya fokus ke yang kita bisa sisanya kasih ke ahlinya. Cara kerja perusahaan brand startup, fokus di penjualan, ketika mesti mengirimkan ke konsumen, dilakukan pihak lain, sehingga membuat perusahaan ramping," jelasnya.

Dia menjelaskan sudah 8 tahun berdiri, aktivitas produksi diberikan kepada pihak produsen yang tersebar di 30 kota. Kemudian, memanfaatkan gudang pihak ketiga di Depok, Jawa Barat sebagai gudang penyimpanan terbesar.

Dengan demikian, ketika mengerjakan pesanan hingga jutaan tas, secara perusahaan dia tidak kerepotan, karena produksi hingga pengiriman dikerjakan pihak lain.

Menurutnya, salah satu yang terpenting dari berjualan online yakni mempelajari kebiasaan konsumen melalui data penjualan yang didapatkan dari platform lokapasar. Aktivitas ini pun dapat mulai dilakukan oleh kecerdasan buatan (artificial intelligent/AI).

"Torch.id dalam 8 tahun tumbuh 120 kali lipat dari tahun pertama. Kami tidak punya mobil atau aset, uang yang ada diputarkan untuk penjualan, tidak membeli aset tidak perlu. Mobil perusahaan juga sewa," paparnya.

Pemanfaatan data konsumen ini ada dua, pertama, menjadi masukan aktivitas desain dan pemasar. Data-data jenis kelamin, usia, pekerjaan, hingga waktu pembelian dimanfaatkan demi membuat produk yang lebih spesifik menyasar pasar.

Kedua, menjadi basis data pembiayaan. Ada beberapa teknologi finansial (tekfin) yang dapat memberikan pembiayaan berdasarkan data pembelian dari platform lokapasar, Ben memanfaatkan hal ini demi mendapatkan pendanaan.

Lebih jauh, pola ramping ini, lanjut Ben, mulai diterapkan dengan merambah pasar internasional. Kini, Torch.id mulai memasarkan produknya ke Amerika Serikat (AS). Torch.id menyewa pergudangan di AS dan berjualan di platform Amazon dengan penjualan sudah mencapai jutaan produk.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 14 April 2024 - 11:33 WIB

Ketua MPR RI Dukung Panglima TNI Tetapkan Penyebutan OPM dan Tegaskan Keselamatan Bangsa di Atas Segalanya

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung langkah Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menetapkan penyebutan kelompok bersenjata yang menuntut Papua merdeka…

Donny Alamsyah Surprise Disambangi Tim LAKONE di Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta

Minggu, 14 April 2024 - 09:36 WIB

Donny Alamsyah Surprise Disambangi Tim LAKONE di Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta

Laporan Aktor Aktris On Location Atau LAKONE yang dipandu wartawan kawakan Sutrisno Buyil terus Melaju dengan mewawancarai bintang beken yang saat ini sibuk berkarier di industri hiburan. Pada…

Sambut Idul Fitri, MR.DIY Bagikan Inspirasi Pengalaman Mudik Nyaman dan Sehat #LebaranJadiMudah

Minggu, 14 April 2024 - 09:23 WIB

Sambut Idul Fitri, MR.DIY Bagikan Inspirasi Pengalaman Mudik Nyaman dan Sehat #LebaranJadiMudah

Setelah berpuasa 30 hari, saatnya merayakan kemenangan di Hari Raya Idul Fitri. Lebaran memang selalu menjadi momen yang dinantikan oleh umat muslim dan saat tepat untuk berkumpul bersama keluarga.…

Jalan Pansela Jawa Sebagai Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

Minggu, 14 April 2024 - 06:54 WIB

Jalan Pansela Jawa Sebagai Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang ditargetkan tersambung dari Banten hingga Jawa Timur (Jatim). Jalan…

Babinsa Koramil 1710-05/Jila Bersama Satgas Yonif 116 Laksanakan Pendampingan Pelayanan Kesehatan

Minggu, 14 April 2024 - 06:42 WIB

Babinsa Koramil 1710-05/Jila Bersama Satgas Yonif 116 Laksanakan Pendampingan Pelayanan Kesehatan

Para Bintara pembina desa dari jajaran Kodim 1710/Mimika di tingkat Koramil kian intens melakukan komunikasi sosial dengan masyarakat di wilayah tugasnya. Seperti yang dilakukan oleh Babinsa…