Rebut Pasar Potensial, Finloan Indonesia Hadirkan Solusi Pengajuan KPR Tanpa Ribet

Oleh : Ridwan | Senin, 20 November 2023 - 21:23 WIB

Jajaran manajemen Finloan Indonesia
Jajaran manajemen Finloan Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan fasilitas pembiayaan yang paling diminati konsumen properti, terutama rumah rapak (landed house).

Bank Indonesia (BI) mencatat permintaan pembiayaan rumah tangga seperti KPR masih menjanjikan pada paruh kedua tahun 2023.

Berdasarkan Survei Penawaran dan Permintaan Pembiayaan Perbankan yang dirilis oleh BI, permintaan pembiayaan oleh rumah tangga melalui utang atau kredit terpantau relatif stabil pada Agustus 2023.

Hal ini terindikasi dari responden rumah tangga yang melakukan penambahan pembiayaan melalui kredit pada Agustus 2023 sebesar 11,9% dari total responden, naik dibandingkan dengan 11,4% pada bulan sebelumnya. 

Mayoritas pembiayaan yang diajukan oleh responden rumah tangga pada Agustus 2023 adalah kredit multi guna (KMG) dengan pangsa sebesar 42,2%, disusul kredit kendaraan bermotor 19,6%, kredit peralatan rumah tangga 12,1%, KPR 9,1%, dan kartu kredit 6,1%.

BI memproyeksi pembiayaan KPR ke depan juga masih menjanjikan. Berdasarkan survei BI itu, rencana pembiayaan KPR pada enam bulan mendatang mencapai 10,9 persen, naik dari bulan sebelumnya 10 persen.

Melihat potensi pasar KPR yang masih terbuka, Finloan Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang Digital Mortgage Specialist ini bergerak cepat.

Finloan Indonesia menawarkan beragam produk, antara lain KPR Pengambilalihan (takeover KPR), KPR Primer, KPR Sekunder, dan multifinancing.

Finloan Indonesia memberikan layanan dan edukasi kepada para klien dan membantu mereka menavigasi seluk-beluk bisnis pembiayaan KPR yang kompleks.

Chief Executive Officer Finloan Indonesia, Kevin C Pardede mengatakan, pihaknya mengambil pendekatan komprehensif terhadap pinjaman KPR, dengan mempertimbangkan situasi keuangan konsumen, riwayat kredit, dan tujuan kepemilikan rumah.

“Kami percaya dalam membangun hubungan jangka panjang dengan klien kami, dan kami berkomitmen untuk mendapatkan kepercayaan Anda melalui keahlian, integritas, dan dedikasi kami,” tutur Kevin di Jakarta, Senin (20/11).

Dirinya menjelaskan, saat ini bisnis Finloan didominasi oleh takeover KPR, yakni sebesar 90%. Menurut Kevin, banyak konsumen KPR di Indonesia yang tidak tahu bahwa cicilan KPR bisa dipindah dari satu bank ke bank lain yang menawarkan suku bunga lebih menarik.

Misalnya, seseorang mencicil KPR di Bank A dengan bunga fixed rate satu tahun. Di tahun kedua, dia akan dikenakan suku bunga KPR floating yang lebih tinggi.

Finloan mengedukasi konsumen bahwa cicilan KPR bisa dipindah ke Bank B yang menawarkan suku bunga fixed.

Bahkan, terhadap aset rumah akan dilakukan appraisal ulang. Jika nilainya naik dari harga awal, konsumen bahkan bisa mendapatkan fresh money yang bisa digunakan untuk keperluan pribadi mereka.

Proses takeover KPR juga cukup mudah. Nasabah hanya perlu meminta pindah KPR ke bank lain. Finloan akan memberi beberapa opsi bank baru, kemudian menghubungkan konsumen dengan bank yang paling cocok dengan profil konsumen.

“Kami merasa konsumen KPR perlu edukasi literasi kredit. Jangan sampai mereka salah menghitung, karena dampaknya bisa saja rumahnya disita bank,” paparnya.

Untuk dapat melakukan takeover KPR, ada beberapa hal yang harus diperhatikan konsumen: (1) cicilan KPR minimal satu tahun, (2) rumah memiliki jalan minimal 6 meter atau cukup untuk 2 mobil, (3) rumah jauh dari Sutet, pekuburan, rumah ibadah, dan aman dari banjir, (4) debt ratio berkisar 30 – 50%, (5) hindari utang pinjol dan kartu kredit (6) rekening harus mencerminkan gaji atau omzet usaha (7) untuk pekerja, harus sudah karyawan tetap dengan masa kerja minimal 2 tahun (8) untuk entrepreneur minimal dua tahun berusaha dengan legalitas lengkap.

Dalam menjalankan bisnisnya, Finloan Indonesia menargetkan konsumen dengan status karyawan atau entrepreneur berusia 28 hingga 60 tahun dengan income di atas Rp10 juta per bulan dan sudah menjadi nasabah KPR.

Untuk menggunakan servis Finloan Indonesia, konsumen cukup menghubungi pihak Finloan melalui www.finloan.id atau bisa juga melalui akun Instagram @finloan.id

Calon konsumen cukup mengisi data yang akan didistribusi ke sales, kemudian bagian team sales mengumpulkan dokumen dan didistribusi ke pihak bank. Normalnya, dalam 14 hari kerja KPR bisa di-approve dan selanjutnya akad kredit.

“Dibanding produk sejenis, kami memiliki keunggulan sendiri. Finloan Indonesia memiliki tim yang merupakan jebolan mortgage bank besar di Indonesia, sehingga secara knowledge dan service, kami memiliki tenaga pemasar yang sangat kompeten. Data dari kami bukan data mentah, sehingga lebih mudah dianalisa pihak bank,” kata Kevin.

Memberikan kemudahan pada para penggunanya, Finloan Indonesia juga menggandeng sejumlah pihak sebagai strategic partner, di antaranya sejumlah bank rekanan seperti Bank Mandiri, BTN, Panin, Danamon, Permata, Maybank, BSI, UOB, BTPN, Bukopin, JTrust, Sampoerna, termasuk BPR.

Hingga November 2023 ini, Finloan telah merealisasi KPR senilai Rp100 miliar lebih. Diperkirakan, hingga akhir tahun angka ini bisa mencapai Rp250 miliar. 

Memasuki tahun politik 2024, Finloan tetap optimistis, bahkan berani menargetkan pertumbuhan dua kali lipat menjadi Rp500 miliar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih berbincang dan belanja bersama dengan anak-anak yatim didampingi perwakilan LAZ.

Sabtu, 27 Juli 2024 - 11:18 WIB

BSI Ajak 140 Anak Yatim Belanja, Ajarkan Literasi Transaksi Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan 7 (tujuh) Lembaga Amil Zakat (LAZ) menyelenggarakan acara Lebaran Anak Yatim untuk berbagi kebahagiaan berupa belanja bersama di Department…

Lokasi Bendungan Jlantah dan Jragung

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:32 WIB

Waskita Karya Ungkap Progres Bendungan Jlantah dan Jragung

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad hanugroho didampingi Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Jlantah dan Jragung di…

YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:44 WIB

Kemenag RI Menyerahkan SK Izin Operasional Sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional Kepada YBM BRILiaN

Yayasan Baitul Maal BRILiaN atau YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) Skala Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia…

Direktur Utama Kideco, M. Kurnia Ariawan, bersama Direktur Eksekutif IBCWE, Clara Wita Krisanti, setelah menandatangani kerja sama antara Kideco dan IBCWE

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:10 WIB

Dirut Kideco: Perusahaan Tambang Harus Berikan Kesempatan yang Sama Terhadap Perempuan

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan mengatakan, pekerjaan tambang, tidak lagi menjadi pekerjaan yang harus didominasi oleh laki-laki. Menurutnya, kini perusahaan…

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…