Art Jakarta 2023

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 18 November 2023 - 11:54 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Hari ini Art Jakarta resmi dibuka. Pekan seni rupa internasional ini berlangsung selama tiga hari, 17–19 November 2023 di lokasi konvensi terkemuka, JIEXPO Kemayoran, di Jakarta Pusat, sebagai venue barunya, dan diresmikan dengan penampilan TRUST Orchestra.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada 2009 sebagai Bazaar Art Jakarta, pekan seni ini selalu akan perubahan dan adaptasi. Tahun ini, di gelaran ketiga belasnya, Art Jakarta kembali membuktikannya dengan berpindah ke JIEXPO Kemayoran.

CEO MRA Group Maulana Indraguna menyatakan, “Art Jakarta sebagai bagian dari MRA  Media terus mengembangkan diri sebagai respons terhadap perkembangan dunia seni rupa Indonesia. Saya bangga Art Jakarta saat ini menjadi pekan seni rupa kontemporer internasional yang ditunggu-tunggu oleh semua kalangan. Semoga Art Jakarta bisa terus menjadi foruminternasional bagi para pemangku kepentingan utama di Asia dan ikut melayani ekosistem seni di kawasan ini.”

Dengan area sekitar 10.000 m2, Art Jakarta 2023 menghadirkan pameran lebih besar yangmencakup lebih banyak ekshibitor dibanding tahun lalu, dengan total 68 galeri dari Indonesia(40) dan mancanegara (28) yang mengusung karya terbaru seniman mereka. Galerimancanegara datang dari Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, Taiwan, Korea Selatan, China, Jepang, Rusia, dan Australia.

Artistik Director Enin Supriyanto mengungkapkan, “Di venue baru, Art Jakarta tahun inikembali mendapatkan kepercayaan penuh dari galeri maupun rekanan yang berperan serta.Semua optimistis. Kita semua berharap bahwa di JIEXPO Kemayoran, Art Jakarta sebagaipelantar/platform dan forum dapat berperan makin penting dalam menjaga dinamika perkembangan medan seni rupa di Indonesia, bahkan Asia.”

Adalah kebanggaan bagi Art Jakarta untuk bekerja bersama tiga Mitra Utama tahun ini: JuliusBaer, institusi terdepan dalam sektor wealth management di dunia dengan tradisi panjangsebagai patron seni; UOB Indonesia, institusi perbankan regional sekaligus pendukung senirupa yang konsisten mewujudkan komitmennya di Asia Tenggara; dan Bibit, aplikasi investasidigital pemenang penghargaan yang mendorong literasi finansial di seluruh Indonesia. TigaMitra ini seluruhnya berkolaborasi dengan seniman-seniman berbakat, antara lainmenghadirkan karya pemenang penghargaan dan karya komisi yang akan tampil perdana.

Menurut Vi Sun Yang, Indonesia Market Head and Group Head Private Banking SoutheastAsia di Julius Baer, “Sebagai lembaga terdepan dalam sektor wealth management dari Swiss,Julius Baer memiliki tradisi panjang dalam dukungannya terhadap seni rupa. Julius Baer ArtCollection dibentuk pada 1981 dan kini meliputi lebih dari 5.000 karya dari berbagai medium.

Saat ini kami memperluas dukungan untuk seni rupa dengan merambah Asia Tenggara, dankhususnya Indonesia, lewat ekshibisi Next Generation Art Prize yang diselenggarakan ditingkat Asia. Julius Baer terinspirasi oleh keyakinan bahwa seni rupa selalu dapat menjadiwahana yang mendekatkan kami dengan nasabah, pecinta seni, dan masyarakat secara umum.”

Selanjutnya, ada UOB Indonesia yang menggelar UOB Art Space seluas 148,5 meter persegiuntuk memajang 25 karya terbaru para pemenang UOB Painting of the Year dari Indonesia,Singapura, Malaysia, Thailand, and Vietnam.

Maya Rizano, Head of Strategic Communications and Brand UOB Indonesia,mengungkapkan, “Di UOB, kami percaya bahwa seni berperan penting dalam menjembatanibahasa dan budaya serta membantu menghubungkan masyarakat dari berbagai latar belakangterutama karena kita memiliki warisan budaya regional di Asia Tenggara yang sangat kaya.Komitmen kami dalam dunia seni rupa tecermin dari konsistensi penyelenggaraan UOBPainting of the Year yang sudah memasuki tahun ke-42 di tingkat regional dan tahun ke-13untuk Indonesia. Kami juga mengapresiasi kerja sama dengan Art Jakarta di enam tahunkemitraan yang bertujuan untuk memperkuat ekosistem seni rupa dari hulu ke hilir. Hal inimenciptakan pengalaman yang berkesan bagi seniman, para pecinta seni, dan masyarakat,untuk saling berinteraksi, membuka dialog seni, dan memperkaya kehidupan berseni rupa.”

Sementara itu, Treasury, aplikasi perdagangan emas fisik secara digital, memamerkan karyapemenang Treasury Art Prize 2023, Eldwin Pradipta, yang mengilustrasikan paralelisme antarainvestasi emas dan dunia seni rupa, berjudul Is “This Artwork” in the Room with Us RightNow?.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PJ Gubernur Turut Hadir dalam Paskah ASN DKI Jakarta 2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:53 WIB

Hadiri Paskah, Heru Imbau ASN Tingkatkan Pelayanan Bagi Masyarakat

Jakarta- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan Paskah Bersama 2024 dengan mengangat tema "Aktualisasi Nilai-Nilai Paskah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024" yang digelar…

Atlet tim Thomas dan Uber

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:38 WIB

BNI Apresiasi Tim Thomas dan Uber Indonesia  

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi luar biasa Tim Thomas…

BTN Raih Best Savings Bank Award

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:22 WIB

Konsisten Jalankan Peran, BTN Raih Best Savings Bank Award

Jakarta-Konsistensi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalankan peran sebagai bank tabungan dan meningkatkan tingkat inklusi keuangan di masyarakat membuat perseroan meraih penghargaan…

Peluncuran Oreo Pokemon di Indonesia.

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:11 WIB

Oreo Rayakan Kolaborasinya Bersama Pokemon. Ada Kepingan Biskuit Langka Berhadiah Perjalanan ke Jepang

Kolaborasi ini mengajak masyarakat untuk menemukan seluruh gambar koleksi karakter Pokemon pada kepingan biskuit Oreo dan berkesempatan mengikuti undian berhadiah istimewa.

Gebyar undian Bank Mandiri ini hoax

Minggu, 05 Mei 2024 - 21:00 WIB

Bank Mandiri Himbau Masabah untuk Hati-Hati pada Modus Penipuan Berkedok Undian Berhadiah

Bank Mandiri mengimbau kepada para nasabah untuk berhati-hati dengan kejahatan pembobolan rekening dengan modus penipuan berkedok undian berhadiah. Aksi kejahatan dengan modus yang mengatasnamakan…