Wirawan Panoedjoe Dorong Generasi Muda Terlibat Dalam Penguatan UMKM

Oleh : Wiyanto | Selasa, 05 Desember 2023 - 15:01 WIB

Wirawan Panoedjoe Soebagyo, Direktur Executive Masyarakat Mandiri 21
Wirawan Panoedjoe Soebagyo, Direktur Executive Masyarakat Mandiri 21

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Peran generasi muda dinilai sangat signifikan dalam mendorong penguatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Paduan kreatifitas, inovasi, serta dukungan teknologi di kekinian akan menjadi stimulus untuk mendorong UMKM masuk level global.

"Keterlibatan kaum muda dalam pengembangan UMKM diyakini akan mampu mendorong percepatan ditengah kemajuan zaman dan teknologi," kata Wirawan Panoedjoe Soebagyo, Direktur Executive Masyarakat Mandiri 21, dalam keterangan persnya, di Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Hal ini sejalan dengan kebijakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy yang mengajak kalangan pemuda untuk menekuni sektor UMKM. "Kebijakan itu sudah tepat dan pasti kita dukung," ujar calon legislatif (Caleg) DPRD Kota Bogor nomor urut 6 dari Partai Golkar, daerah pemilihan Bogor Selatan ini.

Dikatakannya, ketangguhan UMKM telah teruji melewati badai krisis, saat Indonesia diterpa krisis ekonomi, 1998 silam. Saat banyak perusahaan-perusahaan raksasa kolaps, justru UMKM tetap kokoh berdiri.

Karenanya, sangat penting bila pemberdayaan UMKM menjadi perhatian besar pemimpin bangsa kedepan.

Sebelumnya, dengan gamblang, Muhadjir mengajak anak-anak muda menjadi pelaku-pelaku ekonomi dalam meningkatkan kualitas hidup serta memiliki masa depan yang cerah melalui UMKM.

"Saya sangat mendukung bagaimana pemuda menjadi kekuatan-kekuatan yang membawa bangsa menjadi lebih maju. Karena bagi saya, para pemuda harus menjadi pelaku ekonomi nasional," seru Muhadjir.

Wirawan mengatakan, dengan segala kreatifitas dan inovasi yang dimiliki para anak muda, ditambah dukungan teknologi, UMKM di Indonesia tidak saja berkembang, tapi juga bisa melesat hingga ke level global.

Dikatakannya, pengembangan UMKM harus dibarengi dengan peningkatan kualitas, baik barang maupun jasa, serta penetrasi pasar yang lebih luas lagi. "Kalau UMKM semakin banyak, maka penyerapan tenaga kerja akan semakin besar. Itu artinya, angka pengangguran bisa ditekan. Selain itu, banyaknya UMKM akan mendorong peningkatan perekonomian, baik mikro maupun makro," tukas Wirawan.

Dia menegaskan, kedepan pemerintah harus lebih memberikan perhatian kepada para UMKM. Tidak saja dari sisi pengelolaan manajerial, permodalan, peningkatan kualitas, target pasar yang lebih luas, hingga adopsi teknologi sebagai pendukung, dan lainnya.

Wirawan yakin, bila UMKM mendapat perhatian lebih, maka perekonomian negara akan semakin kuat. "UMKM yang kuat akan sanggup menopang perekonomian bangsa," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MenKopUKM Teten Masduki

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:13 WIB

Orasi Ilmiah di UMMI, Menteri Teten Tekankan Pentingnya Bangun Industri UMKM Berbasis Keunggulan Domestik

Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki menekankan pentingnya membangun industri UMKM berbasis keunggulan domestik, serta mengolah sumber daya alam hasil perkebunan dan pertanian…

Kika: Warit Jintanawan, Direktur PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (kedua dari kiri). Budyanto Totong, Founder dan Dirut PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (tengah) Andy Totong, Direktur Utama Mitra10 (kedua dari kanan)

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:05 WIB

Perkuat Pasar di Jawa Barat, Mitra10 & Atria Ekspansi ke Sawangan Depok

Depok– Mitra10 memperkuat penetrasi pasar ritel modern bahan bangunan dan pelengkapan rumah, bersama dengan Atria yang menguasai pasar ritel modern furnitur dan matras, membuka flagship store…

Jajaran direksi PT Mora Telematika Indonesia Tbk.

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:55 WIB

Absen Tebar Deviden, Moratelindo Bakal Gencar Ekspansi Jaringan Telekomunikasi

PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) atau Moratelindo menetapkan untuk menggunakan laba bersih senilai Rp678,17 miliar sebagai laba ditahan. Kemudian, sisanya, laba bersih yang senilai Rp1…

6IXTY8IGHT

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:37 WIB

Sepanjang 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. Catat Kenaikan Penjualan Bersih Sebesar 23%

Sepanjang tahun 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (Perseroan) berhasil mencatatkan kenaikan penjualan bersih sebesar 23% menjadi Rp3,7 triliun dengan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik…

TPA Bantargebang

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:12 WIB

Peduli Lingkungan, Perusahaan Harus Mulai Menerapkan Sistem Zero Waste to Landfill

Tingkat kesadaran masyarakat Indonesia akan permasalahan sampah saat ini dinilai masih butuh perhatian. Hal ini terlihat dari data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) – Kementerian…