Carsurin - NBRI Siap Majukan Kendaraan Listrik

Oleh : Wiyanto | Kamis, 14 Desember 2023 - 15:36 WIB

Carsurin perusahaan bergerak di industri sektor Pengujian, Inspeksi, dan Sertifikasi (TIC),
Carsurin perusahaan bergerak di industri sektor Pengujian, Inspeksi, dan Sertifikasi (TIC),

INDUSTRY.co.id-Jakarta-PT CARSURIN Tbk dan NBRI Berkolaborasi untuk Mendorong Revolusi Kendaraan Listrik di Indonesia PT CARSURIN Tbk ("Carsurin") dan National Battery Research Institute ("NBRI") telah bermitra untuk memajukan teknologi Kendaraan Listrik atau Electric Vehicle (EV) dan mempromosikan mobilitas berkelanjutan di Indonesia.

Kolaborasi ini diratifikasi melalui Nota Kesepahaman (MOU) yang ditandatangani pada 12 Desember 2023, bertujuan untuk memaksimalkan potensi Indonesia sebagai pusat global untuk ekosistem baterai EV.

Carsurin dan NBRI berkomitmen untuk memanfaatkan keahlian dan sumber daya mereka secara bersama-sama guna meningkatkan posisi Indonesia dalam sektor kendaraan listrik global. Kolaborasi ini bertujuan untuk kontribusi pada pertumbuhan, inovasi, dan daya saing industri EV Indonesia dalam kontestasi bisnis global.

Sheila Tiwan, Direktur Utama Carsurin menyatakan, “Kemitraan antara NBRI dan Carsurin menandai langkah penting menuju realisasi potensi Indonesia sebagai pemimpin global dalam teknologi kendaraan listrik. Dengan menggabungkan kekuatan kami, kami berkomitmen untuk mendorong solusi mobilitas berkelanjutan dan berkontribusi pada pertumbuhan industri EV secara internasional.'"

Kolaborasi ini akan berfokus pada inisiatif yang mendorong dan menyediakan solusi mobilitas berkelanjutan, dengan tujuan mengurangi emisi karbon secara signifikan dan meningkatkan kesejahteraan lingkungan secara keseluruhan.

Prof. Dr. rer. nat. Evvy Kartini, Pendiri NBRI, menyatakan, “Dalam mendirikan NBRI, visi kami selalu untuk mendorong inovasi dalam teknologi baterai dan energi terbarukan. Berkolaborasi dengan Carsurin memungkinkan kami untuk memperbesar dampak positif kami dan bekerja menuju masa depan yang lebih berkelanjutan. Kami sangat antusias tentang potensi kolaborasi ini dalam memajukan teknologi EV dan membina budaya inovasi di Indonesia.”

Kedua organisasi berkomitmen untuk mendekarbonisasi sektor transportasi. Melalui promosi kendaraan listrik dan teknologi terkait, kolaborasi ini bertujuan untuk membuat kemajuan signifikan dalam mengurangi jejak karbon industri transportasi Indonesia.

Sebagaimana diketahui bahwa baterai memiliki peran integral dalam kendaraan listrik, kolaborasi ini akan bekerja untuk memfasilitasi adopsi dan integrasi teknologi baterai mutakhir dalam ekosistem EV Indonesia. Ini mencakup upaya penelitian baterai nasional yang kuat, pengembangan, dan implementasi yang berkontribusi pada kapasitas negara untuk membantu mengembangkan industri manufaktur baterai dengan menggunakan sumber daya lokal, dan menggunakan solusi baterai terkini yang memungkinkan Indonesia mandiri dalam bidang energi.

Kolaborasi ini akan mencakup berbagai kegiatan teknologi EV dan layanan terkait, termasuk laboratorium pengujian baterai EV, pelatihan EV, infrastruktur baterai EV, konversi mesin pembakaran internal atau Internal Combustion Engine (ICE) menjadi kendaraan listrik roda dua, penggunaan kembali baterai EV, daur ulang baterai EV, dan inisiatif lainnya yang disepakati bersama. Kedua belah pihak berkomitmen untuk berkolaborasi dengan intensi positif dan untuk bernegosiasi serta melaksanakan Perjanjian Aliansi Strategis berikutnya untuk setiap inisiatif khusus. Setiap perjanjian akan menetapkan ruang lingkup, syarat, dan ketentuan inisiatif masing-masing yang membentuk dasar kerja sama untuk setiap proyek.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MenKopUKM Teten Masduki

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:13 WIB

Orasi Ilmiah di UMMI, Menteri Teten Tekankan Pentingnya Bangun Industri UMKM Berbasis Keunggulan Domestik

Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki menekankan pentingnya membangun industri UMKM berbasis keunggulan domestik, serta mengolah sumber daya alam hasil perkebunan dan pertanian…

Kika: Warit Jintanawan, Direktur PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (kedua dari kiri). Budyanto Totong, Founder dan Dirut PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (tengah) Andy Totong, Direktur Utama Mitra10 (kedua dari kanan)

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:05 WIB

Perkuat Pasar di Jawa Barat, Mitra10 & Atria Ekspansi ke Sawangan Depok

Depok– Mitra10 memperkuat penetrasi pasar ritel modern bahan bangunan dan pelengkapan rumah, bersama dengan Atria yang menguasai pasar ritel modern furnitur dan matras, membuka flagship store…

Jajaran direksi PT Mora Telematika Indonesia Tbk.

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:55 WIB

Absen Tebar Deviden, Moratelindo Bakal Gencar Ekspansi Jaringan Telekomunikasi

PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) atau Moratelindo menetapkan untuk menggunakan laba bersih senilai Rp678,17 miliar sebagai laba ditahan. Kemudian, sisanya, laba bersih yang senilai Rp1…

6IXTY8IGHT

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:37 WIB

Sepanjang 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. Catat Kenaikan Penjualan Bersih Sebesar 23%

Sepanjang tahun 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (Perseroan) berhasil mencatatkan kenaikan penjualan bersih sebesar 23% menjadi Rp3,7 triliun dengan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik…

TPA Bantargebang

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:12 WIB

Peduli Lingkungan, Perusahaan Harus Mulai Menerapkan Sistem Zero Waste to Landfill

Tingkat kesadaran masyarakat Indonesia akan permasalahan sampah saat ini dinilai masih butuh perhatian. Hal ini terlihat dari data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) – Kementerian…