ASITA: Budaya Nusantara Daya Tarik Pariwisata Indonesia

Oleh : Gabriel C Boby | Jumat, 01 Desember 2023 - 18:35 WIB

Rakernas ASITA
Rakernas ASITA

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pandemi COVID-19 telah berdampak sangat signifikan terhadap pariwisata Indonesia Merosotnya jumlah wisatawan baik wisatawan Nusantara maupun wisatawan mancanegara akibat dari pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan PPKM di beberapa daerah, serta penutupan akses internasional dari berbagai negara telah membuat industri pariwisata terpuruk. Budaya Nusantara dinilai bisa menjadi andalan untuk menarik minat wisatawan dalam negeri dan turis asing traveling di Indonesia.

Jelang akhir tahun 2023, Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Pariwisata menggelar rapat kerja nasional (rakernas) sebagai konsolidasi penguatan pariwisata. Konsolidasi internal yang mengikutsertakan seluruh wilayah ASITA. Rakernas 2023 kali ini Dengan mengusung tema “Kolaborasi dan Sinergi Potensi Asita Pariwisata untuk Penguatan dan Pemberdayaan Industri yang Berkelanjutan” yang berlangsung di Wisma MAKTOUR, Kamis (30/11/2023).

Ketua Panitia pelaksana Rakernas 2023, Hasiyana Ashadi menyampaikan masih banyak Perwakilan DPD yang masih berbenah akibat dari dampak Covid 19, Rakernas Asita Pariwisa kali ini berjumlah 57 Peserta yang mewakili para ketua, sekretaris dan bendahara yang mewakili daerah masing masing.

“Dengan demikian jumlah perserta 57 perwakilan yang hadir pada Rakernas Asita Pariwisata 2023. Rakernas Asita kali ini akan di bagi rapat tiga komisi yan akan membahas sesuai bidang masing masing”, ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum DPP Asita Artha Hanif Mengatakan Rakernas 2023 ini sebagai sarana evaluasi terhadap pelaksanaan Program Kerja DPP Asita pariwisata dan kepengurusan pada tahun 2023 ini.

“Dengan rakernas kali ini, di laporkan posisi keuangan DPP Asita Pariwisata tahun 2023 sesuai hasil pengawasan dan pemeriksaan oleh auditor independen”, ujar Artha Hanif.

Bahkan menurutnya lagi, Rakernas ini menampung usulan dan masukan dari para pengurus Asita Pariwisata pada tingkat pusat , daerah maupun cabang serta dari pada anggota Asita Pariwisata selutuh indonesia.

“Dengan demikian kita dapat menyusun rencana kerja dan anggran DPP Asita Pariwisata untuk tahun 2024 mendatang”, urainya.

Bahkan menurutnya lagi, Sumber daya alam indonesia yang sangat berlimpah dan tidak tertandingi bahkan kekayaan budaya indonesia sangat luar biasa.

“karena itulah potensi ini harus di gali dan harus di seriusi, bahkan geografis indonesia menjadi salah satu destinasi wisata” ungkap Artha Hanif.

Rakernas Asita Pariwisata 2023 kali ini juga mengundang Putri Kuswisnuwardani Presiden Direktur dan CEO PT Mustika Ratu yang juga menjadi salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Ia juga menyampaikan bahwa industri pariwisata saat ini tinggal melanjutkan dan menyempurnakan dari program yang ada.

“Kita ketahui lima tahun belakangan ini, indonesia banyak menjadi tuan rumah event event internasional yang membuat mata negara yang membawa awak media ikut meliput penyelenggaraan event internasional ini”,ujar Putri Kuswisnuwardani.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…

PRESS RELEASE KONFERENSI PERS PAMERAN INDOBEAUTY EXPO 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 07:12 WIB

Siap-Siap, Bakal Banyak Kejutan di Pameran INDOBEAUTY EXPO 2024

Jakarta-Industri kosmetik Indonesia kian menjanjikan dan diproyeksi akan terus berkembang pesat sejalan dengan masifnya perkembangan e-commerce di Indonesia. Merujuk data yang dilansir Badan…

Siloam Hospitals Mampang Memperkenalkan Perawatan Komperhensif Tulang Belakang

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:43 WIB

Siloam Hospitals Mampang Memperkenalkan Perawatan Komperhensif Tulang Belakang

Jakarta – Perkembangan yang menggembirakan bagi pasien yang menderita penyakit terkait tulang belakang, Siloam Hospitals Mampang dengan bangga mengumumkan pengenalan teknik bedah tulang belakang…

Berbagai Pertunjukan Artis Menambah Kemeriahan Akhir Pekan Pameran GIIAS 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:35 WIB

Berbagai Pertunjukan Artis Menambah Kemeriahan Akhir Pekan Pameran GIIAS 2024

Tangerang– Para peserta GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 tidak hanya menawarkan beragam inovasi dan teknologi terbaru dalam dunia otomotif, tetapi juga menyuguhkan hiburan…

Perluasan Produk Perbankan Syariah Bank DKI di Dunia Pendidikan, Bank DKI Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:18 WIB

Perluasan Produk Perbankan Syariah Bank DKI di Dunia Pendidikan, Bank DKI Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta

Jakarta – Dalam rangka memperluas penggunaan produk perbankan syariah Bank DKI, khususnya di dunia pendidikan, Bank DKI bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta sepakat menjalin kerja…