Presiden Jokowi: Sail Teluk Cendrawasih 2023 Makin Menduniakan Papua

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 23 November 2023 - 11:07 WIB

Teluk Cendrawasih, Foto: Berita Satu
Teluk Cendrawasih, Foto: Berita Satu

INDUSTRY.co.id, Biak Numfor– Teluk Cendrawasih Papua memiliki ekosistem laut yang paling kaya di Indonesia. Hal ini menjadi potensi yang dapat mendorong Papua makin dikenal dengan kekayaan alamnya oleh dunia internasional.

Demikian dikatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka acara Sail Teluk Cendrawasih di Biak Numfor, Papua, Kamis (23/11/2023).

“Teluk Cendrawasih surganya terumbu karang, surganya biota laut dan kita harapkan dengan adanya Sail Teluk Cendrawasih budaya, tarian, musik, produk-produk lokal Papua dapat diperkenalkan ke level nasional dan bahkan ke level internasional, ke level global” kata Presiden saat membuka acara Sail Teluk Cendrawasih di Biak Numfor Kamis (23/11/2023)

Dua pertiga wilayah Indonesia adalah lautan dengan berbagai kekayaan bahari yang diakui dunia. Menjadi beranda di kawasan Pasifik, Papua dikatakan Kepala Negara adalah ujung tombak wajah Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang berlimpah dari sektor maritim.

“Saya berharap acara Sail Teluk Cenderawasih dapat memperkenalkan potensi bahari, potensi maritim, potensi pariwisata dan potensi sosial budaya kita” katanya.

Adanya Sail Teluk Cenderawasih, kata Jokowi, juga akan mendorong peningkatan kunjungan wisatawan, event kreator, serta menarik minat investor untuk datang dan memajukan tanah Papua.

"Terakhir saya pesan agar event yang sangat baik ini bisa diteruskan bisa ditingkatkan kreativitasnya inovasinya dan juga keterlibatan masyarakat, keterlibatan UMKM kita. Sehingga masyarakat di Papua bisa merasakan manfaatnya setelah event ini berakhir," ungkapnya.

Presiden saat membuka acara Sail Teluk Cendrawasih 2023 didampingi oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM, Menteri Sekretaris Negara, Menteri Dalam Negeri, Bupati Biak Numfor, Panglima TNI dan Kapolri.

Sementara itu, Menteri Investasi Bahlil Lahadila menambahkan jika kegiatan Sail Teluk Cenderawasih bertujuan untuk percepatan pembangunan potensi alam dan kelautan Provinsi Papua.

“Terdapat tiga fokus utama kegiatan Sail Teluk Cenderawasih, yaitu hilirisasi laut, pengembangan potensi daerah, dan investasi. Utamanya adalah hilirisasi laut. Bukan hanya tambang, laut pun kita bikin hilirisasi,” katanya.

Sail Teluk Cendrawasih 2023 berlangsung sejak 21 November hingga 27 November 2023 di Biak Numfor. Dalam acara tersebut digelar berbagai kegiatan kemaritiman, ekspor perikanan, pameran UMKM, pentaseni budaya, pasar kuliner, hingga hiburan.  Kominfo Newsroom

                  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi (ist)

Jumat, 01 Maret 2024 - 17:30 WIB

Dahsyat! IKN Magnet Baru Investasi, Jokowi: Yang Antre Banyak...

Ibu Kota Negara (IKN) tengah menjadi incaran para investor. Bak gadis cantik, investor rela antre untuk menanamkan modalnya di IKN. “Yang antre ini banyak, hanya mengatur di mana lahan yang…

Ilustrasi FMCG E-commerce

Jumat, 01 Maret 2024 - 16:46 WIB

Jelang Ramadhan, Jumlah Produk Terjual F&B di E-commerce Meningkat Hingga 75 Persen

Beberapa hari jelang menyambut Ramadhan, Compas.co.id selaku E-commerce Market Insight for FMCG Brands secara seksama memonitoring keadaan e-commerce di Indonesia, khususnya untuk sektor Fast…

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke IKN

Jumat, 01 Maret 2024 - 16:24 WIB

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke IKN

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mendampingi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo melaksanakan peresmian Pabrik Amonium Nitrat di Bontang, peletakan batu pertama/groundbreaking kantor Bank…

Irfan Setiaputra Dirut Garuda Indonesia

Jumat, 01 Maret 2024 - 15:04 WIB

Optimalkan Momentum Kebangkitan Pariwisara, Maskapai Penerbangan Pemerintah Tingkatkan Frekuensi Penerbangan

Selain meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara melalui penambahan frekuensi penerbangan rute internasional mulai akhir Maret 2024, Garuda Indonesia juga secara bertahap menambah frekuensi…

HR Talks: Memperkenalkan Revolusi Bisnis Melalui HR-Tech Bersama Jobseeker Company

Jumat, 01 Maret 2024 - 14:29 WIB

HR Talks: Memperkenalkan Revolusi Bisnis Melalui HR-Tech Bersama Jobseeker Company

Jakarta, DKI Jakarta - 24 Februari 2024 - Jobseeker Company dengan bangga mengadakan "HR Talk: Leveraging HR-Tech to Scale-Up Your Business," acara komunitas yang akan berlangsung pada 29 Februari…