Peran AI dan Cloud dalam Penataan Ulang Bisnis 6 Tren Industri untuk Diperhatikan

Oleh : Oleh: Uddhav Gupta, President, CloudBlue | Senin, 11 Desember 2023 - 15:12 WIB

Uddhav Gupta, President, CloudBlue
Uddhav Gupta, President, CloudBlue

INDUSTRY.co.id-Komputasi awan membuka pintu bagi akses luas terhadap teknologi mutakhir yang berdampak pada segala hal mulai dari keamanan siber hingga evolusi model kerja jarak jauh dan hibrid hingga mengatasi kesenjangan teknologi generasi dalam angkatan kerja. Para pemimpin TI berupaya mengoptimalkan strategi untuk memanfaatkan kemampuan ini guna meningkatkan efisiensi, menyederhanakan proses, dan menyesuaikan produk dan layanan dengan preferensi individu di seluruh industri.

Dalam artikel ini, kami mendalami enam tren industri yang harus diperhatikan seiring dengan semakin mudahnya tersedia dan terintegrasinya teknologi canggih ini.

Data privacy & security 

Dengan meningkatnya serangan keamanan siber global, privasi dan keamanan data menjadi perhatian utama bagi para eksekutif di seluruh dunia. Bagaimana produk dan layanan dapat disesuaikan untuk mencegah kebocoran data dan akses tidak sah? Perlindungan terhadap ancaman keamanan siber sangat penting untuk mencegah pelanggaran data dan serangan ransomware.

Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR) memberikan kerangka peraturan untuk menegakkan perlindungan data. Mengumpulkan dan memproses data dengan benar tidak hanya penting bagi masa depan organisasi Anda, tetapi juga membantu Anda menavigasi lingkungan peraturan saat ini. Selain itu, perlindungan terhadap ancaman keamanan siber sangat penting untuk mencegah pelanggaran data dan serangan ransomware. Perusahaan dapat memanfaatkan keamanan siber sebagai layanan (CaaS) untuk mengakses serangkaian layanan keamanan tanpa harus berinvestasi pada infrastruktur perangkat keras dan perangkat lunak. 

Kompetensi Digital dan Fleksibilitas

Model kerja hybrid akan tetap ada dan seiring dengan tren ini, penggunaan alat digital menjadi semakin penting. Semakin banyak organisasi memahami pentingnya berinvestasi dan memanfaatkan alat-alat ini untuk berkolaborasi secara lebih efisien dengan karyawan, pelanggan, dan ekosistem mereka. Tujuannya adalah untuk mendorong metode komunikasi yang efisien, yang merupakan tantangan baru bagi banyak perusahaan.

Ini adalah fase yang sangat menarik yang dialami industri ini dimana fleksibilitas itu penting. Penerapan dan dukungan berkelanjutan terhadap model kerja hibrid mencerminkan kemampuan perusahaan untuk mengakomodasi preferensi kerja yang beragam. Komponen ini telah berkembang secara signifikan sebagai respons terhadap perubahan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19.

Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk memilih cara mereka bekerja dalam sistem hybrid merupakan bentuk pengakuan terhadap kebutuhan individu, yang pada akhirnya akan menghasilkan tenaga kerja yang puas dan terlibat.

Gen Z dan Kesenjangan Generasi

Generasi yang berbeda mengonsumsi informasi dan wawasan secara berbeda, dan mengelola kesenjangan generasi menjadi bagian penting dari prioritas kepemimpinan saat ini. Sebagai penduduk asli digital, Generasi Z melihat data yang sama dan mengonsumsinya secara berbeda dibandingkan generasi lainnya. Menurut survei Pew Research Center, 75% orang dewasa berusia 18 hingga 29 tahun mampu mengidentifikasi keberadaan kecerdasan buatan (AI) di chatbot layanan pelanggan, dibandingkan dengan 45% dari mereka yang berusia 65 tahun ke atas.

Alat AI dan pembelajaran mesin (ML) mengandalkan data, dan Gen Z lebih terbuka untuk berbagi data, namun tidak semua orang mempunyai keinginan yang sama dengan Gen Z untuk berbagi data. Strategi harus mempertimbangkan perbedaan regional dalam norma berbagi data atau apakah ada pengaturan pembatasan wilayah. Pendidikan diperlukan untuk memastikan praktik berbagi data yang bertanggung jawab. Penting untuk diketahui bahwa setiap generasi mempunyai persepsi yang berbeda terhadap informasi dan para pemimpin harus mendorong pendampingan lintas generasi untuk menjembatani kesenjangan pengetahuan.

AI & Masa Depan Pekerjaan

Ini adalah periode yang sangat menarik dalam evolusi teknologi dengan transformasi dan inovasi yang tak tertandingi. Masa depan dunia kerja sedang dibentuk ulang oleh AI dan ML, yang memberdayakan bisnis untuk mentransformasikan infrastruktur, merevolusi analisis data, dan memasukkan personalisasi tingkat tinggi dalam pengembangan produk.

Memungkinkan pengambilan keputusan berdasarkan data adalah manfaat utama alat AI dan ML. Masa-masa awal migrasi cloud ditanggapi dengan ketakutan karena meskipun cloud menawarkan skalabilitas, namun juga memiliki potensi biaya yang tidak terkendali. Alat AI dan ML menyediakan analisis data untuk memprediksi dan mengelola biaya infrastruktur cloud secara lebih efektif, termasuk alokasi dan elastisitas sumber daya yang lebih cerdas, yang berkontribusi pada manajemen biaya yang lebih baik.

Pasar komputasi awan global bernilai $569 miliar pada tahun 2022 dan diproyeksikan tumbuh lebih dari $677 miliar pada tahun ini. Penyedia cloud tidak hanya menyumbangkan elemen dasar dasar untuk aplikasi tetapi juga membantu menyederhanakan pengembangan model AL dan ML.

Edge Computing

Secara tradisional, AI dan ML dikaitkan dengan kumpulan data berskala besar dan komputasi awan. Namun, kemajuan dalam edge computing telah memungkinkan penerapan AI/ML secara lokal dan real-time. Pergeseran ini memungkinkan tugas-tugas seperti pengenalan gambar dan analisis lokal di edge, sehingga mengurangi kebutuhan akan pemrosesan terpusat. Demokratisasi teknologi canggih berarti integrasi alat seperti AI dan ML ke dalam produk akan semakin mudah diakses.

Ketika internet of things (IoT) terus berkembang dan permintaan akan pemrosesan data real-time meningkat, komputasi edge memungkinkan solusi yang lebih efisien dan responsif. Dengan memproses data lebih dekat ke sumbernya, Anda mendapatkan latensi rendah. Pengguna merasakan waktu respons yang lebih cepat, yang sangat penting untuk aplikasi di mana penundaan sekecil apa pun dapat menimbulkan konsekuensi yang parah.

Komputasi edge juga dapat meningkatkan privasi dan keamanan dengan menjaga data sensitif lebih dekat dengan sumbernya dan mengurangi paparan terhadap potensi ancaman keamanan selama transit data. Hal ini sangat penting dalam industri seperti layanan kesehatan, keuangan, dan pemerintahan yang memiliki banyak data sensitif.

Subscription Models  

Peralihan dari model penjualan satu kali yang tradisional ke model pendapatan berbasis langganan menawarkan aliran pendapatan yang andal dan stabil bagi bisnis. Berlangganan juga menghadirkan peluang unik untuk membina dan meningkatkan hubungan pelanggan. Dengan menciptakan model pengiriman yang lebih elastis, perusahaan dapat meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan secara signifikan.

Vendor Perangkat Lunak Independen (ISV), misalnya, bisa mendapatkan keuntungan dari ekonomi berlangganan dengan membangun pasar digital mereka sendiri. Dengan menawarkan produk dan layanan yang lebih beragam, ISV dapat meningkatkan proposisi nilai mereka dan menarik pelanggan baru yang ingin membayar sesuai pemakaian. Menjual layanan melalui pasar pihak ketiga juga memberikan akses ke basis pelanggan yang diperluas. Seiring pertumbuhan bisnis, operasi mereka menjadi semakin kompleks.

Otomatisasi menyeluruh dapat menyederhanakan manajemen langganan, pembuatan katalog, pemenuhan pesanan, dan penagihan di berbagai saluran.

Inovasi Cloud

Menyadari potensi penuh AI dan cloud memerlukan infrastruktur dan lapisan konektivitas untuk mengoptimalkan operasional. Menurut McKinsey, organisasi dengan arsitektur cloud-native yang canggih melihat tingkat pemanfaatan sumber daya lebih dari 60 persen.

Bermitra dengan platform monetisasi cloud memungkinkan Anda beroperasi dengan arsitektur cloud yang canggih tanpa beban membangun infrastruktur dari awal. Anda juga mendapatkan akses ke katalog produk dan solusi platform, dan Anda dapat berkolaborasi dengan ekosistem bisnis digital platform. Di tengah pesatnya pertumbuhan teknologi canggih saat ini, menjadi yang terdepan dalam inovasi AI, ML, dan cloud akan menjadi hal yang sangat penting bagi bisnis. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum INKOWAPI, Sharmila Yahya

Minggu, 28 April 2024 - 20:03 WIB

INKOWAPI Siap Dukung Percepatan Pelaksanaan Program Makan Siang & Susu Gratis

Induk Koperasi Pengusaha Wanita Indonesia (INKOWAPI) mendukung percepatan pelaksanaan program makan siang dan susu gratis yang digagas Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029.

Baliho Dico Ganinduto

Minggu, 28 April 2024 - 18:54 WIB

Viral Baliho Dico Ganinduto Gubernur Jateng, Ini Kata Pakar

Sejumlah wilayah di Jawa Tengah 'dibanjiri' baliho hingga billboard yang menampilkan foto Bupati Kendal Dico Ganinduto. Hal tersebut membuat menarik perhatian seluruh masyarakat Jateng hingga…

Dukungan Lingkungan Penting bagi Produksi Gula, PT PG Rajawali II Gencarkan Kemitraan Tebu dan Salurkan Bantuan Fasilitas Umum bagi Desa Penyangga

Minggu, 28 April 2024 - 16:16 WIB

Dukungan Lingkungan Penting bagi Produksi Gula, PG Rajawali II Gencarkan Kemitraan Tebu dan Salurkan Bantuan Fasilitas Umum bagi Desa Penyangga

Indramayu – Upaya mendorong produktivitas gula perlu mendapat dukungan kolektif berbagai pihak, salah satunya dari masyarakat desa penyangga di sekitar perkebunan tebu dan pabrik gula. Pemberdayaan…

Pelita Air

Minggu, 28 April 2024 - 15:28 WIB

Pelita Air Tambah Rute Baru Penerbangan Langsung Jakarta-Kendari-Jakarta

Pelita Air (kode penerbangan IP), membuka rute penerbangan baru Jakarta-Kendari-Jakarta (langsung) dengan melakukan penerbangan perdana dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Jakarta (CGK) ke…

Pegadaian Berangkatkan Peserta Program Umrah Akbar

Minggu, 28 April 2024 - 14:54 WIB

Pegadaian Berangkatkan Peserta Program Umrah Akbar

PT Pegadaian memberangkatkan peserta program Umrah Akbar dari beberapa wilayah di Indonesia pada 22, 23 dan 24 April 2024. Khusus untuk Jakarta, para peserta berangkat melalui Bandara Soekarno…